About

About

Terima kasih Anda sudah berkunjung ke blog saya dan melihat Halaman Tentang ini. Saya Erry Ricardo Nurzal tinggal di Jakarta.

Perihal latar belakang pendidikan, saya alumni S1 Teknik Mesin ITB lulusan 1992. S2 Teknik dan Manajemen Industri ITB lulusan 1998. S2 Public Policy, Saitama University/Graduate Research Institute for Policy Study (GRIPS), Jepang lulusan 2001. S3 Manajemen Bisnis IPB lulusan 2010.

Saya tertarik mempelajari public speaking/presentasi sejak saya kuliah di Jepang di Graduate School of Policy Science, Saitama University/GRIPS.

Sekembalinya ke Indonesia, saya terus mempelajari tentang public speaking/presentasi dengan mengikuti training public speaking/presentasi dari trainer yang ternama di Indonesia seperti Jamil Azzaini, Muhammad Noer, David Pranata dan James Gwee.

Saya juga membaca buku-buku tentang public speaking/presentasi dari penulis dunia seperti Garmine Gallo; Nancy Duarte; Cam Barber; Christopher Witt; Kory Kogon, Breck England, Julie Schmidt; Christopher Witt; dan Michael Baldwin. Dan saya menerapkan pengetahuan dan skills tentang public speaking/presentasi yang saya miliki pada pekerjaan yang saya tekuni.

Tujuan Blog Ini

Kebanyakan buku dan training public speaking/presentasi didasarkan pada ide yang kurang tepat.

Idenya menyebutkan bahwa ada cara tampil yang optimal ketika kita berbicara di depan umum. Kita harus menyesuaikan bahasa tubuh kita, mengendalikan gerakan tubuh kita, dan mengatur ekspresi wajah kita untuk mencapai tampilan yang optimal.

Menurut saya, ide tersebut tidak tepat dan tidak akan berhasil. Karena, ide tersebut menyiratkan bahwa kita harus mengubah siapa kita, yang akan membuang banyak energi dan sebenarnya jauh lebih banyak upaya yang harus kita lakukan dari pada jika kita berbicara sebagaimana diri kita sendiri.

Oleh karena itu, saya lebih cenderung menggunakan pendekatan untuk public speaking/presentasi dengan dua kata kunci penting, yaitu pesan yang jelas (vivid message) dan gaya yang alami (natural style).

Dengan pendekatan tersebut, dalam Blog ini, saya berbagi tips-tips tentang public speaking/presentasi yang menyangkut 3 hal utama, yaitu :

  1. Mengendalikan grogi dan berpikir dengan jernih.
  2. Menyusun dan menstrukturkan pesan dengan jelas.
  3. Menyampaikan pesan dengan gaya yang alami yang melibatkan audiens.