Apakah Anda ingin menghilangkan elemen-elemen yang tidak diinginkan dalam sebuah gambar (image) untuk kemudian Anda gunakan gambar tersebut untuk menghasilkan slide yang menarik ?

Jika Anda menginginkannya, maka Anda dapat menggunakan aplikasi power point untuk membuatnya. Tidak perlu lagi menggunakan aplikasi desain.

Ada 2 teknik optimasi gambar yang dapat Anda gunakan.

Teknik Optimasi Gambar # 1 : Menggunakan Remove Background

Sebagai contoh, Anda ingin menggunakan gambar orang yang ditunjukan pada slide di bawah ini. Seperti yang Anda lihat ada gambar lainnya yang melatarbelakangi gambar orang laki-laki pada slide di bawah ini.

Untuk mengambil gambar orang laki-laki di atas, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu :

  1. Masukan gambar tersebut ke slide Anda.
  2. Klik gambarnya dan akan muncul menu format picture.
  3. Pilih fitur remove background dan akan muncul area berwarna ungu di gambarnya (area yang akan hilang).
  4. Edit gambarnya dengan klik “Mark Areas to Keep” atau ”Mark Areas to Remove” sesuai yang diinginkan.
  5. Setelah selesai, bisa edit untuk perhalus pinggiran gambarnya dengan fitur “Soft Edge”.

Ketika Anda telah selesai melakukan langkah tersebut, maka hasilnya dapat Anda lihat pada slide di bawah ini.

Kemudian, jika Anda ingin membuat slide dengan pesan miliki hunian berkelas, maka Anda  dapat menggunakan latar belakang apartemen yang ditambah gambar orang laki-laki di atas. Untuk meletakan pesan miliki hunian berkelas, Anda dapat menggunakan teknik optimasi gambar menggunakan shape warna transparan. Hasilnya dapat Anda lihat pada slide berikut ini.

Ketika fitur remove background digunakan untuk menghilangkan latar belakang sebuah obyek gambar, ada kalanya gambar yang telah selesai di-remove background masih menyisakan tepian yang tidak rata.

Untuk menyiasatinya, jadikan background gambar yang asli tetap sebagai dasar gambarnya. Caranya, Anda duplikasi gambar tersebut menjadi dua. Gambar asli Anda jadikan background dan gambar lainnya yang sudah Anda ambil image yang diinginkan, Anda tempatkan di gambar asli.

Gambar yang dijadikan background bisa diubah warnanya pada fitur color untuk memunculkan kontras antara background gambar asli dengan image hasil dari remove background.

Contohnya dapat Anda lihat pada slide di bawah ini.

Slide gambar asli.

Slide yang telah diambil gambarnya dengan menggunakan remove background.

Slide akhir yang dapat gunakan untuk presentasi Anda berisi latar belakang dengan gambar asli yang telah diubah warnanya dan gambar wanita yang mendayung perahu hasil dari remove background. Untuk menampilkan pesan yang Anda inginkan pada slide tersebut, Anda dapat menggunakan shape warna transparan.

Jika Anda enggan menggunakan shape warna transparan, maka Anda dapat menggunakan shape warna bergradasi. Hasilnya dapat Anda lihat pada slide di bawah ini.

Teknik Optimasi Gambar # 2 : Menggunakan Shape Freeform

Teknik ini cocok digunakan apabila background yang ingin dihapus terlalu rumit dan lebih dari satu warna.

Sebagai contoh Anda ingin menggunakan gambar orang yang ditunjukan pada slide di bawah ini. Seperti yang Anda lihat ada gambar lainnya yang melatarbelakangi gambar wanita pada slide di bawah ini.

Untuk mengambil gambar wanita di atas, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu :

  1. Masukan gambar tersebut ke slide Anda.
  2. Klik gambarnya. Pada menu insert, masuk ke fitur shape dan pilih freeform.
  3. Seleksi area yang ingin dihilangkan dengan membuat titik yang mengelilingi bidang gambar yang akan dihilangkan. Titik awal dan titik akhirnya harus menyambung. Untuk merapikan titik yang telah dibuat, klik kanan pada garis hasil bentukan freeform. Lalu, pada titik-titik yang ingin dirapikan, klik menu format dan pilih edit point.
  4. Kemudian, klik kanan pada shape (hasil seleksi area) pilih format shape, pilih fill dan slide background fill, lalu close.

Ketika Anda telah selesai melakukan langkah tersebut, maka hasilnya dapat Anda lihat pada slide di bawah ini.

Untuk menambahkan pesan dan warna background pada gambar wanita di atas, Anda dapat membuatnya seperti slide di bawah ini yang dapat Anda gunakan untuk presentasi Anda.

Demikianlah, 2 teknik optimasi gambar yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan slide yang menarik bagi audiens Anda. Pertama, menggunakan remove background. Kedua, menggunakan shape freeform.

Kenalilah fitur remove background dan shape freeform yang ada pada aplikasi power point Anda dan mulailah berkrerasi.

Jika Anda menilai tulisan ini bermanfaat, mohon kiranya tulisan ini dapat disebarkan ke kontak WhatsApp (WA) Anda atau Grup WA yang Anda ikuti agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Sharing knowledge for a better presentation.