Blog Analisis Kebijakan + Manajemen Inovasi + Pengembangan Diri + Presentasi
Search
Close this search box.

Ide Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Dari Bentuk Layout Yang Sederhana

Nancy Duarte (2012) dalam bukunya “HBR Guide to Persuasive Presentation” menyebutkan bahwa jangan hitung jumlah slide Anda, tetapi pastikan slide Anda diperhitungkan.

Ini kutipan favorit saya dari buku ini. Fokus pada pesan Anda dan audiens Anda dari pada jumlah slide. Sertakan slide hanya jika slide tersebut membantu audiens Anda untuk memahami atau mengingat apa yang Anda katakan. Anda bahkan mungkin memilih untuk tidak menggunakan slide sama sekali dan menggunakan video sebagai gantinya.

Selain itu, dalam menyampaikan pesan Anda, maka Anda perlu membuat slide presentasi yang menarik. Slide presentasi yang menarik merupakan slide presentasi yang indah dan tampilannya harmonis yang terlihat dari elemen desainnya seperti layout, gambar, icon, shape, garis, kombinasi font, dan tema warna.

Mengapa Anda perlu membuat slide presentasi yang menarik ?

Karena slide presentasi yang menarik akan membuat audiens Anda mudah menerima gagasan Anda,  mudah melihatnya, dan mudah memahaminya.

Ketika Anda membuat slide presentasi yang menarik, maka Anda bisa mempertimbangkan bagaimana bentuk layoutnya. Gavin dan Harris (2006) mengatakan bahwa layout adalah penyusunan dari elemen-elemen yang berhubungan ke dalam sebuah bidang, sehingga membentuk susunan yang artistik. Layout bisa juga disebut manajemen bentuk dan bidang.

Aggraini dan Nathalia (2020) menyebutkan bahwa layout merupakan tata letak ruang atau bidang. Dalam komunikasi visual, layout merupakan salah satu hal yang utama. Sebuah desain yang baik harus mempunyai layout yang terpadu. Dalam sebuah layout, terdapat elemen-elemen seperti teks dan gambar. Tujuan utama layout adalah untuk menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dan dapat memudahkan audiens yang melihat slide Anda untuk mudah menerima informasi yang disajikan.

Dalam membuat slide presentasi yang menarik, maka Anda dapat membuatnya dari layout yang sederhana seperti di bawah ini yang terdiri dari gambar di sebelah kiri dan teks di sebelah kanan.

Layout seperti di atas banyak digunakan pada slide presentasi. Sekalipun sederhana, Anda tetap dapat membuat slide presentasi yang menarik. Kreatifitasnya ada pada gambar yang digunakan dimana Anda dapat mengoptimalisasi gambar tersebut dengan menggunakan teknik kreatif tertentu. Misalnya, Anda mengoptimalisasi gambarnya dengan menggunakan teknik creative focusing seperti slide di bawah ini.

Ketika Anda membuat slide presentasi yang menarik dengan model layout slide di atas, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Pertama, gunakan satu pesan untuk satu slide. Keuntungannya adalah bagi Anda yang menjelaskan satu pesan per slide tentu akan lebih mudah dari pada banyak pesan dalam satu slide. Selain itu, audiens Anda akan lebih mudah untuk memprosesnya. Disamping itu, Anda akan lebih mudah untuk membuatnya, karena obyek yang dibuat tidak terlalu banyak. Tambahan pula, Anda menjadi bintang utamanya, karena audiens tidak akan banyak melihat slide yang berisi hanya satu pesan, sehingga mereka akan lebih memperhatikan dan mendengarkan Anda sebagai presenter.

Kedua, selaraskan antara pesan dengan gambar yang mendukung. Hal ini sangat penting karena fungsi gambar dalam slide presentasi adalah untuk memvisualisasikan pesan yang Anda sampaikan supaya mudah dipahami dan diingat oleh audiens Anda. Untuk itu, gambar yang Anda gunakan harus relevan dengan pesan yang hendak Anda sampaikan.

Ketiga, gambar jangan memunggungi pesan. Perhatikan arah dari gambar. Ketika kita membuat slide presentasi yang berisi teks, maka seharusnya kata-kata itu keluar dari lisan kita bukan ? Oleh karena itu, agar terlihat natural, maka letakkan teks itu di depan gambar, bukan memunggungi gambar.

Demikianlah, ide membuat slide presentasi yang menarik dari bentuk layout yang sederhana.

Layout slide presentasi yang sederhana tersebut dapat terdiri dari gambar di sebelah kiri dan teks di sebelah kanan. Kreatifitasnya ada pada gambar yang digunakan dimana Anda dapat mengoptimalisasi gambar tersebut dengan menggunakan teknik kreatif tertentu. Misalnya, Anda mengoptimalisasi gambarnya dengan menggunakan teknik creative focusing seperti contoh di atas. Selain itu, Anda dapat mengoptimalisasi gambarnya dengan menggunakan teknik kreatif lainnya seperti : creative cropping atau creative merge shape.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini.

42 thoughts on “Ide Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Dari Bentuk Layout Yang Sederhana”

  1. Wahyu Riantono

    Artikel ini membantu saya dalam pembuatan presentasi yang menarik, terima kasih sangat bermanfaat 🙏🙏🙏

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top