Tiga Inspirasi Desain Slide Presentasi Yang Mengubah Bullet Points Menjadi Asyik Untuk Dilihat Bagi Anda Yang Beraktifitas di Kampus, Kantor dan Sekolah

Apakah Anda yang mempunyai aktifitas di lingkungan kampus, kantor dan sekolah, maka Anda tidak terlepas dari kegiatan presentasi.

Kegiatan tersebut Anda perlukan untuk menyampaikan tugas kuliah, hasil penelitian, update perkembangan proyek, ide pengembangan program atau produk, tugas sekolah dan penyampaian bahan pelajaran.

Disamping Anda perlu menyiapkan materi yang perlu Anda sampaikan dan penyampaian materi yang efektif, maka Anda perlu juga menyiapkan slide presentasi.

Terkadang dalam menyiapkan slide presentasi tersebut Anda langsung saja memindahkan materi dari microsoft word ke microsoft power point.

Contohnya seperti slide di bawah ini yang dipenuhi dengan bullet points yang berisi kalimat-kalimat yang panjang.

Anda bisa bayangkan dampaknya bagi audiens Anda jika Anda diminta untuk menyampaikan presentasi dengan total slide sebanyak 30 buah.

Audiens Anda akan mengalihkan perhatiannya, karena slide yang Anda tampilkan tidak menarik perhatiannya.

Dr. John Medina, seorang pakar dalam bidang cara kerja otak dalam bukunya Brain Rules menyebutkan bahwa orang tidak akan memberikan perhatian pada sesuatu yang membosankan.

Hal yang sama juga berlaku pada presentasi Anda. Jika Anda membuat slide presentasi yang membuat audiens Anda jenuh, maka dalam tempo singkat mereka akan mengalihkan perhatiannya kepada hal-hal yang lainnya.

Pertanyaannya bagaimana membuat slide presentasi tersebut di atas menjadi asyik untuk dilihat oleh audiens Anda ?

Ada tiga inspirasi desain slide presentasi yang dapat Anda gunakan.

Mari kita bahas satu per satu tiga inspirasi desain untuk perubahan slide tersebut ke arah yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Inspirasi Desain Slide # 1 : Kata Kunci + Gambar + Shape + Angka

Slide di atas dibuat dengan menggunakan kata kunci, gambar, shape dan angka. Kalimat-kalimat yang panjang pada slide yang pertama di atas diambil kata kuncinya seperti yang ditampilkan pada slide ini. Tidak lupa perlu diperhatikan tema warna yang digunakan mesti enak dipandang mata. Dengan mengoptimalkan fitur power yaitu merge shape dan format picture plus teknik creative merge shape, maka Anda dapat menghasilkan slide di atas.

Jika Anda ingin menampilkan slide di atas dalam presentasi Anda, maka Anda perlu menggunakan animasi. Tujuannya agar Anda menampilkan pointnya satu per satu kemudian Anda jelaskan point yang muncul. Dengan begitu, maka audiens akan fokus kepada penjelasan Anda dan memudahkan pemahaman mereka.

Kalau Anda menampilkan semua point pada saat yang bersamaan, maka audiens Anda tidak akan fokus kepada penjelasan Anda, melainkan audiens akan membaca point-point yang ditampilkan. Sehingga, fokus audiens terganggu dan tidak mendengarkan penjelasan Anda.

Inspirasi Desain Slide # 2 : Kata Kunci + Gambar + Shape + Icon

Sama seperti membuat slide yang kedua di atas, slide yang ketiga ini juga dibuat dengan menggunakan kata kunci. Bedanya gambar dioptimasi dengan menggunakan shape oval serta adanya penggunaan icon. Teknik yang digunakannya sama, yaitu creative merge shape.

Jika Anda ingin menampilkan slide tersebut, maka caranya sama seperti menampilkan slide yang kedua, yaitu menggunakan animasi. Tujuannya agar audiens fokus kepada point-point  yang Anda sampaikan dan memudahkan pemahaman mereka.

Inspirasi Desain Slide # 3 : Infografis

Konsep pembuatan slide yang kempat ini lebih kepada infografis. Penggunaan shape yang berbentuk circle hollow yang diberi shape effects dimasukkan dalam slide ini. Optimalisasi fitur merge shape (fragment dan intersect) dan format picture digunakan dalam pembuatan slide ini.

Sama halnya seperti slide kedua dan ketiga, jika Anda ingin menampilkan slide ini, maka Anda perlu menggunakan animasi. Dengan animasi, maka Anda menjelaskan satu per satu point yang Anda utarakan yang bertujuan untuk memudahkan pemahaman audiens Anda.

Demikianlah, tiga inspirasi desain slide presentasi yang mengubah bullet points menjadi asyik untuk dilihat bagi Anda yang beraktifitas di kampus, kantor dan sekolah.

Slide presentasi dengan menggunakan bullet points merupakan slide presentasi yang tidak menarik. Slide presentasi seperti itu akan membuat audiens Anda menjadi bosan.

Karena itu, ubahlah slide presentasi bullet points dengan kalimat yang panjang menjadi slide presentasi yang menarik dan asyik untuk dilihat. Untuk membuatnya, gunakan kata kunci, gambar, shape, icon atau garis plus optimalisasi fitur power point yang ditunjang teknik kreatif pembuatan slide presentasi seperti creative merge shape.

Membuat slide presentasi yang membosankan jangan jadikan sebagai pilihan Anda. Tetapi, buatlah slide yang menarik dan memudahkan pemahaman audiens Anda.

Harapannya setelah membaca postingan ini, maka Anda dapat berpikir ulang dalam membuat dan menyajikan slide presentasi Anda.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat memberikan kebaikan bagi banyak orangTerima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

 

10 comments on “Tiga Inspirasi Desain Slide Presentasi Yang Mengubah Bullet Points Menjadi Asyik Untuk Dilihat Bagi Anda Yang Beraktifitas di Kampus, Kantor dan Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *