Blog Analisis Kebijakan + Manajemen Inovasi + Pengembangan Diri + Presentasi
Search
Close this search box.

Cara Mudah Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Pengulangan Bentuk Shape

Bagi Anda yang melakukan aktivitas baik di lingkungan kampus maupun kantor, maka menyiapkan slide presentasi merupakan kegiatan yang perlu Anda lakukan. Slide presentasi yang Anda desain mesti slide presentasi yang menarik.

Mengapa Anda perlu membuat slide presentasi yang menarik ?

Jika Anda menampilkan slide presentasi yang menarik yang menghadirkan keindahan, maka slide presentasi Anda akan memunculkan kegembiraan bagi audiens Anda. Kegembiraan tersebut menjadi pemantik dalam mengubah perilaku audiens Anda (Andy Sukma Lubis, 2019).

Dengan kegembiraan yang ada pada audiens Anda, maka audiens Anda dengan mudah tergerak untuk mengikuti apa yang Anda sampaikan. Sehingga, audiens Anda bisa menerima materi pembelajaran, ide bisnis atau program pembangunan yang Anda utarakan.

Slide presentasi yang menarik merupakan slide presentasi yang indah dan tampilannya harmonis yang terlihat dari elemen desainnya seperti layout, gambar, icon, shape, garis, kombinasi font, dan tema warna.

Sebenarnya membuat slide presentasi yang menarik tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan satu bentuk shape yang disediakan oleh Microsoft Power Point yang kemudian Anda ulang shape tersebut menjadi beberapa shape yang serupa. Misalnya, Anda dapat menggunakan shape parallelogram.

Contohnya bisa Anda lihat seperti gambar di bawah ini.

Untuk membuatnya, marilah kita simak langkah-langkah berikut ini.

Langkah # 1 : Masukan Satu Shape Parallelogram ke Dalam Slide Baru

Pada slide kosong, Anda masukkan shape parallelogram. Untuk mendapatkan shape tersebut, maka Anda dapat mengklik fitur insert, fitur shape, kemudian di basic shape Anda cari shape parallelogram. Hasilnya dapat berbentuk seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 2 : Lakukan Pengulangan Shape Paralellogram Pada Langkah # 1

Shape parallelogram yang telah terbentuk pada langkah # 1 dapat Anda lakukan pengulangan, sehingga misalnya akan terbentuk lima shape parallelogram seperti gambar di bawah ini.

Untuk membuat slide di atas, langkahnya adalah setelah Anda masukkan shape parallelogram yang pertama, maka Anda tekan tombol CTRL + D. Kemudian, Anda atur shape kedua hasil CTRL + D dengan jarak tertentu. Lalu tekan tombol CTRL + D sebanyak jumlah shape parallelogram yang Anda inginkan. Misalnya, Anda menginginkan tiga shape parallelogram lagi, maka Anda tekan tombol CTRL + D sebanyak tiga kali yang akan menghasilkan seperti gambar di atas.

Langkah # 3 : Masukan Gambar Yang Relevan Pada Slide Langkah # 2 dan Letakkan Gambarnya di Belakang Shape Parallelogram

Ketika Anda sudah memiliki gambar yang relevan dengan pesan yang ingin Anda sampaikan, maka Anda masukkan gambar tersebut pada slide langkah # 2. Gambar yang Anda masukan tersebut akan berada di depan shape parallelogram.

Untuk meletakkan gambar tersebut berada di belakang shape parallelogram, maka Anda dapat meng-klik gambar tersebut dengan mouse. Kemudian, Anda klik kanan mouse. Lalu, pilih fitur send to back dan pilih lagi fitur send to back yang akan menghasilkan slide seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 4 : Masukan Gambar Yang Relevan Pada Slide Langkah # 3 ke Dalam Shape Parallelogram

Untuk memasukkan gambar ke dalam lima shape parallelogram, maka Anda jadikan satu dulu lima shape parallelogram tersebut. Caranya adalah klik kelima shape parallelogram tersebut, pilih fitur format/shape format, pilih fitur merge shape, dan pilih fitur union. Akibatnya, lima shape parallelogram tersebut telah menjadi satu shape.

Karena lima shape parallelogram tersebut telah menjadi satu shape, maka Anda bisa memasukkan gambar yang ada di belakang shape tersebut. Caranya adalah klik gambar, tekan tombol shift (tahan), klik shape parallelogram yang telah menjadi satu, pilih fitur format/shape format, pilih merge shape, dan pilih intersect. Akibatnya, gambar akan masuk ke dalam shape parrallelogram seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 5 : Beri Tema Warna Pada Slide Hasil Langkah # 4 dan Masukan Teks

Anda dapat menggunakan tema warna untuk memberikan sentuhan akhir desain slide presentasi Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan light blue untuk background dan warna blue dan black untuk teks. Hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Demikianlah, cara mudah membuat slide presentasi yang menarik dengan pengulangan bentuk shape.

Anda dapat menggunakan shape yang disediakan oleh Microsoft Power Point, misalnya shape paralellogram untuk membuat slide presentasi yang menarik. Anda dapat juga menggunakan bentuk shape lainnya seperti : diamond, hexagon, trapezoid, dan isosceles triangle.

Praktikkanlah cara mudah ini untuk membuat slide presentasi yang menarik agar Anda dapat menguasainya dengan baik. Anda dapat menerapkan cara ini untuk membuat slide lainnya seperti slide profil, slide pembuka, slide isi dan slide penutup dengan menggunakan gambar yang relevan yang sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini.

 

 

 

44 thoughts on “Cara Mudah Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Pengulangan Bentuk Shape”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top