4 Pertanyaan Yang Perlu Anda Jawab Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat

Seperti halnya proses perencanaan, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk berpikir dan tidak akan menghasilkan banyak materi apapun, jika Anda tidak mempunyai tujuan.

Tetapi, dengan menghabiskan waktu untuk menetapkan tujuan yang jelas akan membuat Anda berada pada jalur yang sesuai saat Anda merencanakan presentasi Anda.

 

Hal tersebut akan memastikan bahwa Anda tidak menghabiskan waktu untuk mengembangkan banyak materi yang tidak akan Anda gunakan.

 

Anda perlu ingat bahwa tool yang Anda gunakan untuk membuat presentasi Anda adalah Presenter Map. Anda menggunakan Presenter Map untuk merencanakan perjalanan yang Anda buat bagi audiens Anda.

 

Perjalanan itu memiliki tujuan khusus, yaitu apa yang Anda inginkan untuk audiens Anda ingat atau lakukan setelah presentasi Anda. Saya menyebut hal itu sebagai pernyataan tujuan Anda.

 

Untuk menentukan pernyataan tujuan Anda, maka Anda perlu berpikir lebih dalam tentang audiens Anda yang dapat membuat mereka terlibat dengan presentasi Anda.

 

Untuk membuat audiens Anda terlibat, maka Anda perlu menentukan keterlibatan mereka. Untuk itu, Anda perlu mengenal istilah Daerah Keterlibatan.

 

Daerah Keterlibatan adalah area di mana minat audiens Anda berhimpitan dengan hal-hal yang akan Anda bicarakan seperti yang terlihat pada Gambar 1.

 

Saat Anda dengan jelas mengidentifikasi Daerah Keterlibatan, audiens Anda akan tertarik dengan presentasi Anda dan mendapatkan nilai yang berharga dari presentasi Anda.

Gambar 1. Daerah Keterlibatan

Jika Anda seorang ahli dalam topik Anda, bisa saja Anda melakukan kesalahan dalam menentukan Daerah Keterlibatan, karena Anda terlalu fokus pada minat Anda.

 

Hal-hal yang sudah diketahui oleh audiens biasanya di luar Daerah Keterlibatan. Jika audiens sudah mengetahui sesuatu, kecil kemungkinannya untuk membuat mereka terlibat.

 

Jadi, sekarang tindakan yang mesti Anda lakukan adalah menentukan dengan tepat hal-hal apa yang membuat topik Anda tumpang tindih dengan minat audiens Anda.

 

Ada empat pertanyaan yang dapat membantu Anda berpikir lebih mendalam tentang audiens Anda untuk membuat mereka terlibat dengan presentasi Anda, yaitu :

 

  1. Dengan cara apa, topik Anda relevan dengan audiens Anda?
  2. Sehubungan dengan topik Anda, apa yang paling diminati audiens Anda?
  3. Apa manfaat audiens Anda dengan mendengarkan Anda?
  4. Apa yang akan ditemukan audiens Anda mengenai sesuatu yang baru, mengejutkan, atau menarik dalam presentasi Anda ?

Jawaban dari empat pertanyaan tersebut, dapat Anda gunakan untuk menentukan Pernyataan Tujuan, Urutan Pertanyaan, dan Pesan Awal Anda.

 

Anda tidak harus menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan tersebut.

 

Saya menyarankan Anda berbicara dengan audiens Anda atau orang-orang yang merupakan perwakilan dari audiens Anda  untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang apa yang mereka ingin ketahui.

 

Jawab sebanyak mungkin pertanyaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *