Apakah Anda ingin membuat slide presentasi yang memudahkan Anda untuk menempatkan elemen desain seperti teks, gambar dan obyek lainnya ?

Apakah Anda ingin membuat slide presentasi yang tampak harmonis ?

Apakah Anda ingin membuat slide presentasi yang kelihatan indah ?

Apakah Anda ingin membuat slide yang tampilannya lebih bervariasi ?

Untuk menghasilkan slide presentasi seperti itu, bukan hasil dari suatu kebetulan, tetapi hasil dari sebuah desain yang direncanakan.

Untuk itu, Anda memerlukan sebuah sebuah tool yang dinamakan grid system, disamping Anda juga perlu mengetahui prinsip dan elemen desain lainnya serta fitur power point dan teknik kreatif dalam membuat slide presentasi.

Grid system adalah garis-garis vertikal dan horisontal yang membentuk daerah segi empat yang Anda buat pada slide presentasi Anda yang Anda gunakan untuk mengorganisasikan elemen desain slide presentasi Anda. Setiap daerah segi empat tersebut merupakan sebuah wadah untuk menempatkan elemen desain seperti blok dari teks, gambar atau obyek lainnya.

Garr Reynolds (2010) menyebutkan bahwa sebuah grid memberikan sebuah struktur untuk menempatkan elemen dan menghubungkan elemen desain untuk menghasilkan kejelasan dan keterhubungan yang lebih baik.

Ketika sebuah grid bekerja dengan baik, maka elemen dalam sebuah desain terasa seperti mereka bagian dari keseluruhan slide. Menggunakan sebuah grid dapat membantu Anda membangun sebuah hirarki yang sederhana dan jelas di antara elemen.

Menggunakan sebuah grid tidak berarti bahwa desain slide presentasi menjadi kaku dan membosankan. Malahan, Anda mempunyai kebebasan untuk menjadi kreatif dalam menyusun letak elemen desain yang ada di dalam slide presentasi Anda.

Berikut ini adalah contoh dari grid system yang terdiri dari 3 kolom dan 3 baris.

Grid system yang dibuat menjadi dasar dari layout slide presentasi. Dan kotak yang ditampilkan pada grid system tersebut merupakan implementasi dari desain slide presentasi.

Kotak yang ditampilkan pada gambar di bawah ini adalah contoh layout yang dibentuk dari grid system yang terdiri dari 3 kolom dan 3 baris.

Dalam implementasinya untuk penempatan elemen desain pada contoh layout presentasi di atas, misalnya Anda dapat menempatkan teks dalam kotak yang berwarna abu-abu muda. Sementara pada kotak yang bewarna abu-abu tua, Anda dapat menempatkan gambar.

Hasil dari penempatan elemen desain pada grid di atas menghasilkan gambar seperti di bawah ini.

Demikianlah, contoh grid system untuk mengorganisasikan konten slide presentasi Anda.

Dengan menggunakan grid system dalam membuat slide presentasi Anda, maka hal itu akan memberikan Anda kerangka kerja yang memudahkan Anda untuk menempatkan elemen desain seperti teks, gambar dan obyek lainnya. Selain itu, Anda dapat membuat slide presentasi yang tampak harmonis. Tambahan pula, slide presentasi yang Anda buat akan terlihat indah. Dan juga Anda akan menghasilkan slide presentasi yang lebih bervariasi tampilannya.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.