Nancy Duarte (2008) menyebutkan bahwa background atau latar belakang dari sebuah slide presentasi merupakan salah satu elemen desain yang sangat penting. Hal ini karena latar belakang dapat mempengaruhi tampilan slide presentasi menjadi lebih menarik.

Background dalam sebuah slide presentasi merupakan sebuah permukaan dimana Anda dapat meletakkan elemen desain lain di atasnya seperti gambar, teks, shape atau garis. Background yang Anda gunakan dalam slide presentasi dapat menciptakan kesan sebuah ruangan. Ruangan tersebut sebaiknya terbuka, luas dan sederhana.

Karena pentingnya background slide presentasi, maka background tersebut perlu dibuat dengan baik. Buatlah background slide presentasi sesederhana dan sebersih mungkin. Background tersebut jangan bersaing dengan konten presentasi yang Anda masukkan ke dalam slide presentasi.

Penggunaan warna background dengan kontras yang tinggi adalah hal yang terbaik. Jika Anda menggunakan warna background gelap, maka gunakan elemen di atasnya dengan warna terang. Sebaliknya, jika Anda menggunakan warna background terang, maka gunakan warna gelap untuk elemen desain yang berada di atasnya.

Sebagai alternatif background dengan warna polos, maka Anda dapat memasukkan gambar sebagai background slide presentasi agar slide presentasi tersebut dapat memberikan dampak yang kuat kepada audiens Anda. Dengan demikian, slide presentasi yang Anda tampilkan menjadi berbeda.

Untuk memberikan gambaran bagaimana bentuk slide presentasinya, maka perhatikan ide slide presentasi di bawah ini. Slide presentasi di bawah ini dibuat dengan menggunakan gambar dengan background gelap.

Membuat slide presentasi di atas sangatlah mudah. Secara lebih rinci, langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan gambar yang sama ke dalam dua slide baru yang berbeda.
  2. Gambar di slide yang pertama Anda gunakan sebagai background. Kemudian, Anda gunakan shape rectangle yang menutupi seluruh slide dan Anda atur warna transparansi yang menggunakan warna hitam menjadi 35 %.
  3. Gambar pada slide yang kedua, Anda masukkan empat buah shape rectangle rounded corners. Select all keempat shape rectangle rounded corners tersebut dan gunakan fitur union dalam fitur merge shape untuk menjadikan satu keempat shape rectangle rounded corners tersebut. Lalu, masukkan gambar pada slide kedua ke dalam shape rectangle rounded corners yang telah menjadi satu menggunakan fitur intersect dalam fitur merge shape.
  4. Masukkan hasil langkah # 3 tersebut ke dalam slide yang pertama.
  5. Tambahkan teks yang telah Anda siapkan ke dalam slide yang pertama.

Selain dengan menggunakan background gelap seperti slide di atas, maka alternatif lainnya Anda dapat membuat slide presentasi yang background-nya berisi gambar dengan background terang. Langkah pembuatannya sama seperti slide di atas. Yang membedakan adalah warna shape rectangle yang menutupi slide dimana Anda bisa menggunakan warna putih yang transparansinya Anda atur, misalnya menjadi sebesar 15 %.

Demikianlah, ide slide presentasi yang menarik dengan menggunakan gambar sebagai background.

Untuk membuat slide presentasi yang menarik, maka Anda dapat menggunakan background yang berisi gambar. Anda buat background yang berisi gambar tersebut dengan kontras yang tinggi agar Anda dapat memasukkan konten yang berada di atasnya yang dapat dilihat oleh audiens Anda. Dengan demikian, maka konten yang Anda sajikan pada slide presentasi dapat menjadi lebih hidup.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.