Cara Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Sumber Ide Desain Slide Dari Website

Untuk menghasilkan slide presentasi yang menarik dibutuhkan kreativitas.

Vullings dan Heleven (2015) dalam bukunya “Not Invented Here : Cross-Industry Innovationmenyebutkan bahwa creativity is just connecting things.

Untuk menghasilkan kreativitas, Anda perlu menghubungkan hal-hal (things) yang berserakan. Hal-hal tersebut bisa berupa pengetahuan, ketrampilan, obyek, dan sumber daya. Hanya dengan mengkoneksikan hal-hal tersebut, maka sebuah gagasan hebat dapat ditemukan dan diwujudkan.

Gagasan baru tidak harus berasal dari sesuatu yang benar-benar baru. Gagasan tersebut bisa dilandasi oleh gagasan lama yang diramu ulang, dimodifikasi atau digabungkan, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih baru, lebih efektif, dan berdaya guna.

Vulling dan Heleven (2015) percaya bahwa ada positif alternatif dari banyak tantangan yang kita hadapi. Banyak solusi yang bagus sudah ada di tempat lain, namun kita belum mengetahuinya. Sesungguhnya, ada alternatif yang bagus di luaran sana yang hanya menunggu untuk diperkenalkan dalam konteks permasalahan yang kita hadapi.

Selain itu, pendapat Steve Jobs dalam buku yang ditulis oleh Carmine Galo (2015), yaitu “The Innovation Secrets of Steve Jobs” juga mengatakan bahwa “creativity is connecting things”. Satu hal yang membedakan orang yang kreatif dibandingkan dengan orang yang tidak kreatif adalah kemampuannya untuk menghubungkan ide dari berbagai bidang.

Untuk menghasilkan slide presentasi yang menarik jika dikaitkan dengan ide yang disampaikan oleh Vulling dan Heleven dan Steve Jobs, maka ada 5 hal yang perlu Anda ketahui.

Kelima hal itu adalah : prinsip desain slide, elemen desain slide, fitur kreatif power point, teknik kreatif desain slide, dan sumber inspirasi desain slide.

Anda dapat menerapkan kelima hal tersebut untuk membuat slide presentasi yang menarik.

Misalnya, Anda diminta untuk membuat sebuah slide presentasi dengan konten presentasi yang menjelaskan manfaat pembelajaran online yang berisi empat point, yaitu : hemat biaya dan waktu untuk belajar; interaksi dosen dan mahasiswa praktis; dokumentasi pembelajaran mudah dilakukan; dan pendekatan sesuai dengan mahasiswa masa kini.

Untuk membuat slide presentasi yang diminta tersebut, maka ada empat langkah yang dapat Anda lakukan.

Mari kita bahas keempat langkah tersebut satu persatu.

Langkah # 1 : Cari Sumber Inspirasi Ide Desain Slide Presentasi di Website

Untuk membuat slide presentasi yang diminta, tentu Anda perlu mempunyai ide desainnya. Anda perlu memiliki inspirasi untuk membuat slide presentasi tersebut. Anda dapat mencari sumber inspirasinya dari internet yang terkait dengan ide desain slide presentasi yang akan Anda buat.

Salah satu website yang dapat Anda gunakan untuk mencari inspirasi desain slide presentasi adalah di pinterest.com.

Misalnya, setelah Anda mencari inspirasi dari website untuk membuat slide presentasi yang diminta, Anda menemukan ide seperti dibawah ini yang ada di : https://id.pinterest.com/pin/38773246782811096/

Sekalipun ide desain dari slide presentasi di atas berisi 5 point, maka Anda tetap dapat menggunakannya dengan membuat 4 point sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah # 2 : Analisis Desain Slide Presentasinya

Dalam langkah ini, Anda melakukan analisis dari desain slide presentasi yang Anda dapatkan dari website pada langkah # 1 dari aspek prinsip desain slide, elemen desain slide, fitur power point dan teknik kreatif desain slide.

Dari hasil analisis yang dilakukan, aspek prinsip desain slide yang diterapkan adalah : sederhana, visual, balance (symmetry), dan white space.

Dari sisi elemen desain slidenya, elemen-elemen yang digunakan adalah : shape circle hollow setengah lingkaran, shape oval, icon, garis solid dengan end oval arrow, dan teks.

Dari dimensi fitur kreatif power pointnya, fitur yang digunakan adalah merge shape.

Dan dari segi teknik kreatif desain slide, teknik yang digunakan adalah teknik creative merge shape dimana untuk membuat shape circle hollow setengah lingkaran digunakan shape circle hollow yang setengahnya ditumpuk dengan shape rectangle yang kemudian dipecah dengan menggunakan fitur fragment dari fitur merge shape. Lalu, shape yang diambil hanya dua buah shape circle hollow setengah lingkaran yang sudah terpecah. Kemudian, dua buah shape circle hollow setengah lingkaran di-copy satu kali, sehingga menghasilkan empat buah shape circle hollow setengah lingkaran yang diperlukan untuk kebutuhan empat point yang akan dibuat.

Sementara itu, jika dari aspek elemen desainnya, elemen-elemen yang digunakan adalah block arc (bukan shape circle hollow setengah lingkaran), shape oval, icon, garis solid dengan end oval arrow, dan teks, maka pembuatan slide presentasi akan menjadi lebih mudah dimana Anda tidak perlu menggunakan fitur kreatif power power seperti merge shape dan juga teknik creative merge shape. Hal ini karena Anda tinggal menggunakan block arc tersebut untuk menampilkan shape seperti yang ada pada gambar di langkah # 1.

Langkah # 3 : Buat Desain Slide Presentasinya

Dari langkah # 2 di atas, maka Anda dapat membuat desain slide presentasinya. Anda aplikasikan analisis yang Anda sudah dapatkan dari langkah # 2 untuk membuat slide presentasinya. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Langkah # 4 : Modifikasi Desain Slide Presentasi Yang Telah Dibuat

Untuk melakukan modifikasi desain slide presentasi yang telah dibuat pada langkah # 3 di atas, maka Anda dapat mengubah posisi shape circle hollow setengah lingkaran, posisi antar shape circle hollow setengah lingkaran, posisi shape oval, dan garis solid dengan oval arrow diubah menjadi garis square dot dengan oval arrow.

Selain itu, untuk memodifikasi desain slide presentasi yang telah dibuat pada langkah # 3 di atas, maka Anda dapat membuat tema warna yang baru dimana background warna hitam, judul slide warna oranye dan putih, body teks warna oranye dan putih, shape circle hollow setengah lingkaran warna oranye, shape oval warna abu-abu muda, icon warna hitam, dan garis square dot dengan oval arrow warna putih.

Hasilnya dapat Anda lihat seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah, cara membuat slide presentasi yang menarik dengan sumber ide desain slide dari website.

Website sebagai sumber inspirasi banyak menyediakan ide-ide desain untuk membuat slide presentasi yang menarik.

Dengan sumber inspirasi tersebut, maka sesungguhnya membuat slide presentasi yang menarik untuk kebutuhan Anda baik di lingkungan kampus maupun kantor sangatlah mudah.

Asalkan Anda mampu memahami dan dapat menerapkan empat aspek penting lainnya, yaitu prinsip desain slide, elemen desain slide, fitur kreatif power point, dan teknik kreatif desain slide, maka Anda dapat dengan mudah membuat slide presentasi yang menarik dan juga unik.

Langkah-langkah untuk membuat slide presentasi tersebut ada empat, yaitu : cari sumber inspirasi ide desain slide presentasi di website; analisis desain slide presentasinya; buat desain slide presentasinya; dan modifikasi desain slide presentasi yang telah dibuat.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.

 

 

 

 

 

 

16 comments on “Cara Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Sumber Ide Desain Slide Dari Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *