Menampilkan Pesan Presentasi Penting Dari Sebuah Data

Menampilkan sebuah data yang efektif dalam slide presentasi merupakan keahlian yang perlu Anda kuasai.

Kenapa ?

Karena jika Anda tidak dapat menampilkan data secara efektif pada slide presentasi yang Anda buat, maka audiens Anda akan sulit menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan.

Oleh karena itu, menyoroti informasi kunci dalam visual presentasi adalah hal yang sangat penting. Hal itu dapat memandu audiens Anda untuk fokus pada area atau konten tertentu selama penyampaian presentasi Anda. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda membantu audiens untuk melihat informasi yang penting yang akan Anda sampaikan.

Informasi yang disorot dapat berupa gambar, kata, kalimat, bagian bagan, atau bagian diagram. Hal tersebut juga akan membantu Anda sebagai presenter untuk segera mengidentifikasi informasi penting selama penyampaian presentasi Anda dan memungkinkan Anda untuk langsung ke intinya.

Jika Anda ingin menampilkan sebuah data dalam slide presentasi, maka ada dua hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, Anda letakkan pesan penting yang ingin Anda sampaikan pada judul presentasi Anda. Kedua, jika Anda menggunakan, misalnya, diagram batang, maka soroti diagram batang yang menggambarkan pesan penting yang ingin Anda sampaikan.

Untuk memberikan contoh penerapannya, digunakan data yang bukan sebenarnya.

Mari kita lihat contoh slide before dan after berikut ini.

Slide before :

Jika Anda perhatikan slide before di atas, maka ada beberapa hal yang dapat kita ulas, yaitu :

  1. Judul slide memberikan informasi yang umum tentang tingkat konektivitas internet. Audiens sulit menangkap pesan dari slide tersebut dengan cepat.
  2. Tampilan slide di atas langsung di-copy dari aplikasi excel dan di-paste ke slide power point.
  3. Tampilan gridlines (garis vertikal) dan legend membuat grafik terlihat sibuk.
  4. Penggunaan warna yang bermacam-macam dapat menarik, tetapi sulit untuk dibaca. Dengan berbagai warna yang digunakan dalam diagram batang tersebut, maka tidak ada fokus tertentu kemana mata audiens akan diarahkan.

Slide after :

Sekarang jika Anda perhatikan slide after di atas, maka ada beberapa hal yang dapat kita uraikan, yaitu :

  1. Dengan judul slide yang ditampilkan, maka audiens Anda akan mudah menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan, karena judulnya fokus pada negara tertentu, yaitu Jepang yang dijadikan penekanan.
  2. Tampilan slide dibuat secara manual dengan menggunakan shape rectangle untuk menggambarkan diagram batang dan teks yang juga ditulis secara manual pada slide presentasi.
  3. Gridlines (garis vertikal), angka sumbu x dan legend seperti yang ditampilkan pada slide before dihapus, agar grafik tidak tampak sibuk. Penambahan gridlines, angka sumbu x dan legend akan menambah beban kognitif bagi audiens Anda, yaitu : usaha mental yang harus dilakukan oleh memori audiens Anda untuk memproses informasi yang diterima pada selang waktu tertentu.
  4. Penekanan data untuk Jepang yang menggunakan warna yang berbeda dan angkanya dibuat lebih besar dan diberi bold, ditampilkan agar audiens cepat menangkap pesannya.

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa slide after lebih baik dari pada slide before, karena slide after mampu menampilkan pesan yang jelas kepada audiens Anda, mengarahkan mata audiens kepada pesan yang ingin disampaikan dengan memberikan warna yang berbeda dan angka yang dicetak tebal serta enak dipandang oleh mata audiens Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *