Presenter Map : Sebuah Sistem Yang Dapat Membantu Anda Dalam Mempersiapkan Pesan Presentasi Yang Berharga dan Menarik Bagi Audiens Anda

Memasuki abad ke 21 kita dihadapkan pada berbagai tantangan baik internal maupun eksternal yang kompleks yang memerlukan kemampuan dan kecapakan tersendiri.

Komunikasi merupakan salah satu ketrampilan yang sangat penting untuk Anda kuasai, disamping kolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, dan kreativitas dan inovasi untuk sukses pada abad ke 21.

Kemampuan komunikasi yang di dalamnya termasuk kemampuan presentasi akan membantu perkembangan karir, bisnis atau sekolah Anda.

Semakin efektif Anda dalam menyampaikan ide, pikiran dan pengetahuan Anda, maka akan semakin banyak orang yang akan mengingat, tertarik dan percaya pada Anda.

Dan saya percaya bahwa karir, bisnis atau sekolah Anda pasti akan jauh lebih berkembang saat Anda memiliki keahlian presentasi yang baik.

Namun, dalam menyiapkan presentasi, Anda dapat menghadapi beberapa masalah antara lain tidak tahu harus mulai dari mana, apa yang mesti disampaikan, dan bagaimana menyusun bahan yang Anda miliki.

Jika Anda menghadapi permasalahan tersebut, maka Anda tidak perlu kuatir lagi, karena ada peta untuk Anda yang akan melakukan presentasi (Presenter Map) yang dapat membantu Anda untuk mempersiapkan pesan presentasi Anda secara lebih efektif dan efisien yang dapat berharga dan menarik untuk Audiens Anda.

Mengapa saya menyebutnya peta ?

Karena saya menganggap presentasi sebagai sebuah perjalanan dimana Anda, sebagai presenter, mengajak audiens Anda kepada tujuan presentasi Anda sesuai dengan apa yang ingin didengar oleh audiens Anda.

Jadi, Anda sebagai presenter, perlu memetakan rute perjalanan yang akan ditempuh.

Pada tingkat praktis, Presenter Map adalah sebuah alat yang dapat Anda gunakan untuk menyusun pesan presentasi Anda yang mempunyai serangkaian kotak yang berisi informasi. Beberapa kotak memiliki tiga atau lebih informasi di dalamnya seperti yang terlihat pada Gambar 1 di bawah ini.

Kotak pertama adalah Mengawali Pesan (MP). Tujuan dari Mengawali Pesan adalah untuk membuat audiens Anda fokus pada apa yang akan Anda bicarakan.

Mengawali Pesan sangat diperlukan agar audiens Anda terlibat dalam presentasi Anda. Mengawali Pesan ini ada 3 komponen, yaitu konteks, relevansi, dan kredibilitas.

Konteks (K) adalah apa yang ingin Anda sampaikan.

Relevansi (R) adalah apa manfaat bagi audiens Anda untuk mendengarkan presentasi Anda.

Sedangkan, Kredibilitas (K) adalah mengapa Anda merupakan orang yang layak melakukan presentasi.

Kotak kedua adalah Pesan Utama (PU) yang merupakan sebuah kalimat yang jelas dan ringkas yang perlu Anda sampaikan kepada audiens Anda untuk mereka ingat atau mereka lakukan yang sesuai dengan tujuan presentasi Anda.

Pesan Utama sangat diperlukan untuk memberikan fokus dan kejelasan pada presentasi Anda. Apa-apa yang akan Anda sampaikan pada presentasi Anda harus mempunyai kaitan dengan Pesan Utama.

Kotak berikutnya adalah Urutan Tiga Pertanyaan yang komponennya terdiri dari 3 Pertanyaan (P) dengan Jawaban (J) dan Bukti (B).

Tiga pertanyaan tersebut adalah tiga pertanyaan yang paling penting yang akan muncul dari audiens Anda ketika Anda menyebutkan Pesan Utama.

Jawaban adalah sebuah kalimat lengkap yang menjelaskan jawaban dari Pertanyaan. Dan Bukti adalah bahan pendukung yang mendukung Jawaban yang membuat presentasi Anda menjadi semakin persuasif dan menarik.

Setiap kotak dapat diperluas yang memungkinkan Anda dapat dengan mudah menyesuaikan presentasi Anda sesuai dengan rentang waktu presentasi yang berbeda.

Ketika akhirnya Anda mencapai kotak terakhir, yaitu Pesan Utama (PU) berarti Anda telah sampai pada tujuan Anda. Jadi, Anda akan menyatakan Pesan Utama Anda sekali lagi.

Pengulangan Pesan Utama ini akan membantu audiens Anda untuk mengingatnya dan juga memberikan sinyal bahwa presentasi Anda akan berakhir.

Sekalipun Presenter Map Utama gambarnya dimulai dari Mengawali Pesan, kemudian dilanjutkan dengan Pesan Utama, Urutan Tiga Pertanyaan, dan diakhiri dengan Pesan Utama, namun ketika Anda membuat rancangan presentasi Anda, Anda perlu mulai dari Pesan Utama, kemudian diikuti dengan Urutan Tiga Pertanyaan, kemudian diakhiri dengan Mengawali Pesan.

Mengapa ?

Karena Pesan Utama merupakan elemen yang sangat penting yang perlu ditentukan lebih dahulu yang memberikan arah dari presentasi Anda yang sesuai dengan kebutuhan dari audiens Anda tentang apa ingin didengarnya.

Lalu, berdasarkan Pesan Utama tersebut, Anda menentukan tiga pertanyaan yang sangat penting yang dapat ditanyakan oleh audiens Anda.

Akhirnya, Anda dapat Mengawali Pesan yang terdiri dari Konteks, Relevansi, dan Kredibilitas.

Mengapa Presenter Map itu sangat diperlukan bagi Anda dalam mempersiapkan pesan presentasi ?

Pengalaman saya menunjukan bahwa pada awalnya, tanpa menggunakan Presenter Map, persiapan bahan presentasi saya berjalan sangat lambat. Saya membicarakan banyak ide, tetapi berakhir dengan tumpukan bahan dan tidak ada strukturnya.

Kemudian, saya juga butuh waktu yang lama untuk memilah-milah semua ide-ide, memotong ide-ide yang tidak terkait dan menempatkan ide-ide yang terkait menjadi urutan yang logis. Presentasi saya  sukses, tetapi membutuhkan waktu dan usaha yang besar.

Namun, dengan menggunakan Presenter Map persiapan presentasi saya bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan membuat garis besar isi presentasi dengan menggunakan Presenter Map, maka saya merasakan persiapan bahan presentasi terasa lebih mudah dan cepat.

Ada dua manfaat bagi Anda menggunakan Presenter Map dalam menyiapkan bahan presentasi, yaitu :

  1. Membuat pikiran Anda akan fokus pada bahan-bahan apa yang Anda butuhkan dan masukan ke dalam presentasi Anda.
  2. Memungkinkan Anda menyaring ide-ide baru apakah sesuai dengan garis besar isi presentasi Anda atau tidak. Jika ya, Anda dapat terus mengembangkannya. Jika tidak, Anda tidak perlu memasukannya, sehingga waktu Anda menjadi lebih hemat.

Misalnya, Anda diminta untuk memberikan presentasi tentang pinjaman uang kepada orang yang tidak mampu dimana audiens nya adalah orang-orang yang memiliki uang dan ingin berkontribusi untuk membantu kehidupan sesamanya. Ide tentang presentasi ini merupakaan sebuah rekaan saja untuk memberikan contoh kepada Anda dalam menyusun pesan presentasi dengan menggunakan Presenter Map.

Dengan menggunakan Presenter Map Utama, maka note rancangan presentasi Anda dapat berbentuk seperti ini :

PU : Berilah pinjaman sebesar  Rp 1.000.000,- kepada orang yang tidak mampu.
     
P1 : Mengapa Anda meminjamkan Rp 1.000.000,- kepada orang yang tidak mampu ?
J1 : Memberikan pinjaman kepada orang yang tidak mampu dapat melepaskannya dari kemiskinan.
B1 : Cerita, Statistik.
     
P2 : Apa organisasi yang dapat membantu Anda memberikan pinjaman ?
J2 : Pinjaman.org merupakan sebuah organisasi yang dapat membantu Anda meminjamkan uang kepada orang yang tidak mampu.
B2 : Analogi, Endorsement.
     
P3 : Bagaimana Anda dapat memberikan pinjaman ?
J3 : Anda dapat meminjamkan uang dengan kartu kredit Anda.
B3 : Analogi.
     
MP    
K : Presentasi saya tentang cara membantu orang tidak mampu di Indonesia.
R : Anda dapat membuat perbedaan yang berarti bagi kehidupan seseorang.
K : Saya telah melakukan pemberian pinjaman selama 10 tahun.

Berdasarkan rancangan di atas, maka Anda dapat membuat script presentasi dengan bentuk seperti ini :

Mengawali Pesan

Presentasi saya hari ini akan mempresentasikan sebuah cara bagaimana Anda dapat membantu orang-orang yang tidak mampu di Indonesia.

Saya menyampaikan hal ini kepada Anda, karena Anda dapat membuat perbedaan yang sangat berarti bagi kehidupan seseorang.

Saya telah melakukan hal ini selama 10 tahun dan saya telah melihat pengaruhnya yang sangat positif bagi kehidupan seseorang.

Pesan Utama

Inilah yang saya inginkan untuk Anda lakukan setelah presentasi ini. Berilah pinjaman sebesar Rp 1.000.000,- kepada orang yang tidak mampu.

Agenda
Pertama-tama, saya akan menjelaskan mengapa saya meminta Anda untuk meminjamkan Rp 1.000.000,- kepada orang yang tidak mampu.

Selanjutnya, saya akan memperkenalkan Anda apa organisasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan pinjaman tersebut ?

Dan akhirnya, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat memberikan pinjaman ?

Urutan Tiga Pertanyaan-Kotak 1

Jadi, mengapa saya meminta Anda untuk meminjamkan uang kepada orang yang tidak mampu ?

Karena, memberikan pinjaman kepada orang yang tidak mampu dapat melepaskannya dari kemiskinan.

Saya akan menceritakan kepada Anda tentang kisah Soga.

Soga adalah seorang kepala keluarga yang awal hidupnya kurang beruntung.  Ia dapat bertahan hidup dengan meminta-minta di jalanan. Tetapi, dengan mendapat pinjaman, ia mampu membeli beberapa barang-barang kebutuhan pokok untuk ia jual kembali di jalanan.

Secara bertahap, ia dapat membangun bisnisnya. Ia sekarang memiliki kios yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Ia dapat memberikan makan keluarganya dan menyekolahkan anak-anaknya.

Soga tidak sendirian. Penelitian telah menunjukan bahwa orang-orang yang tidak mampu yang mendapat pinjaman dapat meningkatkan penghasilannya rata-rata sebesar 90%.

Itu adalah cara untuk keluar dari kemiskinan.

Dan, itulah mengapa saya meminta Anda untuk meminjamkan Rp 1.000.000,- kepada orang yang tidak mampu.

Urutan Tiga Pertanyaan-Kotak 2

Sekarang, saya akan memperkenalkan kepada Anda apa organisasi yang memungkinkan Anda untuk memberikan pinjaman ? Pinjaman.org yang merupakan situs web memungkinkan Anda untuk meminjamkan uang kepada orang yang tidak mampu.

Pinjaman.org adalah situs web yang sedikit mirip dengan Tokopedia.com.

Bedanya, kalau di Tokopedia.com Anda akan melihat daftar barang-barang yang dijual, sementara pada Pinjaman.org akan melihat daftar orang-orang yang ingin mendapatkan pinjaman dan Anda dapat memilih siapa orang yang Anda ingin pinjamkan.

Inilah yang dikatakan Barack Obama tentang Pinjaman.org. “Dengan menggunakan Pinjaman.org, orang-orang yang mempunyai uang dengan jumlah uang yang relatif kecil dapat membuat perbedaan yang sangat berarti bagi kehidupan orang-orang yang tidak mampu.”

Jadi, Pinjaman.org adalah situs web yang memungkinkan Anda meminjamkan uang kepada orang-orang yang tidak mampu.

Urutan Tiga Pertanyaan-Kotak 3

Jadi bagaimana Anda meminjaman uang kepada orang yang tidak mampu ? Sangat mudah.

Anda masuk ke situs web Pinjaman.org dan memilih orang yang ingin Anda pinjami uang. Gunakan kartu kredit Anda seolah-olah Anda membeli buku seperti pada Amazon.com.

Uang Anda akan diteruskan oleh Pinjaman.org kepada orang yang tidak mampu.

Mereka akan menggunakan uang tersebut dalam bisnis mereka dan membayarnya kembali selama jangka waktu pinjaman dan kemudian Anda mendapatkan uang Anda kembali.

Begitulah mudahnya menggunakan situs web Pinjaman.org.

Ringkasan

Saya akan menjelaskan ringkasan apa yang telah saya sampaikan.

Pertama, saya telah menyampaikan mengapa Anda perlu meminjamkan Rp. 1.000.000,- kepada orang yang tidak mampu.

Lalu, saya telah memperkenalkan kepada Anda ke situs web Pinjaman.org.

Dan akhirnya, saya telah menunjukkan kepada Anda betapa mudahnya menggunakannya.

Pesan Utama

Jadi inilah yang saya ingin Anda lakukan. Berilah pinjaman Rp. 1.000.000,- kepada orang yang tidak mampu.

5 comments on “Presenter Map : Sebuah Sistem Yang Dapat Membantu Anda Dalam Mempersiapkan Pesan Presentasi Yang Berharga dan Menarik Bagi Audiens Anda
  1. Nama saya Christabel Missan. Apa bisnis Anda MEN / WANITA, PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru dengan tingkat bunga rendah 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keamanan, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, isi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap : ……………………………….
    Negara: …………………………………..
    Seks: …………………………………………
    Umur: …………………………………………
    Jumlah pinjaman: ………………………….
    Durasi pinjaman: ………………………….
    Tujuan Pinjaman: ……………
    Nomor telepon: …………………………
    Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami sekarang melalui email: christabelloancompany@gmail.com

  2. SELAMAT SIANG,

    Penawaran pinjaman yang andal berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini adalah kesempatan bagi mereka yang mengalami kesulitan keuangan dan mereka yang menginginkan gejolak keuangan dalam hidup mereka, kami memberikan kredit dengan tingkat bunga 2% yang sangat masuk akal, kami memberikan semua jenis pinjaman untuk membantu negara yang mengalami tekanan finansial. Banyak yang menderita dan membutuhkan bantuan untuk meningkatkan standar hidup mereka, banyak yang kehilangan pekerjaan dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak dari bantuan keuangan perlu membersihkan rekening dan hutang mereka. Ini adalah keputusan bijak untuk Anda sekarang. Penawaran pinjaman kami dijamin berarti tidak ada jaminan yang dipermasalahkan. Sebagai pemohon pinjaman, Anda meminta pinjaman dengan perincian kontak saya di bawah ini. Nama: John E-mail: mrjohnrobertloanfirm@gmail.com (Whatsapp) +2349051288172

  3. Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan pinjaman kewangan 2% dari 1000 USD hingga 100,000,000 USD yang termasuk: Perancangan Perniagaan, Kewangan Komersial dan Pembangunan, Hartanah dan Gadai Janji, Tunai Penyatuan Hutang, Tunai perniagaan, Tunai persendirian, tunai kereta, tunai hotel, wang tunai pelajar hubungi kami hari ini di: lakeviewfinancialltd@gmail.com atau Whatsapp: 00919741230692

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *