5 Sumber Daya dan 3 Tools Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Anda Membuat Slide Presentasi

Setelah konten presentasi Anda siapkan, maka langkah selanjutnya Anda mesti menyiapkan desain slide presentasi. Fase ini merupakan sebuah tahapan untuk membuat slide presentasi.

Dalam tahap ini, Anda perlu memvisualkan materi presentasi yang telah Anda buat. Memvisualkan apa yang akan ditempatkan pada slide presentasi akan menjadikan slide presentasi Anda benar-benar sebagai hasil dari sebuah desain.

Dalam membuat slide presentasi sesuai dengan konten presentasi yang telah Anda siapkan memerlukan elemen-elemen desain. Elemen desain tersebut mencakup di antaranya gambar, icon, warna, teks, dan lain-lain.

Untuk memudahkan Anda membuat slide presentasi, maka Anda perlu mengetahui sumber daya dan tools yang dibutuhkan. Sumber daya dan tools ini tidak saja memudahkan Anda membuat slide presentasi yang akan Anda tampilkan, tetapi juga dapat membuat slide presentasi Anda menjadi menarik.

Ada 5 sumber daya dan 3 tools yang perlu Anda ketahui dalam mendesain slide presentasi.

Mari kita bahas satu persatu kelima sumber daya dan ketiga tools tersebut.

Sumber Daya # 1 : Inspirasi

Untuk menjadi kreatif, maka Anda perlu menambah sumber inspirasi, karena inspirasi merupakan ide dari kreativitas itu sendiri. Untuk mendapatkan tambahan sumber inspirasi, maka Anda perlu membaca buku-buku atau artikel-artikel tentang desain slide presentasi, mengikuti pelatihan tentang desain slide presentasi, dan melihat website-website atau social media yang menghadirkan slide presentasi yang visual dan menarik.

Sebagai sumber inspirasi tambahan bagi Anda, maka Anda dapat melihat ide-ide slide presentasi yang menarik di :

  1. https://www.pinterest.com/
  2. https://behance.net
  3. https://freepik.com

Anda dapat menuliskan kata kunci di fitur pencariannya, misalnya slide design. Dari situ, maka Anda dapat menemukan berbagai macam ide desain slide presentasi yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi Anda dalam mendesain slide presentasi.

Sumber Daya # 2 : Gambar

Gambar merupakan sumber daya yang sangat penting, karena penggunaan gambar akan membuat slide presentasi Anda akan tampak lebih visual. Dalam menggunakan gambar, Anda perlu hati-hati. Gunakanlah gambar yang aman untuk mendesain slide presentasi Anda. Aman atau tidaknya penggunaan gambar tersebut dapat Anda lihat dari lisensinya. Jika Anda menggunakan gambar yang royalty free, maka berarti Anda harus membayar dulu baru bisa menggunakan gambar tersebut. Jika Anda ingin menggunakan gambar yang tidak berbayar, maka carilah gambar-gambar yang disediakan secara gratis.

Gambar yang dapat Anda gunakan dalam membuat slide presentasi ada dua. Pertama, Anda bisa menggunakan foto. Yang kedua, Anda dapat menggunakan vektor.

Jika Anda menggunakan gambar foto yang gratis dan aman digunakan, maka Anda dapat mencarinya di website berikut ini :

  1. https://unsplash.com/
  2. https://pixabay.com/
  3. https://www.pexels.com/

Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan gambar vektor, maka Anda dapat mencarinya di website berikut ini :

  1. https://illustrations.co/
  2. https://www.freepik.com/
  3. https://undraw.co/illustrations

Namun, Anda mesti memperhatikan lisensinya jika Anda hendak menggunakan gambar vektor pada website di atas. Ada gambar vektor yang gratis dimana Anda mesti memberikan atribusi, akan tetapi ada gambar vektor dimana Anda perlu membelinya terlebih dahulu jika Anda ingin menggunakannya.

Sumber Daya # 3 : Icon

Icon menurut Aurora Harley, konsultan di Nielsen Norman Group seperti yang dijelaskan dalam https://www.nngroup.com/articles/icon-usability/ adalah representasi visual dari obyek, aksi atau ide. Jadi, dengan menggunakan icon pada presentasi, maka audiens Anda akan lebih mudah dan cepat memahami informasi yang ingin Anda sampaikan dibandingkan sebelum menggunakan icon

Untuk itulah, penggunaan icon dalam presentasi disarankan. Selain untuk memudahkan audiens Anda dalam menerima informasi, icon juga dapat memperindah tampilan visual pada slide presentasi Anda.

Untuk mendapatkan icon, maka Anda dapat mencarinya di website berikut ini :

  1. https://www.flaticon.com/
  2. https://thenounproject.com/
  3. https://www.iconfinder.com/

Dalam penggunaan icon pada website di atas, Anda perlu memperhatikan lisensinya. Ada icon yang free dan ada icon yang berbayar.

Sumber Daya # 4 : Warna

Warna adalah salah satu elemen desain yang perlu Anda ketahui. Karena warna sangat berpengaruh terhadap kejelasan, keindahan, dan kenyamanan audiens Anda dalam menerima pesan lewat slide presentasi.

Secara praktis ketika Anda ingin menggunakan warna dalam desain slide presentasi Anda, maka Anda dapat menggunakan tema warna (color palette) yang diambil dari website penyedia referensi warna. Beberapa website penyedia referensi warna adalah

  1. https://color.adobe.com/explore
  2. https://coolors.co/palettes/trending
  3. https://www.color-hex.com/color-palettes/

Selain itu, untuk mengetahui kombinasi warna yang dapat membantu Anda untuk menentukan apakah warnanya mempunyai kontras yang baik atau tidak, maka Anda dapat meminta bantuan aplikasi pada website. Tepatnya, Anda dapat masuk ke https://coolors.co/contrast-checker.

Sumber Daya # 5 : Font

Nancy Duarte (2008) menyebutkan bahwa font merupakan salah satu bahan baku dari slide presentasi yang hebat, selain latar belakang warna (background), warna dan gambar. Font dalam slide presentasi dapat Anda gunakan untuk menuliskan pesan yang ingin Anda sampaikan.  

Selain font bawaan yang ada di microsoft power point seperti Calibri, Times New Roman dan Arial, maka Anda dapat menggunakan font khusus seperti Gill Sans dan Caviar Dreams. Anda dapat mengunduh font khusus tersebut di website sesuai selera yang Anda inginkan. Namun, Anda mesti memperhatikan lisensinya. Ada font yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Untuk mengunduh font sesuai kebutuhan Anda, maka Anda dapat mengunduhnya di websiste berikut ini :

  1. https://www.dafont.com/
  2. https://fonts.google.com/
  3. https://www.myfonts.com/

Tools 1 : Remove Background

Ada kalanya ketika Anda membuat slide presentasi, maka Anda hanya membutuhkan, misalnya, gambar orang dari sebuah foto yang Anda miliki. Karena itu, Anda mesti menghilangkan background dari foto tersebut yang merupakan elemen-elemen yang tidak Anda perlukan.

Jika Anda ingin menghilangkan background dari foto yang anda punyai, maka selain Anda dapat menggunakan fitur remove background yang ada di Microsoft Power Point, Anda dapat juga menggunakan aplikasi remove background yang ada di website.

Website yang dapat Anda gunakan untuk melakukan remove background adalah : https://picwish.com/

Tools 2 : Picture to Shape

Dalam hal tertentu untuk membuat slide presentasi, maka ada kalanya Anda menggunakan gambar orang yang kemudian Anda masukan gambar tertentu seperti gedung ke dalam gambar orang tersebut. Untuk itu, maka Anda perlu mengambil gambar orang tersebut dengan menggunakan aplikasi remove background, kemudian Anda ubah gambar orang tersebut menjadi shape agar Anda bisa memasukan gambar gedung ke dalam shape dengan fitur merge shape yang ada di Microsoft Power Point.

Mengubah gambar orang tersebut menjadi shape memerlukan aplikasi. Aplikasi tersebut dapat Anda gunakan ada di : https://picsvg.com/.

Tools 3 : Editable Vector

Jika Anda ingin menggunakan gambar vektor dalam slide presentasi, maka Anda tidak perlu membuat gambar vektor sendiri dengan menggunakan shape dan garis. Anda dapat menggunakan cara cerdas dengan men-download gambar vektor dari website yang menyediakan lisensi yang gratis. Misalnya, Anda dapat mendownloadnya dari https://freepik.com dan Anda akan memperoleh gambar vektor dengan format eps.

Untuk mengubah gambar vektor tersebut menjadi vektor yang dapat diedit (editable vector), maka Anda perlu menggunakan aplikasi yang namanya : https://cloudconvert.com/.

Dengan menggunakan https://cloudconvert.com/, jika Anda menggunakan Microsoft Power Point versi 2013, maka Anda perlu merubah gambar vektor dengan format eps menjadi format emf atau wmf. Sementara itu, jika Anda menggunakan Microsoft Power Point versi 2016 ke atas, maka Anda perlu mengubahnya menjadi format svg agar Anda dapat meng-edit gambar vektor tersebut.

Demikianlah, 5 sumber daya dan 3 tools yang perlu Anda ketahui ketika Anda membuat slide presentasi.

Kelima sumber daya dan ketiga tools tersebut dapat membantu memudahkan Anda untuk mendesain slide presentasi. Selain itu, sumber daya dan tools tersebut tidak saja memudahkan Anda untuk merancang slide presentasi yang akan Anda tampilkan, tetapi juga dapat membuat slide presentasi Anda menjadi menarik.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.

 

 

 

22 comments on “5 Sumber Daya dan 3 Tools Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Anda Membuat Slide Presentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *