Tujuh Ide Slide Presentasi Bisnis

John Medina, seorang neuroscientist, seperti yang disebutkan oleh Janine Kurnoff dan Lee Lazarus (2021) mengatakan bahwa ide yang yang disampaikan dalam bentuk visual akan diproses lebih cepat dari pada ide yang sama yang disampaikan dalam bentuk tulisan atau lisan. Visual dapat memanusiakan ide-ide Anda yang memicu emosi dan perasaan. Dan, emosi bahkan lebih dari logika murni memotivasi kita untuk bertindak.

Sebaliknya, visual yang mengganggu atau membosankan seperti slide presentasi yang diisi dengan teks atau angka murni akan menumpulkan emosi kita dan memperlambat pengambilan keputusan.

Sayangnya, banyak presentasi bisnis yang kita lakukan terganggu oleh tampilan visual yang buruk. Tampilan slide tersebut banyak dipenuhi oleh teks, charts, dan bullet points.

Untuk memahami mengapa membuat tampilan slide visual yang benar sangat penting, coba tanyakan pada diri Anda satu pertanyaan ini : apa tujuan dari presentasi saya ? Bukankah untuk membantu pengambilan keputusan? Atau meyakinkan audiens Anda ? Atau memajukan percakapan bisnis ?

Visual yang jelas dan sederhana membantu ide-ide Anda diinterpretasikan dengan lebih cepat dan keputusan dibuat lebih cepat karena visual tersebut memanusiakan ide-ide Anda dan lebih menanamkan emosi dari pada mengandalkan logika murni. Sebaliknya, visual yang buruk akan memperlambat pengambilan keputusan. Dan, keputusan yang lambat mengakibatkan jalannya bisnis juga menjadi lebih lambat.

Visual yang ditampilkan sering tidak baik ketika kita kekurangan waktu atau strategi cerita untuk membimbing kita. Presenter—dapat dimengerti—selalu ingin menghemat waktu dengan menggunakan kembali slide yang ada. Kita juga sering mengumpulkan slide dari yang ada sebelumnya atau meminjam slide dari rekan kerja kita tanpa memikirkan maksud dari pesan yang coba kita komunikasikan untuk tujuan tertentu.

Kita mudah untuk menjadi korban dari visual yang buruk. Presentasi yang kita lakukan memasukkan terlalu banyak teks dan data serta sering kali menggunakan warna dan font yang tidak sesuai.

Untuk menampilkan slide presentasi bisnis, ada tujuh ide yang dapat Anda gunakan.

Mari kita bahas satu per satu ketujuh ide tersebut.

Ide # 1 : Gambar + Teks

Untuk menampilkan slide presentasi bisnis, Anda dapat menggunakan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Angka yang diperbesar dan diberi cetak tebal (bold) akan membuat data menjadi lebih cepat dan mudah untuk diserap oleh audiens Anda. Selain itu, buatlah juga judul slide yang spesifik dan berbentuk percakapan.

Ide # 2 : Gambar + Shape + Teks

Ide yang kedua, Anda dapat menggunakan gambar, shape dan teks untuk menyampaikan pesan  bisnis dalam presentasi Anda. Gambar yang secara penuh melingkupi slide presentasi dapat Anda gunakan untuk membawa suasana hati audiens Anda terkait dengan pesan kunci dari presentasi bisnis Anda. Teks yang besar yang Anda masukan dalam shape berwarna akan membuat data Anda menjadi lebih mudah untuk dilihat. Untuk judul slide, buatlah judul slide yang ringkas, spesifik dan berbentuk percakapan.

Ide # 3 : Shape + Icon + Teks

Shape yang berwarna dan icon dapat Anda gunakan dalam presentasi bisnis Anda. Shape yang berwarna dan icon akan membantu memisahkan informasi yang membuat konten presentasi Anda mudah untuk dipahami. Disamping itu, buatlah judul presentasi Anda yang menggambarkan banyaknya informasi yang Anda tampilkan dalam shape dan icon.

Ide # 4 : Tabel + Shape + Teks

Shape dan teks berwarna yang Anda gunakan dalam presentasi bisnis Anda akan membantu memfokuskan pesan kunci dari presentasi Anda. Teks yang diperbesar membuat insight dari data yang Anda tampilkan menjadi lebih jelas. Gunakanlah judul slide yang menggambarkan insight kunci dari data yang Anda sajikan.

Ide # 5 : Diagram Batang + Shape + Icon + Teks

Dalam ide kelima ini, Anda dapat menggunakan shape yang berwarna, misalnya warna biru untuk memfokuskan data kunci. Sementara, data yang tidak ingin Anda tonjolkan, Anda menggunakan warna abu-abu, namun tetap memberikan konteks bagi pesan dari presentasi bisnis Anda. Teks yang diperbesar dengan icon yang relevan akan membuat insight dari data menjadi lebih jelas. Data yang diurutkan rangkingnya dari tertinggi ke terendah membuat data yang menjadi pesan utama menjadi menonjol. Gunakan judul slide yang menggunakan kalimat aktif yang meringkaskan insight kunci dari presentasi bisnis Anda.

Ide # 6 : Diagram Garis + Shape + Teks

Dalam menggunakan diagram garis untuk presentasi bisnis Anda, maka Anda perlu menggunakan aksis vertikal yang sederhana yang membuat sedikit gangguan dan label aksis horisontal yang besar agar mudah dilihat. Legend (ticket received dan ticket processed) yang diintegrasikan dengan diagram garis akan membuat kejelasan. Shape berwarna, misalnya abu-abu dapat Anda gunakan untuk memperkuat insight kunci dari presentasi bisnis Anda. Untuk judul slide, Anda perlu membuat judul yang meringkaskan insight kunci dari presentasi bisnis Anda.

Ide # 7 : Shape + Teks

Dalam ide ketujuh ini, untuk menampilkan pesan presentasi bisnis, Anda dapat menggunakan pendekatan yang berbeda. Jika sebelumnya Anda menggunakan tabel, digaram batang, dan diagaram garis, maka Anda dapat menggunakan pendekatan yang unik untuk menampilkan data untuk menarik perhatian audiens Anda, misalnya dengan menggunakan shape yang kecil yang menggambarkan angka yang ingin Anda jelaskan. Angka yang diperbesar akan membuat data cepat dan mudah untuk dilihat. Tambahan pula, buatlah judul presentasi Anda yang mensarikan insight kunci dari pesan presentasi bisnis Anda.

Demikianlah, tujuh ide slide presentasi bisnis.

Tidak ada ilmu yang pasti untuk memilih visual yang benar, tetapi adalah ide yang baik untuk menampilkan variasi dari berbagai elemen visual yang ada.

Jangan pernah jatuh cinta pada satu foto, charts, atau diagram. Selalu perhatikan cerita Anda terlebih dahulu, lalu pilih visual yang mendukung cerita Anda.

Selain itu, untuk membuat slide yang visual dan menarik pelajari dan kuasailah prinsip dan elemen desain slide presentasi serta fitur kreatif power point dan teknik desain slide presentasi.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.

 

 

 

24 comments on “Tujuh Ide Slide Presentasi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *