Untuk mendesain slide presentasi yang menarik, penggunaan gambar sangatlah diperlukan. Hal ini karena dengan menggunakan gambar, maka gagasan yang Anda sampaikan akan lebih mudah diterima oleh audiens Anda.

Gambar yang digunakan dengan tepat akan menjadi visual yang efektif untuk memperkuat pesan Anda. Selain itu, gambar yang digunakan dengan tepat akan menjadikan tampilan slide presentasi Anda menjadi lebih menarik perhatian bagi audiens Anda.

Namun, sayangnya seringkali Anda menampilkan gambar dalam slide presentasi kurang menarik, sehingga audiens Anda tidak terlalu memperhatikan apa yang Anda sampaikan. Padahal, gagasan presentasi yang Anda sampaikan sangat menarik.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari lebih dalam tentang desain slide presentasi khususnya dengan menggunakan Microsoft Power Point.

Optimasi gambar yang tepat akan menghasilkan desain slide presentasi yang maksimal.

Salah satu teknik optimasi gambar yang dapat Anda gunakan adalah teknik creative out bounds effect.

Apakah teknik creative out of bounds effect ?

Teknik creative out of bounds effect adalah teknik desain slide presentasi dimana efek dari gambar yang ditampilkan menembus batas. Menembus batas artinya foto yang ditampilkan seolah-olah keluar dari bingkai atau frame yang disajikan secara unik dan kreatif dalam perspektif 3 dimensi.

Teknik ini sering digunakan di dalam aplikasi photoshop. Tetapi, dengan menggunakan Microsoft Power Point, teknik tersebut juga dapat digunakan untuk membuat slide presentasi yang menarik.

Misalnya, Anda akan membuat slide identitas yang menampilkan foto Anda dimana ada sebagian foto Anda berada di dalam bingkai dan sebagian lagi di luar bingkai. Hasil dari slide presentasi yang dapat dibuat dengan menggunakan teknik creative out of bounds effect dapat berbentuk seperti gambar di bawah ini.

Untuk membuat slide di atas sangatlah mudah.

Mari kita ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Langkah # 1 : Masukan Foto  ke Dalam Slide

Untuk membuat slide identitas yang menggambarkan diri Anda sendiri sebaiknya pada slide yang kosong, maka Anda memasukan foto Anda sendiri.  Namun, untuk kebutuhan tutorial ini, maka sebagai contoh foto yang digunakan dapat Anda download dari https://www.pexels.com/photo/trendy-indian-man-in-earbuds-against-brick-wall-on-street-7129177/ dimana web tersebut menyediakan foto gratis.

Langkah # 2 : Duplikat Slide Pada Langkah # 1

Anda duplikat slide pada langkah # 1. Tujuannya adalah agar Anda bisa mempunyai dua foto. Foto yang pertama dapat Anda gunakan untuk memasukan foto tersebut ke dalam sebuah bingkai. Bingkainya bisa berbentuk shape oval. Dan foto yang kedua untuk memberikan efek seolah-olah fotonya berada di luar bingkai dimana Anda dapat menggunakan fitur remove background dan crop untuk membuatnya.

Langkah # 3 : Masukan Shape Oval ke Dalam Slide Yang Berisi Foto Pertama Pada Langkah # 2

Kemudian, Anda dapat masukan shape oval ke dalam slide yang berisi foto pertama pada langkah # 2. Tujuannya Anda memasukan shape oval tersebut adalah untuk membuat bingkai yang nantinya ada sebagian foto di dalam bingkai tersebut. Anda dapat menggeser fotonya ke sebelah kanan untuk menempatkan fotonya di sana dan di bagian sebelah kiri nantinya dapat ditempatkan teks yang relevan.

Langkah # 4 : Masukan Foto Pertama ke Dalam Shape Oval Pada Langkah # 3

Anda kemudian memasukan foto pertama ke dalam shape oval pada langkah # 3. Caranya adalah klik foto, tekan dan tahan tombol shift, klik shape oval, pilih menu shape format, pilih merge shape, dan pilih intersect. Akibatnya, foto akan masuk ke dalam shape oval.

Hasilnya seperti ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Langkah # 5 : Buat Foto Kedua Pada Langkah # 2 Menjadi Setengah Badan

Selanjutnya, Anda ambil foto kedua pada langkah # 2 dan buat menjadi setengah badan. Caranya adalah Anda lakukan remove background dan setelah itu, Anda crop fotonya sehingga menghasilkan foto setengah badan.

Hasilnya seperti ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Langkah # 6 : Tumpuk Foto Pertama Pada Langkah # 4 Dengan Foto Kedua Pada Langkah # 5

Kemudian, Anda tumpuk foto pertama pada langkah # 4 dengan foto kedua pada langkah # 5. Dengan melakukan hal ini, maka Anda bisa memunculkan tampilan dimana ada sebagian foto berada di dalam lingkaran dan sebagian lagi di luar lingkaran.

Langkah # 7 : Beri Warna Background Pada Slide Langkah # 6

 Anda dapat memberi warna backgroud pada slide langkah # 6. Misalnya, Anda memberikan warna coklat pada slide tersebut. Hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah # 8 : Beri Garis Tepi Pada Picture Foto Pertama Pada Slide Langkah # 7 dan Masukan Icon dan Teks

Untuk memberikan bingkai pada picture foto pertama pada slide langkah # 7, maka Anda dapat memberikan garis tepi pada picture tersebut. Caranya adalah klik picture yang berbentuk shape oval, klik fitur shape outline, pilih fitur weight, pilih 3 pt, kemudian beri warna putih.

Dan masukan icon dan teks yang relevan yang telah Anda siapkan. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Dengan teknik ini, selain Anda bisa membuat slide identitas, maka Anda dapat juga membuat slide lainnya seperti slide cover, slide agenda, slide pembuka, slide isi dan slide penutup dengan menggunakan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Demikianlah, cara membuat slide presentasi yang menarik dengan teknik creative out of bounds effect.

Dengan teknik ini, maka Anda dapat menampilkan slide presentasi dimana efek dari gambar yang ditampilkan menembus batas. Menembus batas artinya foto yang ditampilkan seolah-olah keluar dari bingkai atau frame yang disajikan secara unik dan kreatif dalam perspektif 3 dimensi.

Praktikkanlah teknik ini agar Anda dapat menguasainya dengan baik.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.