Ide Kreatif Untuk Membuat 5 Jenis Slide Presentasi Bisnis Yang Menarik Mulai Dari Slide Cover Sampai Penutup Dengan Shape

Dalam mempersiapkan presentasi bisnis tentu Anda mesti membuat desain slide presentasi yang menarik. Namun, sesungguhnya hal itu tidak saja berlaku bagi presentasi bisnis, tetapi juga berlaku bagi presentasi di kampus atau acara penting lainnya.

Mengapa Anda perlu menyiapkan slide presentasi bisnis yang menarik ?

Hal ini karena jika Anda menampilkan slide presentasi bisnis yang menarik yang menghadirkan keindahan, maka slide presentasi Anda akan memunculkan kegembiraan bagi audiens Anda. Kegembiraan tersebut menjadi pemantik dalam mengubah perilaku audiens Anda (Andy Sukma Lubis, 2019).

Dengan kegembiraan yang ada pada audiens Anda, maka audiens Anda dengan mudah tergerak untuk mengikuti apa yang Anda sampaikan. Sehingga, audiens Anda mudah menerima materi ide bisnis yang Anda utarakan.

Untuk membuat slide presentasi bisnis yang menarik tersebut, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Pertama, Anda mesti menyiapkan konten mulai dari cover, profil Anda, pembukaan, isi dan penutup yang ingin Anda sampaikan. Pada bagian pembuka, Anda mesti membuat audiens Anda bahwa materi yang Anda sampaikan sangat penting untuk mereka. Pada bagian pembukaan ini jika audiens Anda belum mengenal terminologi yang Anda sampaikan, maka Anda mesti menjelaskan dulu apa maksudnya. Setelah itu, Anda dapat menjelaskan mengapa materi itu sangat penting bagi audiens Anda. Sebaliknya, jika audiens Anda sudah mengenal terminologi yang hendak Anda jelaskan, maka Anda dapat menjelaskan terlebih dahulu mengapa materi tersebut sangat penting bagi audiens Anda. Setelah itu, Anda dapat menjelaskan mengenai prinsip-prinsip mengenai materi yang Anda sampaikan.

Ketika hati audiens Anda telah terbuka, barulah Anda menjelaskan langka-langkah kunci dari pesan yang ingin Anda sampaikan atau solusi atau cara yang Anda kemukakan. Hal ini merupakan bagian isi dari presentasi Anda.

Terakhir, adalah penting bagi Anda untuk memasukkan sesi penutup dari materi yang Anda sampaikan. Hal ini akan membuat audiens akan semakin mengingat dari materi yang Anda sampaikan. Pada bagian ini, Anda dapat menyampaikan call to action. Ini merupakan ajakan bagi audiens Anda untuk melakukan tindakan terkait dengan materi yang Anda sampaikan. Atau pada bagian penutup ini Anda dapat menyampaikan quote atau pernyataan inspiratif yang relevan dengan materi yang telah Anda sampaikan. Atau Anda dapat juga menyampaikan ringkasan dari materi yang telah Anda sampaikan.

Kedua, Anda perlu merancang bahwa tiap slide berisi satu pesan. Keuntungannya adalah bagi Anda yang menjelaskan satu pesan per slide tentu akan lebih mudah dari pada banyak pesan dalam satu slide. Selain itu, audiens Anda akan lebih mudah untuk memprosesnya. Disamping itu, Anda akan lebih mudah untuk membuatnya, karena obyek yang dibuat tidak terlalu banyak. Tambahan pula, Anda menjadi bintang utamanya, karena audiens tidak akan banyak melihat slide yang berisi hanya satu pesan, sehingga mereka akan lebih memperhatikan dan mendengarkan Anda sebagai presenter.

Ketiga, Anda perlu juga menentukan tema warna bagi slide presentasi Anda. Tema warna ini adalah kombinasi warna yang Anda gunakan untuk latar belakang slide presentasi Anda, font yang Anda gunakan dan elemen-elemen desain yang Anda masukan ke dalam slide presentasi Anda seperti shape dan garis. Gunakanlah tema warna yang adem dipandang oleh audiens Anda.

Keempat, Anda juga perlu menentukan kombinasi font. Ada font rule yang dapat Anda ikuti, yaitu dua optimal dan tiga maksimal. Maksudnya, yaitu jumlah penggunaan font paling optimal dalam slide presentasi adalah dua jenis font. Sementara itu, untuk jumlah maksimalnya adalah tiga jenis font. Font rule akan menjadikan slide presentasi Anda tetap berada pada jalur yang tepat.

Kelima, dalam membuat slide presentasi yang menarik, Anda dapat menggunakan elemen desain, yaitu shape. Shape yang dapat Anda gunakan antar lain : rectangle rounded corners, parallelogram, hexagon, oval, dan isosceles triangle.  Shape tersebut Anda buat menjadi bentuk yang unik yang nantinya dapat Anda masukkan gambar yang relevan ke dalam shape tersebut.

Keenam, Anda dapat menggunakan teknik creative merge shape. Teknik ini menggunakan fitur yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE seperti UNION, FRAGMENT, dan INTERSECT.

Untuk memberikan gambaran mengenai ide kreatif untuk membuat slide presentasi bisnis yang menarik, ada 5 jenis slide presentasi yang Anda buat.

Mari kita bahas satu per satu kelima jenis slide presentasi tersebut.

Jenis Slide # 1 : Slide Cover

Slide di atas dibuat dengan menggunakan 10 shape rectangle rounded corners yang Anda bentuk agar menjadi bentuk yang unik. Kemudian, kesepuluh shape tersebut Anda jadikan satu dengan fitur UNION yang ada di fitur MERGE SHAPE agar shape tersebut menjadi satu, sehingga Anda dapat memasukkan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang hendak Anda sampaikan. Setelah itu, Anda masukan gambar yang relevan ke dalam shape yang telah menjadi satu tersebut dengan menggunakan fitur INTERSECT yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE.

Jenis Slide # 2 : Slide Profil

Untuk membuat slide di atas, Anda dapat menggunakan 3 shape parallelogram yang warnanya Anda sesuaikan dengan tema warna yang Anda gunakan. Untuk menambahkan profil Anda, maka Anda bisa menggunakan teknik creative remove background. Pada slide di atas, profil yang digunakan bukan menggambarkan profil yang sebenarnya. Pada kenyataannya, Anda dapat menggunakan profil Anda sendiri sebagai presenter.

Jenis Slide # 3 : Slide Pembuka

Pada slide pembuka ini, Anda dapat menggunakan dua slide. Ketika terminologi yang Anda gunakan belum dikenal oleh audiens Anda, maka pada slide pertama Anda dapat menjelaskan definisi terminologi tersebut. Kemudian, pada slide kedua, Anda dapat menjelaskan mengapa materi yang Anda sampaikan sangat penting bagi audiens Anda.

Slide pertama pada bagian pembuka dapat Anda buat seperti slide di bawah ini.

Slide di atas dibuat dengan menggunakan shape hexagon. Ada 12 shape hexagon yang digunakan untuk membuat slide di atas. Tetapi, Anda bisa membentuknya dengan jumlah yang lain, asalkan Anda dapat menghasilkan shape yang bentuknya unik.

Lalu, Anda jadikan satu keduabelas shape tersebut dengan fitur UNION yang ada di fitur MERGE SHAPE, sehingga Anda dapat memasukkan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang hendak Anda sampaikan. Selenjutnya, Anda masukan gambar yang relevan ke dalam shape yang telah menjadi satu tersebut dengan menggunakan fitur INTERSECT yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE.

Slide kedua pada bagian pembuka dapat Anda buat seperti slide di bawah ini.

Untuk membuat slide di atas, Anda dapat menggunakan 6 shape oval. Fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya adalah FRAGMENT, UNION dan INTERSECT.

Fitur FRAGMENT Anda gunakan untuk memungkinkan Anda berkreasi untuk membentuk bidang shape baru. Seperti Anda lihat pada slide di atas, 3 shape oval bentuknya seperti ada coakan yang saling mengisi satu sama lain.

Fitur UNION Anda gunakan untuk menggabungkan 6 shape menjadi satu, sehingga Anda dapat memasukkan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang hendak Anda sampaikan.

Fitur INTERSECT Anda gunakan untuk memasukkan gambar yang relevan ke dalam shape yang telah menjadi satu tersebut.

Jenis Slide # 4 : Slide Isi

Terkait dengan materi yang hendak disampaikan, ada 4 bentuk slide yang dapat Anda sajikan.

Bentuk slide pertama seperti di bawah ini.

Slide di atas dibuat dengan menggunakan 9 shape rectangle yang ada 2 tambahan shape rectangle untuk mempercantik yang diberi warna tan dan teal. Kemudian, Anda jadikan satu 9 shape rectangle tersebut dengan menggunakan fitur UNION yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE agar nantinya dapat dimasukan gambar yang relevan dengan pesan yang hendak Anda jelaskan. Lalu, dengan menggunakan fitur INTERSECT yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE Anda masukan gambar yang relevan ke dalam shape rectangle yang telah menjadi satu.

Bentuk slide kedua seperti di bawah ini.

Untuk membuat slide di atas, Anda dapat menggunakan 1 shape rectangle rounded corners dan 5 shape oval. Fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya adalah FRAGMENT, UNION dan INTERSECT.

Anda gunakan fitur FRAGMENT agar Anda dapat berkreasi untuk membentuk bidang shape baru. Seperti Anda lihat pada slide di atas, shape rectangle rounded corners seperti ada coakan yang diisi oleh 2 shape oval.

Fitur UNION Anda gunakan untuk menggabungkan 1 shape rectangle rounded corners dan 5 shape oval menjadi satu, sehingga Anda dapat memasukkan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang hendak Anda sampaikan.

Fitur INTERSECT Anda gunakan untuk memasukkan gambar yang relevan ke dalam shape yang telah menjadi satu tersebut.

Bentuk slide ketiga seperti di bawah ini.

Untuk membuat slide di atas, Anda dapat menggunakan 7 shape oval. Fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya adalah FRAGMENT, UNION dan INTERSECT.

Fitur FRAGMENT Anda gunakan agar Anda dapat berkreasi untuk membentuk bidang shape baru. Seperti Anda lihat pada slide di atas, 4 shape oval dibentuk dengan fitur FRAGMENT, sehingga menghasilkan bentuk shape baru.

Fitur UNION Anda gunakan untuk menggabungkan 7 shape oval menjadi satu, sehingga Anda dapat memasukkan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang hendak Anda sampaikan.

Fitur INTERSECT Anda gunakan untuk memasukkan gambar yang relevan ke dalam shape yang telah menjadi satu tersebut.

Bentuk slide keempat seperti di bawah ini.

Untuk membuat slide di atas, Anda dapat menggunakan 1 shape oval. Fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya adalah FRAGMENT, UNION dan INTERSECT.

Fitur FRAGMENT Anda gunakan untuk membuat 1 shape oval tersebut terpecah menjadi dua. Untuk memecahnya, Anda dapat menggunakan 1 shape rectangle yang Anda sesuaikan kemiringannya seperti yang anda inginkan.

Fitur UNION Anda gunakan untuk menggabungkan shape oval yang terpecah menjadi dua agar menjadi satu, sehingga Anda dapat memasukkan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang hendak Anda sampaikan.

Fitur INTERSECT Anda gunakan untuk memasukkan gambar yang relevan ke dalam shape yang telah menjadi satu tersebut.

Bentuk slide kelima seperti di bawah ini.

Slide di atas dibuat dengan menggunakan 4 shape isosceles triangle yang ada 2 tambahan shape isosceles triangle untuk mempercantik yang diberi warna tan dan teal. Kemudian, Anda jadikan satu 4 shape rectangle tersebut dengan menggunakan fitur UNION yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE agar nantinya dapat dimasukan gambar yang relevan dengan pesan yang hendak Anda jelaskan. Lalu, dengan menggunakan fitur INTERSECT yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE Anda masukan gambar yang relevan ke dalam shape rectangle yang telah menjadi satu.

Jenis Slide # 5 : Slide Penutup

Slide di atas dibuat dengan menggunakan 8 shape rectangle rounded corners yang ada 2 tambahan shape rectangle rounded corners untuk mempercantik yang diberi warna tan dan teal. Kemudian, Anda jadikan satu 8 shape rectangle rounded corners tersebut dengan menggunakan fitur UNION yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE agar nantinya dapat dimasukan gambar yang relevan sesuai dengan pesan yang hendak Anda jelaskan. Lalu, dengan menggunakan fitur INTERSECT yang ada di dalam fitur MERGE SHAPE Anda masukan gambar yang relevan ke dalam shape rectangle rounded corners yang telah menjadi satu.

Demikianlah, ide kreatif untuk membuat 5 jenis slide presentasi bisnis yang menarik dengan shape.

Anda dapat menggunakan berbagai jenis shape yang disediakan oleh Microsoft Power point seperti : rectangle rounded corners, parallelogram, hexagon, oval, dan isosceles triangle.  Shape tersebut Anda buat menjadi bentuk yang unik yang nantinya dapat Anda masukkan gambar yang relevan ke dalam shape tersebut.

Dengan menyiapkan konten yang berisi satu pesan satu slide, menggunakan tema warna yang Anda sukai, kombinasi font yang Anda inginkan, dan teknik creative merge shape, maka Anda dapat dengan mudah membuat slide presentasi bisnis yang menarik. Dengan cara yang sama, maka Anda juga dapat membuat slide presentasi yang menarik untuk acara presentasi di kampus Anda atau acara penting lainnya yang menggunakan slide presentasi sebagai medianya.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini.

 

 

 

 

 

 

 

40 comments on “Ide Kreatif Untuk Membuat 5 Jenis Slide Presentasi Bisnis Yang Menarik Mulai Dari Slide Cover Sampai Penutup Dengan Shape
  1. Trimakasih, ternyata kita juga harus bisa baca situasi ya pak? Karena harus membuat hati audiens senang. Tentu hati kita hrs senang jg dulu. Keren….tapi sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *