About

About

Terima kasih Anda sudah berkunjung ke blog saya dan melihat Halaman Tentang ini. Saya Erry Ricardo Nurzal tinggal di Jakarta.

Perihal latar belakang pendidikan, saya alumni S1 Teknik Mesin ITB lulusan 1992. S2 Teknik dan Manajemen Industri ITB lulusan 1998. S2 Public Policy, Saitama University/Graduate Research Institute for Policy Study (GRIPS), Jepang lulusan 2001. S3 Manajemen Bisnis IPB lulusan 2010.

Saya tertarik mempelajari presentasi/public speaking sejak saya kuliah di Jepang di Graduate School of Policy Science, Saitama University/GRIPS.

Sekembalinya ke Indonesia, saya terus mempelajari tentang presentasi/public speaking dengan mengikuti training presentasi/public speaking dari trainer yang ternama di Indonesia seperti Jamil Azzaini, Muhammad Noer, David Pranata dan James Gwee.

Saya juga membaca buku-buku tentang presentasi/public speaking dari penulis dunia seperti Garmine Gallo; Nancy Duarte; Cam Barber; Christopher Witt; Kory Kogon, Breck England, Julie Schmidt; Christopher Witt; Michael Baldwin; dan Garr Reynolds. Dan saya menerapkan pengetahuan dan skills tentang presentasi/public speaking yang saya miliki pada pekerjaan yang saya tekuni.

Tujuan Blog Ini

Presentasi adalah komunikasi terpadu lewat suara, gambar, dan bahasa tubuh.

Perpaduan inilah yang membedakan presentasi dari bentuk komunikasi lainnya. Misalnya, dalam pidato, maka kemampuan orasi seseorang yang menjadi senjata utama.

Sementara itu, dalam presentasi Anda menggabungkan kemampuan orasi, ketrampilan membuat pesan visual lewat slide dan bahasa tubuh yang memperkuat pesan.

Oleh karena itu, dalam Blog ini, saya berbagi tips-tips tentang presentasi/public speaking yang menyangkut 3 hal utama, yaitu :

  1. Message yang terstruktur.
  2. Design slide yang menarik.
  3. Delivery yang meyakinkan.