“Orang-orang tidak membeli APA yang Anda lakukan. Mereka membeli MENGAPA Anda melakukannya ”.

Jika Anda tidak tahu mantra kecil ini, maka Anda telah melewatkan salah satu TED Talks paling populer sepanjang masa, Simon Sineks … Start with why — how great leaders inspire action”.

Simon Sinek percaya bahwa dia tahu rahasia mengapa beberapa ide berkembang, sementara ide lainnya mati. Dia mengatakan para pemimpin dan komunikator yang kuat mulai dengan mengapa. Simon Sinek dengan “Lingkaran Emas (Golden Circle)” menjelaskan teorinya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Lingkaran Emas menjelaskan mengapa beberapa pemimpin dan organisasi menginspirasi tindakan, sementara yang lainnya tidak. Mengapa beberapa bisnis mencapai sukses besar, sementara yang lainnya tidak. Lingkaran emasnya melihat tiga aspek komunikasi – mengapa kita melakukannya (kepercayaan), bagaimana kita melakukannya (tindakan) dan apa yang kita lakukan (hasil).

Dalam TED Talk Simon Sinek, ia menjelaskan mengapa Apple sebagai tujuan mereka : untuk berpikir secara berbeda, untuk mendorong dan untuk menantang status quo. Bagaimana Apple melakukan ini, cara mereka berbagi tujuan mereka dengan dunia, adalah melalui desain dan rekayasa yang efektif. Terakhir, apa, adalah produk spesifik Apple : iPhone, MacBook Pro, iTunes.

Mengapa ?

Ketika berbicara tentang peyampaian pesan presentasi, saya adalah pendukung filosofi naked presenter dari Garr Reynolds yang mengatakan bahwa penyampaian pesan presentasi yang efektif harus alami, otentik, dan nyata untuk terhubung dengan audiens.

Reynolds mengatakan :

Telanjang (being naked) berarti melepaskan semua yang tidak perlu untuk menjadi inti dari pesan Anda. Naked Presenter melakukan presentasi dengan menyampaikan ide-ide kesederhanaan, kejelasan, kejujuran, integritas, dan semangat. Naked Presenter menghadirkan kesegaran tertentu. Gagasan-gagasannya bisa radikal atau tidak. Tetapi, perlu ada “kebaruan” dan kesegaran untuk pendekatannya dan kontennya.

Memahami filosofi presentasi “telanjang (naked)” memberi kita gagasan yang jelas tentang mengapa menyampaikan pidato dengan cara ini. Karena kita dapat sangat terhubung dengan audiens kita jika kita adalah manusia dan jika kita menunjukkan kemanusiaan itu kepada orang lain. Menjelaskan Mengapa adalah penting ketika mendiskusikan, mengajar, atau belajar lebih banyak tentang penyampaian pesan presentasi yang efektif.

Bagaimana ?

Jauh lebih mudah untuk menjelaskan bagaimana melakukan sesuatu setelah Anda membuktikannya. Lihatlah kembali Lingkaran Emas Sinek. Mulai dari tengah, inti, dan  memberi orang pemahaman yang jelas tentang gambar yang lebih besar sebelum menangani detail spesifik. Sebagian besar anggota audiens hanya akan terhubung dengan sebuah ide begitu mereka tahu mengapa ide itu penting bagi mereka.

Hanya setelah tujuan itu ditetapkan, mereka akan fokus pada pengumpulan lebih banyak informasi tentang bagaimana menjalani tujuan itu dan apa yang harus dilakukan untuk bergerak ke arah yang benar.

Apa ?

Sayangnya, seperti yang disebutkan Simon Sinek dalam TED Talk-nya yang terkenal, banyak orang mulai dengan apa. Banyak bisnis fokus pada apa.

Jika Anda pernah berada di kelas pelatihan public speaking dengan seorang guru yang memberi kuliah tentang definisi pengucapan versus artikulasi, maka Anda mungkin mengalami kebosanan, apatis, jengkel. Seluruh waktu dari guru itu digunakan untuk menjelaskan definisi pengucapan dan artikulasi. Anda sebagai peserta pelatihan tentu akan bertanya-tanya, “Apa gunanya ini ? Mengapa ini penting ?”.

Jadi hanya setelah kita menjelaskan mengapa dan bagaimana, baru kita masuk ke definisi, yaitu : apa.

Ketika Anda berbicara tentang penyampaian pesan presentasi, maka Anda harus menyampaikan mengapa-nya terlebih dahulu, baru kemudian menyampaikan bagaimana-sarana dan metodenya, dan diakhir dengan apa-hasilnya.

Jika Anda tertarik bagaimana Simon Sinek menjelaskan Start with why — how great leaders inspire action, maka Anda dapat melihat video nya pada laman berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=u4ZoJKF_VuA