PRESENTER MAP

Sebuah Sistem Yang Dapat Membantu Anda Untuk Mempersiapkan KONTEN PRESENTASI Yang Menarik dan Bermanfaat Bagi Audiens Anda

Tiga Sumber Kekawatiran Ketika Anda Presentasi (Dan Cara Mengatasinya)

Ketika saya memberikan Workshop Kiat Sukses Presentasi dan Public Speaking pada acara LLDikti Wilayah VI secara daring pada hari Sabtu yang lalu tanggal 19 September 2020, ada satu pertanyaan yang menarik yang diajukan oleh audiens.

Pertanyaannya adalah apakah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kekawatiran ketika presentasi ?

Itu pertanyaan yang menarik untuk dibahas.

Continue reading

Menguak Audience Connecting Techniques Untuk Membuat Audiens Terlibat Dalam Presentasi Anda

Berhubungan dengan audiens ketika presentasi adalah karakteristik utama yang membedakan antara presenter yang berkesan dengan presenter biasa. Apakah audiens Anda berpartisipasi dengan Anda sebagai presenter atau hanya mendengarkan presentasi Anda ?

Selain membuat audiens Anda nyaman, maka saat melakukan presentasi Anda perlu menarik audiens Anda untuk memperhatikan Anda. Anda perlu berhubungan dengan mereka. Jelas, memenuhi kebutuhan mereka akan membantu membuat konten Anda menjadi menarik.

Jika Anda benar-benar ingin konten Anda menggerakkan audiens dan menghindari ketidakterhubungan dengan audiens Anda, maka Anda dapat menggunakan apa yang disebut dengan Audience Connecting Techniques (ACTs).

Continue reading

7 Pertanyaan Penting Untuk Mengetahui Tentang Audiens Presentasi Anda

Saat mempersiapkan presentasi, Anda sebagai seorang pembicara harus mempertimbangkan satu aspek terpenting.

Yaitu audiens Anda.

Karena itu, Anda perlu melakukan analisis audiens.

Di bidang presentasi, analisis audiens adalah istilah yang umum. Analisis audiens sama pentingnya dalam presentasi apa pun juga. Jika Anda tidak memiliki cukup pengetahuan tentang audiens Anda, maka Anda tidak akan pernah bisa memiliki presentasi yang sukses.

Continue reading

4 Langkah Sederhana Untuk Menyusun Pesan Utama Presentasi Yang Mudah Diingat Oleh Audiens Anda

Presentasi yang buruk, tidak peduli betapa baiknya slide presentasi yang ditampilkan atau bahkan penyampaian yang menarik, adalah hasil dari perencanaan presentasi yang buruk dan tidak fokus pada pesan utama yang ingin audiens Anda ingat dan lakukan.

Itulah mengapa menulis pesan utama presentasi pada tahap awal perencanaan presentasi sangat vital untuk membuat presentasi yang berdampak.

Jika Anda telah mengumpulkan semua informasi yang diperlukan tentang audiens Anda dan Anda tahu apa masalah yang dihadapi oleh audiens Anda serta apa yang mereka harapkan dari presentasi Anda, maka dengan informasi itu Anda dapat melakukan identifikasi dan kristalisasi pesan utama dari presentasi Anda.

Continue reading