Hirarki dan Balance : 2 Prinsip Desain Tambahan Yang Sangat Penting Untuk Membuat Slide Presentasi Yang Menarik

Ibarat seperti membangun rumah yang memerlukan pondasi, maka membuat slide presentasi yang menarik juga memerlukan pondasi.

Pondasi dalam membuat slide presentasi dapat kita katakan sebagai prinsip. Yang dimaksud dengan prinsip disini adalah pedoman yang perlu diperhatikan ketika kita ingin mendesain slide presentasi yang menarik.

Prinsip itu seperti kompas yang memberikan arah. Desain slide presentasi juga perlu ada prinsipnya supaya desain slide presentasi yang Anda buat lebih terarah dan pas.

Dengan adanya prinsip, maka Anda akan lebih mudah membuat desain slide presentasi.

Prinsip yang merupakan panduan untuk menghasilkan desain slide presentasi akan membuat slide presentasi Anda lebih enak dilihat oleh mata audiens Anda, sehingga pesan yang ingin Anda sampaikan lebih mudah ditangkap oleh mereka. Selain itu, dengan adanya prinsip, maka slide presentasi yang Anda buat akan terlihat lebih pas komposisi elemen desain yang membentuknya seperti teks, gambar, garis, shape, dan lain-lain.

Selain, prinsip-prinsip desain slide presentasi yang pernah dijelaskan seperti visual, sederhana, CRAP (contrast, repetition, alignment, proximity), dan white space, maka ada 2 tambahan prinsip yang sangat penting yang perlu Anda ketahui, yaitu hirarki dan balance.

Mari kita bahas satu per satu 2 prinsip tambahan tersebut.

Prinsip # 1 : Hirarki.

Hirarki merupakan prinsip desain yang mengarahkan audiens untuk melihat elemen dalam slide secara runtut mulai dari elemen yang terpenting sampai kepada elemen yang kurang penting. Nancy Duarte (2008) menjelaskan bahwa contoh sederhana yang menggambarkan prinsip hirarki ini adalah hubungan antara judul teks dan body teks.

Dalam hirarki, judul teks merupakan elemen yang paling penting dibandingkan dengan body teks. Untuk menggunakan prinsip hirarki, maka bisa dimainkan ukurannya. Ukuran elemen desain yang lebih penting dibuat lebih besar dari pada ukuran elemen desain yang kurang penting.

Contoh penerapan hirarki bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Jika Anda perhatikan slide presentasi di atas, maka ukuran teks judul slide lebih besar dari pada ukuran teks sub judul. Dan ukuran teks sub judul ukuran lebih besar dari pada ukuran teks nama penyaji dan jabatannya serta ukuran teks nama penyaji dan jabatannya lebih besar dari pada ukuran teks lokasi dan tanggal.

Prinsip # 2 : Balance.

Balance atau keseimbangan adalah prinsip yang mengungkapkan tentang distribusi berat elemen desain. Keseimbangan ini adalah prinsip tentang menjaga keseimbangan visual.

Dalam dunia desain grafis, Anda perlu membuat keseimbangan. Kesimbangan antar elemen desain akan membuat slide presentasi Anda tampak harmonis dan menjaga audiens Anda terlibat. Keseimbangan antar elemen juga akan mengarahkan mata audiens Anda bergerak dari  satu bagian elemen desain ke bagian elemen desain lainnya (Garr Reynolds, 2010).

Ada 3 cara untuk mencapai keseimbangan dalam membuat slide presentasi.

Pertama adalah keseimbangan simetris. Keseimbangan simetris juga dikenal sebagai keseimbangan formal. Keseimbangan simetris pada dasarnya keseimbangan bayangan cermin. Jika Anda menggambarkan garis di bagian tengah halaman slide, maka semua elemen di satu bagian slide akan dicerminkan di sisi lain slide.

Kedua bagian desain slide presentasi dapat terlihat identik. Jadi, apakah Anda membagi slide presentasi pada bagian tengah secara horisontal atau vertikal, maka keduanya akan tampak seimbang.

Contoh slide presentasi yang menerapkan prinsip keseimbangan simetris seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Jika Anda membagi slide di atas pada bagian tengah secara vertikal, maka elemen desain bagian kiri slide akan sama dengan bagian kanan.

Kedua, kesimbangan asimetris. Keseimbangan asimetris disebut juga keseimbangan informal. Pada keseimbangan asimetris, penyusunan elemen desain tidak sama antara sisi kanan dan kiri atau atas dengan bawah, namun tetap terasa seimbang. Keseimbangan asimetris tampak lebih bervariatif (Lia Anggaraini dan Kirana Nathalia, 2020).

Dalam keseimbangan asimetris, elemen desain yang lebih berat di satu sisi dimbangi oleh sekompok elemen desain yang lebih ringan di sisi lain. Dalam desain dengan menggunakan keseimbangan asimetris yang dicari bukan keseimbangan matematis, tetapi keseimbangan yang lebih artistik.

Contoh slide presentasi yang menerapkan prinsip keseimbangan asimetris seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Ketiga, keseimbangan radial. Keseimbangan radial merupakan keseimbangan yang mendistribusikan berat elemen desain yang sama di sekitar pusat.

Contoh slide presentasi yang menerapkan prinsip keseimbangan radial seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Demikianlah, 2 prinsip tambahan yang sangat penting untuk membuat slide presentasi yang menarik.

Selain, empat prinsip desain slide presentasi seperti visual, sederhana, CRAP (contrast, repetition, alignment, proximity), dan white space, maka ada 2 tambahan prinsip penting lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu hirarki dan balance.

Hirarki merupakan prinsip desain yang diindikasi dengan besar kecilnya ukuran elemen desain yang dapat mengarahkan mata audiens Anda untuk memberikan penekanan mana elemen desain yang lebih penting dari pada elemen desain yang lain. Ukuran elemen desain yang lebih besar menggambarkan elemen desain yang lebih penting dibandingkan dengan ukuran elemen desain yang lebih kecil.

Sementara itu, balance merupakan prinsip desain yang terkait dengan pendistribusian elemen desain slide presentasi. Balance ini adalah prinsip yang digunakan untuk membuat slide presentasi untuk menjaga keseimbangan visual.

Dengan mengetahui tambahan dua prinsip desain tersebut, maka Anda akan menghasilkan desain slide presentasi yang akan membuat slide presentasi Anda tampak harmonis yang lebih enak dilihat oleh mata audiens Anda, sehingga pesan yang ingin Anda sampaikan lebih mudah ditangkap oleh mereka.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa dihasilkan dengan lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.

 

 

 

 

14 comments on “Hirarki dan Balance : 2 Prinsip Desain Tambahan Yang Sangat Penting Untuk Membuat Slide Presentasi Yang Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *