Hidupkan Slide Presentasi Anda Dengan Transparent Shape

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan untuk meletakkan teks yang berisi kata kunci atau kalimat ringkas ketika Anda hendak membuat slide presentasi dengan menggunakan gambar ?

Ketika Anda menempatkan kata kunci atau kalimat ringkas dimanapun pada gambar yang akan Anda gunakan, maka audiens nantinya Anda akan kesulitan untuk membacanya. Hal ini karena gambar yang Anda gunakan tidak ada ruang kosongnya, sehingga membuat kata kunci atau kalimat ringkas tersebut tidak mudah untuk dibaca.

Solusinya adalah Anda dapat menggunakan shape yang warnanya diberi transparansi (transparent shape).

Transparent shape tersebut dimaksudkan untuk menciptakan white space pada slide Anda.

White space dalam desain visual ibaratnya seperti oksigen, yaitu sesuatu yang membuat desain seakan-akan memiliki cukup ruang untuk bernafas.

Ruangan di dalam slide presentasi hendaknya jangan dihabiskan dan dipenuhi oleh berbagai macam elemen.

Berikan ruang di dalam slide sebagai tempat untuk mengekspresikan kata kunci atau kalimat ringkas untuk menampilkan pesan Anda.

Keberadaan white space menjadikan tampilan slide presentasi Anda lebih asyik untuk dinikmati, semakin terlihat elegan desainnya, dan semakin mudah dipahami pesan visualnya.

Untuk membuat transparent shape sangat mudah untuk Anda lakukan.

Mari kita jalani langkah-langkah berikut di bawah ini untuk membuatnya.

Langkah # 1 : Siapkan Pesan Presentasi

Langkah # 2 : Siapkan Gambar Yang Relevan Dengan Pesan Presentasi

Langkah # 3 : Masukan Shape Berbentuk Rectangle

Langkah # 4 : Beri Warna Shape Dengan Warna Gambar

Klik shape. Lalu, pilih shape fill. Kemudian, pilih eye dropper. Selanjutnya, arahkan eye dropper ke salah satu warna yang ada di gambar. Misalnya, warna lengan baju yang warnanya dark teal.

Jika Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Langkah # 5 : Atur Transparansi Warna Shape

Klik shape rectangle. Lalu, klik kanan mouse. Kemudian, pilih format shape. Setelah itu, pilih fill. Selanjutnya, pilih solid fill. Pada fitur transparency atur menjadi 15 %.

Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Langkah 6 : Masukan Pesan ke Dalam Transparent Shape

Pesan yang telah Anda punya pada langkah 1 dimasukan ke dalam transparent shape. Beri warna tulisan “Pendidikan” dengan warna merah seperti yang ada di dalam gambar dengan menggunakan eye dropper. Dan warna tulisan “Senjata paling ampuh untuk mengubah dunia” diberi warna putih.

Hasil yang diperoleh dengan melakukan langkah di atas akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah, hasil kreasi slide presentasi dengan transparent shape. Coba terapkan langkah-langkah di atas untuk menghasilkan slide presentasi yang menarik dengan transparent shape.

Langkah-langkah tersebut sangat mudah untuk Anda kerjakan.

Dengan menggunakan transparent shape, maka slide yang Anda buat akan tampak lebih hidup. Dan slide yang Anda buat akan semakin asyik untuk dilihat oleh audiens Anda.

 

 

 

2 comments on “Hidupkan Slide Presentasi Anda Dengan Transparent Shape
    • Sama2 Pak Gusti Putu Anom. Semoga dapat bermanfaat untuk meningkatkan ketrampilan dalam menghasilkan slide yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *