Salah satu ciri slide presentasi yang menarik adalah slide yang memiliki kesan visual yang kuat. Artinya, slide tersebut mampu menumbuhkan semangat, mengundang pertanyaan, menciptakan rasa ingin tahu atau menggugah emosi audiens Anda.

Dengan menampilkan slide presentasi yang memiliki kesan visual yang kuat, maka perhatian audiens Anda akan meningkat untuk mengikuti presentasi Anda sampai akhir.

Jika Anda menggunakan gambar, maka pilihlah gambar yang tepat untuk menyampaikan pesan yang hendak Anda sampaikan.

Ketika Anda membuat slide presentasi yang bersifat visual, maka bukan hanya Anda sekedar menampilkan gambar saja, tetapi Anda juga harus memperhatikan tipografi, perpaduan warna, dan tata letaknya.

Untuk membuat slide presentasi tersebut, maka Anda dapat menggunakan shape : rectangle rounded corners. Anda dapat mengoptimalkan fitur yang ada pada Microsoft Power Point versi 2013 ke atas, yaitu merge shape. Fitur merge shape ini merupakan fitur ajaib power point yang mampu menggabungkan antara gambar, shape dan font.

Jika Anda menggunakan shape : rectangle rounded corners, maka Anda dapat membuat kombinasi dari beberapa shape tersebut untuk membentuknya menjadi bentuk yang lebih artistik.

Contoh slide presentasi yang menarik yang dapat Anda buat dengan menggunakan shape : rectangle rounded corners bentuknya bisa seperti gambar di bawah ini.

Cara membuatnya sangatlah mudah.

Mari kita ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Langkah # 1 : Masukan Gambar Yang Relevan

Pada slide yang kosong Anda memasukan gambar yang relevan.  Gambar tersebut dapat Anda download dari https://www.pexels.com/photo/focused-young-woman-having-video-call-on-netbook-in-modern-workspace-7516353/

Dalam menggunakan gambar untuk slide presentasi Anda, maka Anda harus memperhatikan lisensinya. Untuk gambar di atas yang di-download dari https://www.pexels.com/ adalah gambar yang bebas untuk digunakan dan atribusi terhadap penggunaan gambar tersebut tidak diperlukan.

Jika gambar yang Anda gunakan ada lisensinya, maka Anda perlu membeli lisensinya terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan gambar tersebut. Lebih aman lagi, jika gambar yang Anda gunakan untuk membuat slide presentasi Anda adalah gambar milik Anda sendiri.

Langkah # 2 : Masukan Shape Yang Bentuknya Unik

Masukan shape yang bentuknya unik. Anda menggunakan beberapa shape rectangle rounded corners yang Anda susun yang bentuknya lain dari yang lain. Misalnya, bentuknya seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 3 : Masukan Gambar ke Dalam Shape Yang Bentuknya Unik

Slide yang dibuat pada langkah 2 di atas, Anda masukan gambarnya ke dalam shape : rectangle rounded corners. Caranya adalah Anda select all seluruh shape : rectangle rounded corners, pilih fitur shape format, pilih fitur merge shape, dan pilih union. Dengan melakukan hal itu, maka Anda akan mendapatkan semua shape : rectangle rounded corners telah menjadi satu shape.

Kemudian, Anda klik gambar, tekan tombol shift (sambil tahan), klik shape yang telah di-union, pilih fitur shape format, pilih fitur merge shape, dan pilih intersect. Hasil akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Untuk mendapatkan posisi gambar yang sesuai dengan yang Anda inginkan, maka Anda dapat meng-klik gambar, klik fiture picture format, pilih fitur crop, dan Anda geser atau tarik ke dalam area yang berwarna hitam yang muncul. Hasil nya dapat berbentuk seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 4 : Tambahkan Warna Background

Anda dapat menggunakan warna background gelap. Misalnya, Anda dapat menggunakan warna hitam. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 5 : Tambahkan Elemen Shape Oval.

Untuk memperindah tampilan slide presentasi Anda, maka Anda dapat menambahkan shape oval yang bentuknya kecil-kecil yang telah Anda susun dengan rapih. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 6 : Masukan Teks

Tambahkan teks yang sesuai seperti yang telah Anda rancang. Karena warna background yang dipilih adalah warna gelap (warna hitam), maka Anda dapat menggunakan warna teks putih dan kuning agar tampilan slide presentasi Anda terlihat kontras. Hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah, cara membuat slide presentasi yang menarik dengan menggunakan shape : rectangle rounded corners.

Cara membuatnya sangat mudah.

Anda dapat menyusun beberapa shape:  rectangle rounded corners yang bentuknya unik dan mengoptimalkan penggunaan fitur merge shape yang ada di Microsoft Power Point versi 2013 untuk memasukan gambar yang relevan ke dalam shape : rectangle rounded corners yang unik tersebut.

Dengan kreativitas yang Anda miliki, maka Anda dapat menggunakan bentuk shape selain bentuk di atas. Misalnya, Anda dapat menggunakan bentuk shape antara lain : diamond, trapezoid, parallelogram atau oval yang Anda bentuk menjadi bentuk yang unik.

Hasilnya tentu saja Anda akan menghasilkan slide presentasi yang menarik.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.