Dalam proses pembelajaran di lingkungan kampus, presentasi sudah menjadi kebutuhan mahasiswa. Presentasi diperlukan oleh mahasiswa ketika salah satunya menyampaikan hasil penelitian yang dilakukannya.

Untuk penyampaian presentasi tersebut, maka mahasiswa perlu membuat slide presentasi. Slide presentasi yang dibuat mesti menarik, karena slide yang menarik akan membuat dosen betah untuk memperhatikan apa yang mahasiswa sampaikan.

Salah satu slide presentasi yang perlu dibuat oleh mahasiswa adalah slide cover.

Slide cover ini menjadi slide yang sangat penting. Hal ini karena slide cover merupakan slide pertama yang dilihat oleh dosen, sehingga perlu menarik perhatian dosen yang melihatnya.

Berikut ini lima model slide cover presentasi yang menarik untuk hasil penelitian mahasiswa.

Model # 1 : Satu Foto + Dua Shape Rectangle

Slide yang pertama di atas dibuat dengan menggunakan sebuah foto dan dua shape rectangle. Untuk membuatnya, pertama, Anda tentukan tema warna dan fontnya. Anda dapat menggunakan tema warna yang enak dipandang mata, misalnya light blue, blue, black, dan gold. Sementara itu, untuk font Anda dapat menggunakan Montserrat Extra Bold untuk judul dan Lato untuk body teks. Kedua, Anda masukkan warna background slide dengan warna light blue. Ketiga, masukkan sebuah foto dimana latar belakangnya Anda remove background dengan menggunakan fitur remove background yang ada di Microsoft Power Point 2013 atau menggunakan aplikasi remove background gratis di https://picwish.com/. Keempat, Anda masukkan teks dan beri warna blue dan black untuk judul slide dan black untuk body teks. Terakhir, tambahkan dua shape rectangle yang masing-masing diletakkan di atas dan di bawah judul untuk memperindah tampilan slide dan beri warna gold.

Model # 2 : Satu Foto + Tiga Shape Parallelogram + Dua Shape Rectangle

Slide yang kedua di atas merupakan variasi pertama dari slide yang pertama. Untuk membuatnya, sama seperti membuat slide yang pertama, Anda tinggal menambahkan tiga shape parallelogram yang Anda beri warna gold, blue-gray, dan blue untuk mempercantik tampilan slide.

Model # 3 : Satu Foto + Satu Shape Frame

Slide yang ketiga di atas adalah variasi kedua dari slide pertama. Untuk membuatnya, sama seperti membuat slide yang pertama, tetapi Anda tambahkan sebuah shape frame yang Anda beri warna gold untuk memperindah tampilan slide. Dan dua shape rectangle warna gold yang ada di atas dan bawah judul slide Anda hilangkan.

Model # 4 : Satu Foto + Tiga Shape Rectangle

Slide keempat di atas menggambarkan variasi ketiga dari slide yang pertama. Untuk membuatnya, sama seperti slide yang pertama, tetapi dua shape rectangle warna gold yang ada di atas dan bawah judul Anda hilangkan. Dan Anda tambahkan tiga shape rectangle dengan warna gold, blue, dan blue-gray untuk memperindah tampilan slide.

Model # 5 : Satu Foto + Satu Shape Rectangle + Dua Shape Frame

Slide yang kelima di atas menjelaskan variasi keempat dari slide yang pertama. Untuk membuatnya, sama seperti slide yang pertama, tetapi dua shape rectangle warna gold yang ada di atas dan bawah judul Anda hilangkan. Dan Anda tambahkan sebuah shape frame dan sebuah shape frame lagi yang di-substract dengan fitur merge shape untuk memberi kesan efek tiga dimensi. Efek tiga dimensi tersebut mempercantik tampilan slide dimana efek tiga dimensi tersebut memperlihatkan ada shape frame yang berada di bawah dan atas shape rectangle. Untuk tema warna pada shape rectangle dan shape frame, Anda dapat gunakan, yaitu : blue dan gold.

Demikianlah, lima model slide cover presentasi yang menarik untuk hasil penelitian mahasiswa.

Dengan menggunakan satu foto yang telah Anda remove background, Anda dapat membuat banyak variasi slide cover presentasi yang menarik.

Slide di atas tak ubahnya seperti slide yang dijual di market place. Dan slide cover presentasi tersebut dapat menjadi referensi desain bagi Anda yang ingin melakukan presentasi hasil penelitian.

Untuk membuatnya, maka Anda bisa mengeluarkan kreatifitas Anda dengan mengkombinasikan shape yang disediakan oleh Microsoft Power Point 2013 seperti shape rectangle, shape parallelogram dan shape frame.

Sesungguhnya, dengan satu foto tersebut Anda dapat menghasilkan lebih dari lima model slide cover presentasi yang menarik.

Cobalah Anda pikirkan dan buat model slide cover presentasi lainnya.

Kalau Anda sudah menikmati penggunaan Microsoft Power Point, maka yang dibutuhkan adalah kreatifitas untuk menghasilkan slide cover presentasi yang menarik. Dengan menghasilkan slide cover presentasi sendiri dan juga slide lainnya, maka slide presentasi yang Anda buat dapat menjadi identitas tampilan visual Anda yang berbeda dari slide presentasi mahasiswa lainnya.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat memberikan kebaikan bagi banyak orangTerima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.