Seringkali kita mendapat gambar untuk slide presentasi dimana gambar tersebut belum siap pakai.

Pekerjaan meng-edit gambar bisa menjadi hal yang dapat membuat Anda frustasi terutama ketika Anda tidak mengetahui cara dan tools yang diperlukan.

Bisa-bisa Anda menghabiskan waktu sampai berjam-jam hanya untuk membuat gambar yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ketika Anda ingin menghilangkan elemen background dalam sebuah gambar, maka Anda dapat menggunakan fitur dalam aplikasi power point. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi desain. Cukup mengoptimalkan kegunaan fitur remove background.

Untuk memunculkan fitur tersebut, maka terlebih dahulu masukan sebuah gambar yang ada di dalam komputer Anda ke dalam sebuah slide. Setelah itu, klik gambar tersebut dan di deretan menu power point akan muncul menu picture format. Pada menu picture format akan ada fitur remove background yang berada pada posisi paling kiri.

Ketika warna antara obyek gambar dan background-nya yang ingin Anda hilangkan begitu kontras, maka penggunaan fitur remove background akan memberikan hasil yang maksimal.

Menghilangkan background dari sebuah obyek gambar dimaksudkan untuk memunculkan white space. Istilah white space mengacu pada “ruang yang kosong”. Dengan adanya “ruang yang kosong” tersebut, maka Anda dapat meletakkan pesan yang ingin Anda sampaikan di dalam slide.

Teknik yang digunakan untuk menghilangkan elemen yang tidak diinginkan dari obyek gambar dalam membuat slide presentasi disebut teknik creative remove background.

Sebagai contoh, untuk penerapan teknik creative remove background ini, Anda ingin membuat slide dengan tampilan seperti di bawah ini.

Cara membuatnya sangatlah mudah.

Mari kita simak langkah-langkah untuk membuat slide tersebut.

Langkah # 1 : Masukan Gambar ke dalam Slide.

Anda masukan gambar yang Anda miliki yang relevan dengan pesan yang Anda ingin sampaikan. Anda mesti perhatikan lisensi dari gambar tersebut. Jika gambar tersebut punya Anda sendiri atau gambar tersebut telah Anda beli lisensinya, maka Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Namun, jika tidak, maka Anda dapat mencari gambar yang relevan dengan pesan yang ingin Anda sampaikan di Web yang gratis. Misalnya, Anda dapat mencarinya di https://www.pexels.com/ seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 2 : Lakukan Remove Background.

Untuk tujuan presentasi Anda, misalnya, Anda hanya ingin mengambil obyek gambar wanita pada langkah # 1 di atas. Dan, Anda ingin menghilangkan backgroundnya.

Karena itu, Anda dapat menggunakan fitur remove background yang ada di power point. Caranya adalah klik gambar, kemudian pilih menu picture format, lalu pilih fitur remove background seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Warna ungu pada gambar di atas merupakan area yang akan dihilangkan oleh power point. Jika Anda tidak ingin menghilangkan area tersebut, maka Anda perlu menggunakan fitur “Mark Areas to Keep”. Sebaliknya, jika Jika Anda ingin menghilangkan area pada gambar, maka Anda perlu menggunakan fitur “Mark Areas to Remove”.

Cara menggunakan fitur “Mark Areas to Keep” adalah klik fitur Mark Areas to Keep kemudian akan ada gambar pensil warna putih kecil lalu Anda tekan mouse bagian kiri sambil ditahan dan tarik garis di area warna ungu tersebut, lalu lepas klik kiri mouse-nya. Lakukanlah secara berulang-ulang sampai warna ungu pada wanita tersebut hilang.

Begitu juga jika Anda menggunakan fitur “Mark Areas to Remove” untuk menghilangkan background yang tidak Anda inginkan, maka lakukan cara yang sama seperti Anda menggunakan fitur “Mark Areas to Keep” di atas.

Jika Anda melakukan hal di atas, maka Anda akan mendapatkan gambar seperti di bawah ini.

Sebagai alternatif untuk menghilangkan background yang tidak Anda inginkan pada sebuah gambar, maka Anda dapat menggunakan aplikasi remove background secara online. Anda dapat menggunakan aplikasi : https://www.remove.bg/ atau https://www.fococlipping.com/

Langkah # 3 : Tambahkan Warna Background Slide

Anda dapat menambahkan warna background slide. Misalnya, Anda dapat menggunakan warna background gelap (warna hitam).

Caranya adalah klik kanan mouse pada slide yang berisi gambar yang telah di-remove background, pilih fitur format background, pilih fitur Fill, dan pilih fitur Color yang warna hitam. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 4 : Masukan Teks

Ketika Anda menggunakan warna background gelap (warna hitam), maka Anda menggunakan teks warna terang seperti warna putih agar terlihat kontras, sehingga slide presentasi Anda mudah dilihat oleh audiens Anda.

Hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah # 5 : Masukan Shape Frame

Supaya tampak lebih indah, maka Anda dapat memasukan shape frame seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah, cara mudah mendesain slide presentasi yang menarik dengan teknik remove background.

Dengan memahami lima langkah di atas yang kemudian Anda praktekkan, maka Anda bisa menguasai teknik ini dengan baik.

Sehingga, jika nanti Anda ingin menghapus background dari obyek gambar, maka Anda tidak akan menemui kesulitan yang berarti dan Anda dapat membuat slide presentasi yang menarik.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.