Blog Analisis Kebijakan + Manajemen Inovasi + Pengembangan Diri + Presentasi
Search
Close this search box.

Hubungan Yang Tidak Baik Merupakan Potensi Rintangan Pertama Dalam Penjualan Ide Anda

Potensi pertama yang sering kali menjadi rintangan pertama dalam penjualan ide Anda adalah hubungan yang negatif antara Anda dengan orang yang ingin Anda temui. Rintangan yang pertama ini berhubungan dengan bagaimana orang lain memandang hubungan Anda dengan mereka ? Apakah mereka mengenal Anda ? Apakah mereka menyukai Anda ? Dan yang lebih penting apakah mereka percaya kepada Anda ?

(Sell, G. Richard dan Moussa, Mario, 2007) menjelaskan bahwa sebgaimana yang diperlihatkan dalam penjualan ide yang dilakukan Bob Bogle, seorang manajer toko kepada pemilik toko, Sam Walton untuk mengusulkan nama toko diskon pertamanya yang besar di Rogers, Arkansas dengan nama Walmart, maka persuasi di tempat kerja selalu dilakukan dalam jejaring hubungan.

Pada suatu saat, hubungan dengan seseorang akan menjadi titik awal untuk memainkan ide Anda. Sementara itu, hubungan dengan dan di antara orang-orang yang mungkin tidak Anda kenal seringkali akan menjadi titik akhir terkait dengan penerimaan ide Anda.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan lingkaran pengaruh, yaitu jejaring orang yang kenal dengan orang yang kenal dengan orang lain lagi. Membangun lingkaran tersebut pada saat Anda sudah merasa siap melakukan penjualan ide mungkin sudah terlambat. Hubungan harus sudah terjalin sebelumnya.

Rintangan terbesar tentu saja muncul ketika Anda berhadapan dengan hubungan negatif atau bermusuhan dengan orang yang ingin Anda temui untuk penjualan ide Anda. Dengan demikian, mengelola hubungan dengan orang lain memainkan peranan utama dalam penjualan ide.

Hubungan memberikan tingkat kepercayaan dan rasa saling percaya serta memfasilitasi komunikasi dan mempermudah kerjasama. Setiap kali Anda duduk untuk berbicara dengan orang lain dalam sebuah konteks pekerjaan akan sangat membantu bila Anda memanfaatkan waktu sejenak untuk membangun atau membangun kembali hubungan, mencari tahu kabar rekan Anda dan memperkuat kepentingan atau pengalaman yang sama yang membuat hubungan Anda berjalan lancar.

Orang menanggapi dan mengingat dengan baik orang lain yang menaruh perhatian pada mereka terutama ketika tidak ada keuntungan strategis yang muncul dari interaksi tersebut.

(Sell, G. Richard dan Moussa, Mario, 2007) menjelaskan bahwa Andre Carnegie pernah menggambarkan bakat Abraham Lincoln untuk menciptakan hubungan dengan setiap orang yang ditemuinya. Sikap Lincoln sempurna karena tidak dibuat-buat dan dia selalu bertutur kata sopan kepada siapapun, bahkan kepada karyawan muda di kantor.

Lincoln tidak memilih. Perhatian yang dia berikan sama terhadap semua orang baik ketika berbicara dengan petugas kurir maupun dengan Menteri.

Pesonanya terletak pada ketulusannya. Mungkin tidak ada sesuatu yang dia sampaikan dengan caranya yang tidak bisa diterima orang lain.

Carnegie sendiri belajar mengenai pentingnya membangun hubungan melalui interaksi sehari-hari sejak usia yang sangat muda. Ketika masih remaja, Carnegie bekerja sebagai kurir di sebuah perusahaan telegraf di Pittsburgh. Dia mengirimkan telegram ke banyak pengusaha ternama di kota itu. Untuk meningkatkan karirnya, dia belajar untuk menghafal nama-nama mereka, sehingga dia bisa mengenali mereka ketika bertemu mereka di jalan.

Dalam otobiografinya, Carnegie menjelaskan sebuah prinsip yang sangat penting, yaitu perhatian kecil seringkali membawa berkah besar yang tidak terduga. Tidak ada perbuatan baik yang sia-sia. Bahkan, Carnegie menyebutkan bahwa kadang-kadang dia bertemu dengan orang lain yang tidak dia ingat, tetapi mereka masih ingat akan perhatian kecil yang pernah dia berikan kepada mereka.

Sebuah pepatah dalam dunia usaha merangkum ide tersebut dengan sederhana, yaitu penjual yang ingat nama anak konsumen mereka tidak akan bangkrut.

Demikianlah, hubungan yang hubungan yang tidak baik merupakan potensi rintangan pertama dalam penjualan ide Anda. Oleh karena itu, kelolalah hubungan Anda dengan orang ingin Anda temui untuk penjualan ide. Jalinlah hubungan yang baik dengan mereka sebelumnya.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

22 thoughts on “Hubungan Yang Tidak Baik Merupakan Potensi Rintangan Pertama Dalam Penjualan Ide Anda”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top