Presentasi merupakan aktifitas yang sering dilakukan oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran di kampus. Salah satu aktifitas presentasi yang perlu dilakukan oleh mahasiswa adalah menyampaikan paparan hasil penelitian untuk tugas akhirnya baik oleh mahasiswa S1, S2 maupun S3 di depan dosen penguji.

Untuk melakukan presentasi tersebut, maka mahasiswa baik S1, S2 maupun S3 harus mempersiapkannya dengan baik agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

Oleh sebab itu, mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk memahami konten yang sudah dibuat. membuat slide presentasi dan berlatih untuk penyampaian presentasi secara efektif.

Dalam menyiapkan slide presentasi, selain membuat slide cover, slide profil dan slide agenda, maka mahasiswa juga harus membuat slide presentasi hasil penelitiannya yang berisi Bab I Pendahuluan, Bab II Studi Literatur, Bab III Metode Penelitian, Bab IV Analisis dan Bab V Simpulan dan Saran.

Slide presentasi yang dibuat dari Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV dan Bab V dapat dikelompokkan menjadi slide pembuka, isi dan penutup.

Slide pembuka, informasinya dapat diperoleh dari Bab I Pendahuluan. Slide isi, informasinya dapat diambil dari Bab II Studi Literatur, Bab III Metode Penelitian, dan Bab IV Analisis. Dan slide penutup dapat dibuat dari informasi yang berasal dari Bab V Simpulan dan Saran.

Informasi yang ditampilkan dalam slide-slide tersebut dapat berisi informasi yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.

Slide informasi kualitatif adalah slide yang berisi informasi yang dominannya dalam bentuk teks. Sementara itu, slide informasi kuantitatif adalah slide yang berisi informasi yang dominannya dituangkan dalam bentuk angka.

Dalam postingan ini, aspek yang akan dibahas adalah slide isi yang berisi informasi kuantitatif yang ada di Bab IV Analisis.

Berikut ini adalah empat ide slide isi presentasi yang menarik yang berisi informasi kuantitatif untuk sidang mahasiswa.

Slide yang pertama di atas dapat Anda siapkan dengan menggunakan gambar, shape rectangle, garis dan teks. Untuk membuat slide yang pertama di atas, maka Anda masukan gambar ke dalam slide yang kemudian Anda tutup gambarnya dengan menggunakan shape rectangle yang memenuhi slide dan Anda beri shape rectanglenya warna putih dengan transparansi sebesar    12 %. Selanjutnya, Anda masukkan lima shape rectangle yang Anda atur size-nya dengan height masing-masing 5 cm, 7 cm, 9 cm, 12 cm dan 15 cm yang mewakili angka 50, 70, 90, 120 dan 150. Lalu, Anda select all kelima shape rectangle tersebut agar menjadi satu shape dan disesuaikan ukurannya. Kemudian, masukan gambar yang relevan dan letakkan gambar tersebut di belakang shape yang telah di-union serta masukkan gambarnya ke dalam shape tersebut menggunakan fitur intersect yang ada di dalam fitur merge shapes. Selanjutnya, Anda tambahkan shape rectangle pada kuis 5 yang diberi warna oranye dengan transparansi 42 % dan garis warna hitam dengan weight 1 pt di bawah kelima shape rectangle yang telah dimasukkan gambar. Terakhir, masukan teks yang diberi warna oranye dan hitam untuk judul dan warna hitam untuk body teksnya.

Kemudian, untuk slide yang kedua yang merupakan alternatif dari slide yang pertama, maka Anda dapat membuatnya dengan menggunakan gambar, shape oval, garis dan teks. Cara membuatnya adalah Anda masukan gambar ke dalam slide yang kemudian Anda tutup gambarnya dengan menggunakan shape rectangle yang memenuhi slide dan Anda beri shape rectanglenya warna putih dengan transparansi sebesar 14 %. Kemudian, Anda masukkan lima shape oval yang ukurannya Anda proposionalkan dengan data dan empat shape oval Anda beri warna hitam dengan pattern fill dotted 90 % serta satu shape oval diberi warna oranye dengan pattern fill dotted 90 %. Selanjutnya, Anda masukkan garis warna hitam dengan weight 1 pt di bawah kelima shape oval. Terakhir, masukan teks yang diberi warna oranye dan hitam untuk judul dan warna hitam untuk body teksnya.

Sementara itu, untuk slide yang ketiga, maka Anda dapat membuatnya dengan menggunakan gambar, icon vector berbentuk orang, garis dan teks. Untuk membuat slide yang kedua di atas, maka Anda masukan gambar ke dalam slide yang kemudian Anda tutup gambarnya dengan menggunakan shape rectangle yang memenuhi slide dan Anda beri shape rectanglenya warna putih dengan transparansi sebesar 14 %. Lalu, Anda masukan icon vector berbentuk orang yang kemudian Anda buat icon orang tersebut menjadi 100 buah dengan menggunakan fitur Ctrl + D serta fitur align dan distribute untuk kerapihan icon vector orang yang digunakan. Selanjutnya, 68 icon vector orang Anda beri warna oranye, 32 icon vector orang diberi warna abu-abu muda dan Anda masukan garis putus-putus oranye dan abu-abu muda. Terakhir, masukan teks yang diberi warna oranye dan hitam untuk judul dan body teksnya.

Selanjutnya, untuk membuat slide yang keempat di atas, maka Anda dapat menggunakan gambar, diagram doughnut yang telah diubah menjadi vektor, garis dan teks. Langkah membuatnya, pertama, Anda masukan gambar ke dalam slide yang kemudian Anda tutup gambarnya dengan menggunakan shape rectangle yang memenuhi slide dan Anda beri shape rectanglenya warna putih dengan transparansi sebesar 10 %. Kedua, Anda masukkan diagram doughnut yang Anda buat di excel yang kemudian Anda masukkan ke slide power point dengan bentuk vector yang warnanya Anda sesuaikan seperti slide di atas dengan pattern fill dotted 90 %. Ketiga, di tengah diagram doughnut, Anda masukan shape oval dan masukkan gambar yang relevan ke dalam shape oval tersebut dengan menggunakan fitur intersect yang ada di dalam fitur merge shapes.  Terakhir, masukan teks yang diberi warna oranye dan hitam untuk judul dan body teksnya.

Demikianlah, empat ide slide isi presentasi yang menarik yang berisi informasi kuantitatif untuk sidang mahasiswa.

Untuk membuatnya, maka Anda dapat berkreasi dengan tidak memindahkan data yang diolah menggunakan Microsoft Excel langsung di-copy paste ke slide power point, tetapi dengan menggunakan kombinasi gambar, shape, garis dan teks yang ditunjang oleh teknik creative dataviz seperti creative shape dataviz. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda dapat menghasilkan slide presentasi yang menarik.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.