Ketika Anda mempunyai gambar yang relevan dengan pesan yang hendak Anda sampaikan, maka apa pun gambarnya Anda bisa membuatnya menjadi slide presentasi yang menarik.

Serumit apapun gambar asli yang Anda miliki, Anda dapat membuat slide presentasi yang indah, asalkan Anda dapat memunculkan white space pada slide presentasi.

White space (atau sering disebut sebagai ruang kosong) dalam komunikasi visual diibaratkan seperti oksigen, yaitu sesuatu yang membuat desain seakan mempunyai cukup ruang untuk bernafas (Andy Sukma Lubis, 2019). Ruangan dalam slide presentasi tidak boleh dihabiskan dan dipenuhi oleh berbagai macam elemen.

Berikan ruang sebagai tempat mengekspresikan kalimat ringkas atau kata kunci untuk menampilkan pesan.

Salah satu teknik kreatif untuk membuat slide presentasi yang menarik dengan menciptakan ruang kosong adalah dual tone.

Dual tone memiliki arti dimana antara obyek dan background memiliki warna yang berbeda. Obyek gambarnya dapat Anda buat terang warnanya, sementara warna background nya dapat Anda buat gelap. Demikian juga, sebaliknya.

Teknik ini bisa juga dimaksudkan untuk menghilangkan latar sebuah obyek gambar. Ada kalanya gambar yang telah selesai di-remove background masih menyisakan tepian yang tidak rata. Untuk menyiasatinya, jadikan background gambar tetap sebagai dasar gambarnya.

Caranya, gambar diduplikat menjadi dua. Satu gambar untuk menjadi background yang Anda ubah warnanya. Dan satu gambar lainnya yang serupa, diambil obyek gambar yang diinginkan.

Sebagai contoh slide presentasi yang dibuat dengan teknik creative dual tone seperti gambar di bawah ini.

Cara membuatnya sangatlah mudah.

Mari kita simak langkah-langkah untuk membuat slide tersebut.

Langkah # 1 : Masukan Gambar ke Dalam Slide.

Anda masukan gambar yang Anda miliki yang relevan dengan pesan yang Anda ingin sampaikan. Anda mesti perhatikan lisensi dari gambar tersebut. Jika gambar tersebut punya Anda sendiri atau gambar tersebut telah Anda beli lisensinya, maka Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Namun, jika tidak, maka Anda dapat mencari gambar yang relevan dengan pesan yang ingin Anda sampaikan di Web yang gratis. Misalnya, Anda dapat mencarinya di https://unsplash.com/photos/ouPVsS0cFjk seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 2 : Duplikat Gambar Dan Remove Background.

Gambar pada langkah # 1 di atas, Anda duplikat, sehingga Anda mempunyai dua gambar. Dan Anda remove background dari obyek orang yang ada pada gambar tersebut.

Untuk melakukan remove background, Anda dapat menggunakan aplikasi remove background secara online. Anda dapat menggunakan aplikasi : https://www.remove.bg/ atau https://www.fococlipping.com/

Hasil yang diperoleh dari aplikasi remove background dari obyek gambarnya menjadi lebih kecil ukurannya. Untuk itu, Anda perlu memperbesar gambarnya agar sesuai dengan obyek gambar aslinya seperti gambar pada langkah # 1 yang tujuannya adalah untuk menutup obyek gambar aslinya. Jika Anda telah menyesuaikan ukuran gambarnya, maka hasilnya dapat terlihat seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 3 : Ubah Warna Gambar Pada Langkah #1.

Warna gambar pada langkah # 1 ubah warnanya dengan menggunakan fitur color menjadi light gray, background light 2 light.

Caranya adalah klik gambar, pilih picture format, pilih fitur color, pilih fitur recolor dengan warna light gray, background light 2 light. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 4 : Masukan Obyek Gambar Hasil Remove Background ke Gambar di Langkah 3

Obyek gambar hasil remove background pada langkah # 2 dimasukkan pada gambar di langkah # 3.  Anda akan melihat dua warna disini. Warna background abu-abu terang, sedangkan warna obyek gambar orangnya terang dengan baju warna biru dan topi warna coklat. Hasilnya dapat Anda lihat seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 5 : Masukan Teks

Ketika Anda menggunakan warna background yang terang, maka Anda menggunakan teks warna gelap, agar slide presentasi Anda terlihat kontras. Misalnya, untuk teks nya Anda dapat menggunakan warna biru dari baju orangnya. Anda dapat menggunakan fitur eyedropper untuk mengambil warna biru yang digunakan orang tersebut yang kemudian dikenakan kepada teksnya.

Hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Demikianlah, cara mudah mendesain slide presentasi yang menarik dengan teknik creative dual tone.

Dengan memahami lima langkah di atas yang kemudian Anda praktekkan secara berulang-ulang, maka Anda bisa menguasai teknik ini dengan baik.

Apapun gambar yang Anda miliki dengan memahami dan menerapkan teknik untuk menciptakan ruang kosong dimana salah satu tekniknya adalah creative dual tone, maka Anda dapat membuat slide presentasi yang menarik.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.