Dalam presentasi, teknik penyampaian presentasi merupakan salah satu bagian yang krusial dan menentukan efektifitas presentasi Anda. Jika Anda tidak menguasainya, maka bisa jadi konten dan slide presentasi yang Anda siapkan menjadi sia-sia (Pranata, 2015).

Namun, jika Anda bisa menyampaikan presentasi dengan dinamis dan efektif, maka audiens Anda akan mampu menyerap informasi dengan baik dan mereka pun bisa menikmati jalannya presentasi yang Anda sampaikan.

Jika pada tahap pembuatan konten presentasi merupakan bentuk komunikasi verbal yang mencakup pemilihan dan penggunaan kata-kata, maka untuk teknik penyampaian presentasi lebih banyak berkaitan dengan komunikasi non verbal. Komunikasi non verbal terdiri dari dua komponen, yaitu visual (penampilan/apa yang tampak dari presenter) dan vokal (intonasi suara).

Dalam vokal, ada sebuah terminologi yang sangat penting, yaitu smiling voice. Yang artinya adalah suara yang tersenyum.

Smiling voice ini sangat penting untuk Anda munculkan saat Anda melakukan presentasi.

Ada dua alasan yang mendasari pentingnya perlunya Anda untuk memunculkan smiling voice dalam presentasi.

Pertama, smiling voice membantu menghubungkan Anda dengan audiens Anda.

Penelitian telah membuktikan bahwa manusia cenderung meniru ekspresi wajah satu sama lain. Satu studi dari ilmu psikologi menemukan bahwa peniruan ekspresi wajah satu sama lain dapat terjadi pada tingkat bawah sadar (Dimberg, Thunberg, Elmehed (2016)).

Dengan kata lain, jika Anda tersenyum pada audiens Anda, maka mereka mungkin akan tersenyum kembali pada Anda tanpa memikirnya. Hal itu karena kita biasanya ingin mengekspresikan kehangatan dan keterhubungan.

Jadi, ketika Anda berdiri untuk berbicara dan Anda tersenyum kepada audiens Anda, maka mereka mungkin akan balas tersenyum. Hal itu akan memulai koneksi bawah sadar. Dan hal itu akan menguntungkan Anda ketika Anda melakukan presentasi.

Kedua, smiling voice akan menenangkan pikiran Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh (Dimberg, Thunberg, Elmehed, 2016) bahwa ketika Anda tersenyum kepada audiens Anda, maka kemungkinan besar mereka akan balas tersenyum kepada Anda. Manfaatnya adalah hal itu akan membuat Anda rileks.

Johnson (2022) mengutip ahli saraf Dr. Isha Gupta yang menjelaskan bahwa tindakan tersenyum memicu respons kimia berupa peningkatan dopamine dan serotonin di otak kita. Dopamin meningkatkan perasaan bahagia kita. Sementara itu, pelepasan serotonin dikaitkan dengan pengurangan stress.

Jadi, saat Anda tersenyum, maka otak Anda memproduksi bahan kimia yang memberi tahu Anda bahwa “saya menikmati ini dan saya baik-baik saja”. Pesan bagus tersebut akan berputar di otak Anda.

Kemudian, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana Anda membiasakan smiling voice ini dalam presentasi Anda ?

Tentu saja Anda perlu melatihnya.

Untuk itu, ada dua tips yang perlu Anda lakukan. Pertama, gunakan rumus 2-2-7. Sudut bibir kiri dan kanan Anda lebarkan sejauh 2 cm dan tahan selama tujuh detik. Setelah itu, baru Anda bicara. Kedua, gigit pensil dan lakukan selama lima menit sambil Anda bicara. Awalnya Anda akan terasa pegal. Tetapi, ketika Anda sudah terbiasa, maka Anda bisa melakukannya secara otomatis. Akibatnya, Anda akan ingat smiling voice ketika presentasi.

Demikianlah, pentingnya smiling voice dalam presentasi Anda dan tips untuk melatihnya.

Smiling voice (suara yang tersenyum) sangat berguna untuk penyampaian presentasi Anda. Efeknya akan membantu menghubungkan Anda dengan audiens Anda dan akan membuat Anda rileks karena pikiran Anda tenang.

Agar smiling voice menjadi kebiasaan Anda dalam menyampaikan presentasi, maka Anda perlu terus melatihnya. Gunakan rumus 2-2-7 setelah itu baru Anda bicara. Selain itu, Anda bisa menggigit pensil dan lakukan selama lima menit sambil Anda bicara.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.