Presentasi eksekutif bisa menjadi hal yang paling sulit untuk dipahami, namun jika Anda mengetahuinya, maka akan menghasilkan keuntungan terbesar dalam hal kemajuan karier Anda.

Kuasai presentasi eksekutif dan Anda akan mendapatkan visibilitas dan pengakuan untuk meningkatkan karier Anda.

Presentasi eksekutif adalah sebuah update singkat atau proposal yang Anda sampaikan kepada para eksekutif di organisasi Anda. Anda melakukan update proyek yang Anda kerjakan atau Anda menyampaikan sebuah proposal untuk usulan pengerjaan suatu proyek.


Presentasi eksekutif juga sering disebut Ringkasan Eksekutif.

Disebut ringkasan karena eksekutif dalam mendengarkan sebuah presentasi mempunyai “waktu yang singkat”, “sedikit dimensi kesabaran”, dan tidak akan mentolerir Anda yang membuang-buang waktu mereka.

Anda mungkin berpikir. Anda juga sibuk dan menyaring pesan Anda pada intinya mungkin sesuatu hal yang sulit dilakukan. Dan, mungkin tidak adil mengharapkannya keluar dari Anda, tetapi itulah kenyataan yang perlu Anda jalani.

Eksekutif memegang kunci bagi promosi Anda. Membuat hidup mereka menjadi lebih mudah melalui apa yang Anda presentasikan akan membuat kemajuan karir Anda yang sangat berarti.

Untuk membuat presentasi eksekutif yang baik, Anda perlu memahami 4 gaya berpikir eksekutif. Kemudian, Anda perlu menyesuaikan pesan Anda melalui gaya berpikir tersebut, bukan gaya berpikir Anda sendiri.

Empat gaya berpikir eksekutif tersebut dapat diadaptasi dari sistem gaya belajar 4 MAT yang dibuat oleh Dr. Bernice McCarthy.

Mari kita bahas satu per satu.

Gaya Berpikir Eksekutif # 1 : Para Pemikir “Mengapa”

Gaya berpikir eksekutif yang pertama disebut gaya berpikir “Mengapa”. Inilah para eksekutif yang paling peduli tentang mengapa mereka melakukan sesuatu dan mengapa sekarang. Eksekutif ini cenderung berada di bagian penjualan, pemasaran, dan sering kali menjadi CEO (chief executive officer).

Gaya Berpikir Eksekutif # 2 : Para Pemikir “Apa

Gaya berpikir eksekutif yang kedua disebut gaya berpikir “Apa”. Para eksekutif inilah yang paling peduli dalam menjawab “pertanyaan berdasarkan apa” seperti apa latar belakangnya, apa ilmunya, apa sejarahnya, dan lain-lain. Eksekutif ini kebanyakan berada di bidang teknik dan teknologi seperti CTO (chief technology officer) perusahaan atau Wakil Presiden bidang teknik.

Gaya Berpikir Eksekutif # 3 : Para Pemikir “Bagaimana

Gaya berpikir eksekutif yang ketiga adalah gaya berpikir “Bagaimana”. Para eksekutif ini cenderung berpikir dengan menanyakan “pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bagaimana” seperti bagaimana kita menyelesaikannya, bagaimana kita melangkah maju, dan bagaimana kita mengatasi hambatan ini ?

COO (chief operation officer) atau VP (vice president) manajemen proyek akan memiliki gaya ini.

Gaya Berpikir Eksekutif # 4 : Para Pemikir “Bagaimana Jika

Gaya berpikir eksekutif yang keempat adalah gaya berpikir “bagaimana jika”.

Grup eksekutif ini jika ditelusuri lebih dalam, mereka memiliki gaya berpikir “bagaimana jika negatif”, dan “bagaimana jika positif.”

Eksekutif yang memiliki cara berpikir “bagaimana jika positif adalah eksekutif wirausaha seperti CEO dan pendiri startup.

Sementara itu, eksekutif yang memiliki cara berpikir “bagaimana jika negatif” adalah eksekutif yang biasanya fokus pada apa yang bisa salah seperti penasihat perusahaan, CFO (chief financial officer), dan VP kualitas. Tidak ada salahnya menjadi eksekutif yang mempunyai cara berpikir “bagaimana jika  negatif”. Pada kenyataannya, jenis pemikiran seperti ini sangat penting untuk organisasi yang kuat.

Demikianlah, 4 gaya berpikir eksekutif yang perlu Anda pahami.

Pertama, eksekutif pemikir “mengapa”.

Kedua, eksekutif pemikir “apa”.

Ketiga, eksekutif pemikir “bagaiamana”.

Pertama, eksekutif pemikir “bagaimana jika”.

Jika Anda ingin membuat presentasi eksekutif, maka cara yang dapat Anda tempuh adalah mengasumsikan bahwa semua gaya berpikir ini ada di dalam presentasi Anda. Buatlah presentasi Anda membahas semua gaya berpikir tersebut.

Saat Anda melangkah lebih tinggi di dalam organisasi Anda, maka pesan Anda harus memiliki daya tarik yang lebih luas. Mampu berkomunikasi dalam keempat gaya berpikir eksekutif akan memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang dan memengaruhi lebih banyak eksekutif dengan pesan Anda.

Apabila Anda menilai tulisan ini bermanfaat dan Anda ingin mendapatkan tulisan atau konten lainnya tentang presentasi/komunikasi secara rutin dan gratis, maka Anda dapat mengirimkan nama Anda dan pesan “ingin mendapatkan konten presentasi/komunikasi secara rutin” ke Erry Ricardo Nurzal dengan no WA : 0813-1836-1753.

Selain itu, mohon kiranya tulisan ini dapat disebarkan ke kontak WhatsApp (WA) Anda atau Grup WA yang Anda ikuti, agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Sharing knowledge for a better presentation/communication.