Blog Analisis Kebijakan + Manajemen Inovasi + Pengembangan Diri + Presentasi
Search
Close this search box.

Empat Ide Slide Pembuka, Isi, dan Penutup Presentasi Yang Menarik Yang Berisi Informasi Kualitatif Untuk Sidang Mahasiswa

Setiap mahasiswa yang telah selesai melakukan penelitian untuk tugas akhirnya baik S1, S2 maupun S3 harus menyampaikan hasilnya di depan dosen penguji. Sidang hasil penelitian tersebut sangat menentukan nasibnya, apakah bisa lulus dengan baik atau tidak.

Di dalam sidang hasil penelitian tersebut, seorang mahasiswa harus mempertanggungjawabkan konten hasil penelitian yang telah dibuatnya. Oleh karena itu, ujian sidang hasil penelitian adalah momen yang sangat penting dalam perjalanan seorang mahasiswa. Sehingga, mahasiswa harus mempersiapkan penyampaiannya semaksimal mungkin.

Selain mempersiapkan diri untuk presentasi dengan sungguh-sungguh memahami konten yang sudah dibuat dan penyampaian presentasi yang efektif, maka hal penting lainnya yang mahasiswa harus persiapkan  adalah membuat slide presentasi.

Selain membuat slide cover, slide profil dan slide agenda, maka mahasiswa juga harus membuat slide presentasi hasil penelitiannya yang berisi Bab I Pendahuluan, Bab II Studi Literatur, Bab III Metode Penelitian, Bab IV Analisis dan Bab V Simpulan dan Saran.

Slide presentasi yang dibuat dari Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV dan Bab V dapat dikelompokkan menjadi slide pembuka, isi dan penutup. Slide pembuka informasinya dapat diperoleh dari Bab I Pendahuluan. Slide isi informasinya dapat diambil dari Bab II Studi Literatur, Bab III Metode Penelitian, dan Bab IV Analisis. Dan slide penutup dapat dibuat dari informasi yang berasal dari Bab V Simpulan dan Saran.

Informasi yang ditampilkan dalam slide-slide tersebut dapat berisi informasi yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.

Slide informasi kualitatif adalah slide yang berisi informasi yang dominannya dalam bentuk teks. Sementara itu, slide informasi kuantitatif adalah slide yang berisi informasi yang dominannya dituangkan dalam bentuk angka.

Dalam postingan ini, aspek yang akan dibahas adalah slide yang berisi informasi kualitatif.

Berikut ini adalah empat ide slide pembuka, isi dan penutup yang berisi informasi kualitatif untuk sidang mahasiswa.

Keempat ide slide tersebut di atas sangat mudah untuk membuatnya. Elemen desain yang digunakan adalah tema warna, jenis font, icon, shape, garis, gambar dan teks.

Keempat slide di atas dapat Anda siapkan tema warnanya, yaitu oranye, dark blue, dan white. Fontnya menggunakan impact dan roboto.

Untuk mendapatkan icon, jika Anda menggunakan Microsoft Power Point 2019, maka Anda dapat masuk ke menu insert dan pilih fitur icon. Anda dapat memilih icon yang relevan dengan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Kemudian, untuk mendapatkan garis, maka Anda dapat masuk ke menu insert, pilih fitur shape lalu pilih line. Sementara itu, gambar yang digunakan dapat diperoleh dari website https://www.pexels.com/.

Untuk membuat keempat slide di atas, maka Anda masukkan gambarnya ke dalam slide yang kemudian Anda potong gambarnya dengan teknik creative cropping sesuai dengan ukuran seperti gambar di atas. Selanjutnya, masukan shape rectangle, icon, garis dengan warna yang sesuai dengan slide di atas. Terakhir, masukkan teks dengan warna yang relevan seperti slide di atas.

Demikianlah, empat ide slide pembuka, isi, dan penutup presentasi yang menarik yang berisi informasi kualitatif untuk sidang mahasiswa.

Untuk membuatnya, maka Anda dapat menggunakan elemen desain, yaitu : tema warna, jenis font, gambar, icon, shape, garis dan teks. Dengan kombinasi elemen desain tersebut yang ditunjang oleh teknik creative cropping, maka Anda dapat menghasilkan slide presentasi yang menarik.

Anda dapat juga berkreasi untuk menghasilkan slide pembuka, isi dan penutup yang menarik lainnya dengan menggunakan kombinasi tema warna, jenis font, gambar, icon, shape, garis dan teks dengan teknik desain slide yang berbeda, yaitu : creative merge shape. Untuk itu, Anda dapat membuat shape-shape yang bentuknya unik yang kemudian Anda masukkan gambarnya ke dalam shape tersebut.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

 

 

29 thoughts on “Empat Ide Slide Pembuka, Isi, dan Penutup Presentasi Yang Menarik Yang Berisi Informasi Kualitatif Untuk Sidang Mahasiswa”

    1. Erry Ricardo Nurzal

      Semoga dapat diterapkan ya Bu Azizah. Mohon postingan ini dapat disebarkan kepada rekan mahasiswa/i ya agar dapat bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top