5 Jenis Pengkayaan Pesan Presentasi Sesuai Dengan Tipe Audiens

Pesan presentasi yang Anda sampaikan haruslah menjadi sumber energi bagi orang yang mendengarkannya. Bukan hanya menambah pengetahuan bagi audiens Anda, tetapi juga harus dapat menggerakan audiens Anda untuk bertindak.

Oleh karena itu, Anda perlu memperkaya pesan presentasi Anda untuk dapat memuaskan audiens Anda.

Untuk memuaskan audiens Anda, maka Anda perlu mengenali mereka. Tentu saja Anda tidak dapat mengenali mereka satu per satu, tetapi Anda bisa mengenali dan memahami audiens Anda melalui 5 ragam mesin kecerdasan audiens yang sesuai dengan belahan otaknya.

Azzaini (2015) dalam bukunya Speak to Change menyebutkan bahwa pada hakikatnya manusia dapat dikelompokan ke dalam 5 kelompok besar yang sesuai dengan mesin kecerdasannya. Berdasarkan mesin kecerdasannya, manusia yang menjadi audiens Anda dapat mempunyai tipe sebagai orang Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, atau Insting.

Dengan demikian, ada 5 jenis pengkayaan pesan presentasi yang dapat Anda buat sesuai dengan tipe audiens.

Mari kita bahas satu per satu.

Pengkayaan Pesan # 1 : Agar Pesan Lebih Aplikatif

Pengkayaan pesan yang lebih aplikatif disukai oleh orang Sensing. Orang jenis ini sangat memperhatikan apa yang tampak dan terlihat. Orang nya sangat teliti, teratur, sangat memperhatikan susunan kata, dan sangat peduli dengan kerapian. Biasanya orang tipe ini menyukai pengkayaan pesan yang berupa contoh dan tips praktis.

Pengkayaan Pesan # 2 : Agar Pesan Lebih Argumentatif

Orang Thinking menyukai pengkayaan pesan yang lebih argumentatif. Orang Thinking sangat logis, memperhatikan data, dan senang dengan hal-hal yang terstruktur. Dengan demikian, hindari membuat dan memperkaya pesan yang bersumber dari sesuatu yang diragukan kebenarannya. Pesan yang dilengkapi dengan data dan fakta dari sumber yang akurat sangat menguatkan bobot pesan. Selain itu, perkaya pesan dengan pertanyaan-pertanyaan yang menggugah dan biarkan audiens Anda yang menjawabnya. Oleh karena itu, untuk memuaskan audiens jenis ini, Anda perlu memasukan dua hal, yaitu data dan fakta serta pertanyaan yang menggugah.

Pengkayaan Pesan # 3 : Agar Pesan Lebih Inspiratif

Pengkayaan pesan yang lebih inspiratif disukai oleh orang Intuiting. Orang Intuiting menyukai sesuatu yang baru, inovatif, dan kreatif. Daya imajinasi orang ini luar biasa. Oleh karena itu, Anda perlu menularkan apa yang Anda pikirkan kepada audiens. Audiens dengan jenis ini dapat dipuaskan, apabila pesan presentasi Anda memasukan ide baru dan analogi yang membumi.

Pengkayaan Pesan # 4 : Agar Pesan Lebih Motivatif

Pengkayaan pesan yang lebih motivatif perlu Anda buat untuk memenuhi audiens Anda yang mesin kecerdasannya lebih dominan ke arah Feeling. Orang Feeling adalah orang yang perasa, empatik, mudah tersentuh, hangat, senang bergaul, menyukai cerita, dan senang berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, mereka juga menyukai kata bermakna. Oleh karena itu, pesan presentasi yang Anda buat perlu memasukan cerita yang menggugah dan kata yang bermakna.

Pengkayaan Pesan # 5 : Agar Pesan Lebih Mencerahkan

Pengkayaan pesan jenis ini disenangi oleh orang dengan mesin kecerdasan Insting. Orang Insting adalah orang yang responsif, mudah beradaptasi, senang bila dilibatkan, dan senang dengan kasus-kasus yang unik dan menarik. Orang jenis ini dapat dipuaskan dengan hikmah-hikmah kehidupan dan akronim. Dalam memperkaya pesan, Anda dapat menggali hikmah dari kejadian atau aktivitas yang Anda alami atau lakukan. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan segala sesuatu yang sudah popular dan positif untuk menjadi sesuatu yang lebih mencerahkan dan mudah dikenang untuk dibuat singkatannya.

Itulah 5 jenis pengkayaan pesan yang sesuai dengan audiens Anda. Ingat !!! Presentasi yang Anda lakukan adalah untuk kepentingan audiens Anda, bukan untuk kepentingan Anda. Karena itu, susunlah dan sampaikanlah pengkayaan pesan yang dapat memuaskan audiens Anda.

 

 

 

 

 

 

 

2 comments on “5 Jenis Pengkayaan Pesan Presentasi Sesuai Dengan Tipe Audiens
  1. Thanks for sharing superb informations. Your web-site is very cool. I am impressed by the details that you¦ve on this web site. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for extra articles. You, my friend, ROCK! I found just the information I already searched all over the place and just couldn’t come across. What a great web-site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *