Segera setelah Anda menyusun cerita untuk presentasi Anda, maka membuat judul slide presentasi merupakan langkah lanjutan yang perlu Anda lakukan dalam membuat slide presentasi.

Judul slide presentasi first, visual second. Hal ini karena judul presentasi bertindak sebagai outline dari cerita presentasi Anda yang secara langsung menggerakkan pilihan dari visual slide presentasi Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda menuliskan ide terkait judul slide presentasi sebelum mendesain hal lainnya.

Kadang-kadang ketika Anda menuliskan judul slide presentasi bentuknya hanya dalam satu kata, misalnya “Pendapatan”. Judul seperti ini disebut heading (Kurnoff dan Lazarus, 2021). Judul slide seperti ini tidak mengatakan apa-apa bagi audiens Anda. Karena itu, Anda mesti mengubahnya menjadi seperti ini, “Pendapatan Meroket Lebih Dari 3 Tahun Setelah Peluncuran Cloud”.  

Judul slide seperti ini disebut headline (Kurnoff dan Lazarus, 2021). Judul slide seperti ini membuat audiens Anda ingin mengetahui lebih banyak. Oleh karena itu, dalam membuat judul slide presentasi, maka Anda perlu membuatnya dalam bentuk headline.  

Anda mesti kreatif dalam membuat judul slide presentasi. Judul slide presentasi yang baik adalah ringkas, spesifik dan berbentuk percakapan.  

Untuk membuat judul slide presentasi yang ringkas, maka Anda perlu menghilangkan kata-kata yang tidak perlu. Edit, edit, edit sampai Anda mendapatkan judul slide presentasi yang ringkas. 

Untuk membuat slide judul presentasi yang spesifik, maka Anda perlu memasukan point dari data utama, elemen waktu, atau satuan ukuran yang berarti bagi audiens Anda.  

Sementara itu, untuk membuat judul slide presentasi yang berbentuk percakapan, maka Anda perlu membuatnya tampak terdengar lebih alami jika Anda mengucapkannya dan hindari menggunakan jargon (kosa kata khusus yang hanya dipahami oleh orang dengan keahlian tertentu). Dengan demikian, gunakanlah kata yang mudah dipahami oleh orang umum. 

Membuat judul slide presentasi dengan karakteristik yang ringkas, spesifik, dan berbentuk percakapan merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. 

Mengapa ? 

Karena ada 3 fungsi penting judul slide presentasi. 

Fungsi Judul Slide # 1 : Menggambarkan Seluruh Cerita Dari Presentasi  

Salah satu kemampuan yang sangat mengesankan dari komunikator yang hebat adalah bagaimana mereka dapat merajut ide, fakta, dan data secara bersama-sama dan membuatnya mengalir. Mereka membawa audiens pada sebuah perjalanan. 

Judul slide presentasi seperti peta jalan dari perjalanan cerita presentasi Anda. 

Yang luar biasa adalah ketika Anda dapat merangkai judul slide presentasi Anda menjadi satu, maka Anda memiliki garis besar narasi yang lengkap. Bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah melakukannya dengan benar ? Anda cukup meninjau setiap judul saja, tanpa konten atau visual tambahan. Apakah mereka membuat cerita Anda bergerak maju ? Jika iya, maka Anda telah menyelesaikan garis besar cerita Anda. Anda sudah mendapatkan peta jalan Anda.  

Selain itu, setelah Anda mengembangkan garis besar cerita presentasi Anda, maka slide judul presentasi Anda menjadi panduan penting bagi semua orang yang mendengarkan presentasi Anda. Slide judul presentasi merupakan kerangka bagi cerita presentasi Anda. 

Fungsi Judul Slide # 2 : Memberikan Orientasi Bagi Audiens Anda  

Tidak berlebihan untuk dikatakan bahwa slide judul presentasi yang baik membuat audiens Anda tetap dalam perjalanan naratif bersama Anda.  

Coba Anda bayangkan skenario berikut ini. 

Anda menyelinap masuk ke ruang konferensi atau rapat virtual dimana Anda terlambat sepuluh menit. Lima menit pertama Anda berupaya untuk mencari tahu apa yang Anda lewatkan.  

Anda kemudian berpikir. Apa yang saya lewatkan ? Di mana Anda dalam cerita yang telah disampaikan ? Apakah presenter sudah membagikan rincian penting ? 

Jika ceritanya tidak langsung jelas bagi Anda—saat mata Anda dengan putus asa memperhatikan slide yang muncul—mungkin karena judul slide presentasinya tertulis seperti “Update Kuartal Pertama” atau “Ukuran Pasar”. Judul slide seperti ini tidak memberi tahu apapun bagi Anda. 

Akan tetapi, jika judul slide presentasinya kaya informasi seperti “Kuartal Ketiga Menunjukkan Perubahan Pendapatan 2 Kali Lebih Besar Dari Kuartal Sebelumnya”, maka hal itu memungkinkan Anda untuk dapat mengikuti presentasi yang disampaikan.   

Fungsi Judul Slide # 3 : Memberikan Orientasi Bagi Anda Sebagai Presenter 

Cerita yang Anda sampaikan dalam sebuah presentasi bisa terganggu sepanjang waktu. Mereka terganggu ketika Anda menghadapi eksekutif yang tidak sabar yang menuntut Anda untuk melompat ke bagian depan dari presentasi Anda. Mereka terganggu ketika waktu makan siang tiba sementara Anda masih melakukan presentasi. 

Akan lebih menguntungkan bagi Anda ketika Anda memiliki sebuah peta jalan dari presentasi Anda. Judul slide presentasi dapat sebagai peta jalan dari presentasi Anda yang akan membuat Anda tetap berada pada jalur dari presentasi yang Anda sampaikan. Selain itu, judul slide presentasi akan membuat Anda lebih gesit dalam menghadapi audiens yang permintaannya tidak terduga. Misalnya, mereka meminta Anda untuk melewati satu atau beberapa bagian dari presentasi Anda. 

Intinya, judul slide presentasi merupakan petunjuk yang cerdas yang akan membantu Anda menceritakan kisah Anda dan membuat Anda tetap memegang kendali serta menemukan jalan kembali kepada jalur naratif dari presentasi Anda. 

Demikianlah, 3 fungsi penting judul slide presentasi. 

Judul slide presentasi berfungsi untuk menggambarkan seluruh cerita dari presentasi, memberikan orientasi bagi audiens Anda, dan memberikan orientasi bagi Anda sebagai presenter.  

Masukan judul slide presentasi untuk setiap ide, chart, dan diagram yang Anda tampilkan. Buatlah judul slide presentasi yang ringkas, spesifik, dan berbentuk percakapan. Judul slide presentasi harus menggerakkan setiap presentasi yang Anda lakukan. 

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.