Apakah 6 Jenis Slide Yang Perlu Anda Ketahui ?

Setelah Anda merencanakan apa yang akan Anda katakan dengan mempunyai catatan presentasi, maka selanjutnya Anda siap-siap untuk memutuskan apa yang akan Anda tampilkan untuk membantu penjelasan apa yang hendak Anda katakan. Alat bantu yang dapat Anda gunakan adalah slide power point.

Jika Anda memerlukan slide power point, maka slide power point tersebut Anda gunakan adalah untuk melengkapi pesan Anda. Bukan menggantikan atau mengalihkan perhatian audiens dari Anda.

Untuk menciptakan pengalaman yang paling menarik dan jelas bagi audiens Anda, saya menggunakan tiga prinsip ini untuk merancang slide power point.

Pertama, slide bukan untuk Anda, tapi slide untuk audiens Anda. Slide Anda dirancang semata-mata untuk kepentingan audiens Anda.

Prinsip kedua adalah hanya menggunakan slide jika itu akan membantu audiens Anda memahami atau mengingat apa yang Anda katakan. Seperti yang Anda lihat, terkadang TIDAK memiliki slide adalah pendekatan yang paling kuat.

Dan hal tersebut mengarah pada prinsip yang ketiga, yaitu gunakan slide yang cocok dengan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Gunakan slide yang berbeda untuk tugas yang berbeda.

Ada 6 macam jenis slide yang dapat Anda gunakan dalam presentasi Anda. Keenam jenis slide tersebut adalah Slide Judul, Slide Agenda, Slide Window, Slide Pesan Utama, Slide Jawaban-Bukti, dan Slide Ringkasan.

Slide Judul adalah tempat Anda memiliki judul presentasi dan nama Anda. Slide Judul ini sangat umum untuk presentasi di konferensi, bahkan mungkin wajib untuk dibuat. Saya sarankan adalah Anda memiliki Slide Judul untuk ditampilkan agar orang-orang yang berjalan ke dalam ruangan dan duduk di ruangan dapat melihat Slide Judul tersebut.

Slide berikutnya adalah Slide Agenda. Slide ini digunakan untuk menyampaikan pesan keseluruhan dari point-point yang hendak Anda bahas.

Kemudian, Slide Window. Slide ini untuk menunjukan masing-masing point yang akan Anda terangkan. Dengan adanya slide ini, maka audiens Anda dapat mengetahui sudah sampai mana penjelasan Anda.

Jenis slide berikutnya adalah Slide Pesan Utama. Slide ini hanya memiliki kata-kata, tetapi tidak ada elemen visualnya. Tugas slide jenis ini adalah untuk memberikan penekanan pada pesan yang Anda buat, yaitu : apakah Anda ingin menyampaikan fakta kepada audiens Anda atau apakah Anda ingin audiens Anda untuk melakukan suatu tindakan.

Audiens Anda akan menerima point dalam dua cara. Pertama dengan mendengarnya dari Anda, dan kemudian dengan membacanya. Jika audiens Anda tidak cukup memahami maksud Anda, mereka dapat membacanya. Dan Anda dapat membiarkan Slide Pesan Utama terpampang selama beberapa detik setelah Anda mengatakan maksud Anda, sehingga memungkinkan audiens Anda lebih banyak waktu untuk memprosesnya.

Jenis berikutnya adalah Slide Jawaban-Bukti. Jenis slide ini melayani tugas ganda, yaitu menyoroti jawaban, dan elemen visual sebagai bukti yang membantu audiens untuk memahami atau mengingat jawaban tersebut.

Ada empat tipe dasar visual yang dapat Anda gunakan.

Jenis visual yang pertama adalah gambar/icon dari apa yang Anda bicarakan. Jenis visual yang kedua adalah chart. Gunakan jenis visual ini untuk menggambarkan statistik, angka, dan tren. Jenis visual yang ketiga adalah diagram. Jenis visual ini sangat berguna ketika Anda ingin menunjukkan beberapa jenis proses, interaksi antara berbagai faktor, atau garis waktu. Dan jenis visual yang keempat adalah kombinasi kata kunci dan gambar/icon/chart/diagram.

Dan yang terakhir adalah Slide Ringkasan. Slide ini tugasnya adalah untuk memberikan pengingat mengenai point-point yang telah Anda bahas secara keseluruhan yang terkait dengan dengan Pesan Utama.

Dalam merancang slide power point Anda, pesan saya adalah buat slide Anda terlihat sederhana.

 

One comment on “Apakah 6 Jenis Slide Yang Perlu Anda Ketahui ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *