2 Jenis Urutan Tiga Pertanyaan Yang Dapat Muncul Dari Audiens Anda Setelah Anda Menyampaikan Pesan Utama Anda

Menyusun isi presentasi merupakan elemen yang sangat penting dari sebuah presentasi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui konsep urutan pertanyaan.

Urutan pertanyaan adalah serangkaian pertanyaan yang akan Anda jawab dalam presentasi Anda. Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang dapat muncul dari audiens Anda setelah mereka mendengar Pesan Utama Anda.

Saya melihat bahwa tiga pertanyaan biasanya menyediakan cakupan informasi yang cukup, tanpa bahaya membanjiri audiens Anda dengan banyak informasi.

Saya menyebutnya dengan urutan 3 pertanyaan.

Membuat presentasi dari Urutan 3 Pertanyaan memudahkan Anda mendesain, mengingat, dan menyampaikan presentasi Anda. Untuk audiens Anda, itu membuat presentasi Anda akan lebih mudah diikuti.

Beberapa presentasi hanya terdiri dari satu Urutan 3 Pertanyaan. Ini akan menjadi presentasi yang lebih singkat dimana tidak ada waktu untuk masuk jauh lebih dalam ke dalam topik yang Anda sampaikan. Presentasi yang lebih lama dapat berisi sejumlah beberapa Urutan 3 Pertanyaan.

Urutan Pertanyaan tingkat atas kita sebut Urutan Pertanyaan Major dan urutan pertanyaan di dalam urutan pertanyaan major itu kita sebut, Urutan Pertanyaan Minor.

Urutan Pertanyaan, apakah itu Urutan Pertanyaan Major atau Minor, dapat mengambil bentuk dua jenis urutan pertanyaan, yaitu Mengapa, Apa, Bagaimana dan Masalah, Solusi, Manfaat.

Urutan Pertanyaan Mengapa-Apa-Bagaimana didasarkan pada tiga pertanyaan yang dapat muncul dari audiens Anda setelah mereka mendengar Pesan Utama Anda.

Jika saya menggunakan urutan pertanyaan ini untuk presentasi pinjaman uang kepada orang yang tidak mampu, maka urutan tiga pertanyaannya adalah:

P1 : Mengapa Anda perlu meminjamkan Rp. 1.000.000,- kepada orang yang tidak mampu ?
P2 : Organisasi apa yang dapat membantu Anda melakukan pinjaman ?
P3 : Bagaimana Anda dapat memberikan pinjaman ?

Jika Anda menganggap tujuan utama presentasi Anda adalah untuk memberi tahu audiens Anda atau meminta audiens Anda melakukan sesuatu, maka Urutan Pertanyaan Mengapa, Apa, Bagaimana adalah pilihan yang bisa Anda gunakan.

Urutan Pertanyaan Masalah-Solusi-Manfaat didasarkan pada urutan tiga pertanyaan, yaitu :

P 1 : Apa masalahnya?

P 2 : Apa solusinya?

P3 : Apa manfaatnya?

Urutan Pertanyaan ini menggunakan dua faktor persuasif yang kuat, yaitu : rasa sakit dan kesenangan. Di bagian pertama urutan pertanyaan, Anda menyampaikan rasa sakit dengan berbicara tentang masalah yang audiens Anda hadapi.

Kemudian, Anda berikan solusi yang Anda rekomendasikan. Untuk menyelesaikan urutan pertanyaan, Anda buat kesenangan dengan menunjukkan manfaat penerapan solusi yang Anda tawarkan.

Jika presentasi Anda ingin menjelaskan atau merekomendasikan solusi untuk suatu masalah, maka Urutan Pertanyaan Masalah-Solusi-Manfaat adalah jalan yang baik untuk diambil.

Membangun presentasi Anda dengan menggunakan urutan pertanyaan memiliki dua manfaat utama.

Pertama, akan memberikan alur yang logis pada presentasi Anda.

Kedua, akan membuat Anda mudah untuk menyesuaikan presentasi Anda dengan panjang waktu yang berbeda.

Sebagai contoh, jika Anda diminta untuk berbicara dalam sebuah seminar dan Anda diberitahu beberapa menit sebelum Anda akan memulai presentasi bahwa waktu Anda berkurang banyak, maka Anda dapat mengedit presentasi Anda agar sesuai dengan waktu yang ada, dengan misalnya, menghilangkan Urutan Pertanyaan Minor.

Demikianlah, dua jenis urutan tiga pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk menyusun isi presentasi Anda setelah Anda menyampaikan Pesan Utama. Anda dapat menggunakan bentuk : Mengapa, Apa, Bagaimana atau Masalah, Solusi, Manfaat.

 

 

 

One comment on “2 Jenis Urutan Tiga Pertanyaan Yang Dapat Muncul Dari Audiens Anda Setelah Anda Menyampaikan Pesan Utama Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *