2 Struktur Presentasi Yang Dapat Anda Gunakan Dalam Berbagai Presentasi

Apakah Anda ingin menemukan struktur yang sempurna untuk presentasi Anda? Satu struktur  yang akan membuat presentasi Anda mengalir dengan sempurna.

Berita buruknya, Anda akan menghabiskan waktu lama untuk menemukannya. Namun, berita baiknya, ada 2 struktur yang mungkin tidak sempurna, akan berfungsi untuk kebanyakan presentasi.

Olivia Mitchell dari speakingaboutpresenting.com menyebutkan bahwa ketika dia memulai bisnisnya dengan menjalankan kursus pelatihan untuk orang-orang yang ingin meningkatkan keterampilan presentasi mereka, dia biasa mengajarkan 11 struktur presentasi yang berbeda. Dia ingin klien mereka menemukan struktur yang sesuai untuk presentasi mereka. Tetapi, Olivia Mitchell menemukan dengan cepat bahwa kebanyakan orang hanya tertarik pada dua struktur presentasi.

Akhirnya, Olivia Mitchell mengajarkan dua struktur itu. Dan menurut Oilvia Mitchell dua struktur tersebut dapat berfungsi baik untuk setiap klien.

Mari kita telusuri satu per satu dua struktur presentasi tersebut.

Struktur Presentasi # 1 : Struktur 3 Pertanyaan

Struktur presentasi ini bekerja sangat baik untuk presentasi dimana Anda ingin memberi tahu tentang sesuatu hal kepada audiens Anda.

Bayangkan Anda adalah anggota audiens, dan Anda baru saja mendengar Pesan Utama. Apa pertanyaan yang akan Anda miliki setelah mendengar Pesan Utama tersebut ? Identifikasi apa yang Anda pikir yang akan menjadi 3 pertanyaan yang sangat penting untuk Anda ajukan. Sekarang ambil pertanyaan-pertanyaan itu dan gunakan pertanyaan itu sebagai struktur tiga bagian dari presentasi Anda.

Misalnya, setelah Anda mendengar Pesan Utama, yaitu “Penggunaan Perangkat Lunak Manajemen Alur Kerja Akan Menghemat Pengeluaran Perusahaan 30 % Per Tahun”, maka Anda sebagai audiens mungkin memiliki pertanyaan berikut.

Pertanyaan pertama yang mungkin Anda ajukan adalah Mengapa penggunaan perangkat lunak manajemen alur kerja akan menghemat pengeluaran perusahaan 30 % per tahun ? Setelah Anda mengetahuinya, Anda mungkin akan mengajukan pertanyaan kedua, yaitu Apa buktinya ?. Kemudian, setelah Anda yakin ada buktinya, mungkin Anda akan bertanya : Bagaimana penerapan dari perangkat lunak tersebut ?

Ringkasnya, dari Pesan Utama tersebut, 3 pertanyaan yang mungkin Anda ajukan adalah :

  • Mengapa penggunaan perangkat lunak manajemen alur kerja akan menghemat pengeluaran perusahaan 30 % per tahun ?
  • Apa buktinya?
  • Bagaimana penerapan dari perangkat lunak tersebut ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang kemudian akan menjadi judul untuk setiap bagian dari isi presentasi Anda.

Struktur Presentasi # 2 : Struktur Persuasif

Struktur ini telah digunakan dalam semua jenis situasi persuasif, dan berfungsi dengan baik juga untuk presentasi persuasif. Struktur presentasi persuasif terdiri dari 3 komponen, yaitu :

  1. Masalah
  2. Solusi
  3. Manfaat

Jadi, itu adalah dua struktur yang dapat bekerja untuk hampir semua presentasi. Beberapa orang ragu bahwa struktur sederhana seperti itu dapat bekerja dengan baik. Tetapi, cobalah dan lihatlah bagaimana cara kerjanya untuk Anda dan presentasi Anda.

 

 

This entry was posted in .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *