Cara Mengembangkan Urutan 3 Pertanyaan Dalam Presentasi Anda

Dalam tulisan ini, saya akan memperlihatkan bagaimana mengembangkan lebih banyak pesan dalam presentasi Anda dengan memperluas dan masuk lebih dalam ke kotak yang Anda buat di Urutan Pertanyaan Major Anda.

Prinsip yang akan saya tunjukkan kepada Anda ini dapat diterapkan kepada kotak apa pun dari urutan tiga pertanyaan.

Anda dapat terus mengembangkan kotak sampai Anda telah membahas seluruh topik Anda atau menghabiskan seluruh waktu yang dialokasikan untuk presentasi Anda.

Mengapa saya menyarankan untuk memperluas kotak yang ada ?

Memperluas kotak yang ada memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan Anda dengan lebih detail dan lebih mendalam. Hal tersebut akan memberikan nilai lebih kepada audiens Anda dan presentasi Anda akan memberikan dampak yang lebih besar, lebih berkesan dan lebih mungkin untuk mendapatkan hasil yang audiens Anda cari.

Saat Anda ingin membahas lebih banyak pesan, Anda memiliki dua pilihan. Anda bisa melebar atau mendalam. Dengan melebar, maksudnya adalah menambahkan pesan baru. Sedangkan, mendalam adalah menjelaskan secara lebih detail pesan yang ada.

Kebanyakan presenter mengisi waktu mereka dengan melebar. Mereka hanya menambahkan lebih banyak kotak ke urutan pertanyaan major mereka.

Ada dua masalah dalam pendekatan ini.

Pertama, audiens Anda akan kebanjiran banyak informasi. Kedua, kecil kemungkinannya untuk memberi dampak dan memuaskan bagi audiens Anda.

Jika Anda memiliki waktu tambahan, rekomendasi saya adalah untuk membuat presentasi Anda lebih mendalam. Artinya, perluas satu atau lebih dari kotak Anda yang ada, dengan membuat urutan 3 pertanyaan lain di dalam kotak itu.

Urutan di dalam kotak major disebut urutan pertanyaan minor.

Mari kita lihat kotak mana yang akan diperluas terlebih dahulu. Anda dapat memperluas hanya satu dari tiga kotak Anda, atau ketiganya, tergantung pada seberapa banyak pesan tambahan yang perlu Anda buat.

Namun, kerjakan satu kotak pada satu waktu yang dikaitkan dengan waktu presentasi yang diberikan kepada Anda, sehingga Anda pada akhirnya tidak menciptakan lebih banyak pesan dari pada waktu yang Anda miliki untuk dipresentasikan.

Saat melihat kotak mana yang akan diperluas terlebih dahulu, Anda tergoda untuk fokus pada bidang yang paling Anda minati, terutama terkait dengan penemuan atau penelitian terbaru. Anda harus ingat bahwa Anda harus tetap memenuhi apa yang ingin didengar oleh audiens Anda.

Tetaplah fokus pada informasi yang merupakan kebutuhan audiens Anda yang secara logis dan persuasif terhadap Pesan Utama Anda.

Secara umum, jika Masalah-Solusi-Manfaat adalah urutan pertanyaan major Anda, maka kotak pertama yang perlu diperluas adalah kotak Solusi. Hal itu memungkinkan Anda untuk menjelaskan Solusi Anda secara lebih rinci dan memberikan lebih banyak bukti untuk mendukungnya.

Jika Anda menggunakan urutan pertanyaan major Mengapa-Apa-Bagaimana dan Anda meminta audiens untuk mengambil tindakan, maka perluas pertanyaan Bagaimana. Hal tersebut akan memungkinkan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang Anda minta untuk audiens Anda lakukan.

Saran saya adalah Anda tetap perlu kritis terhadap pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan. Anda perlu bertanya apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut masuk akal untuk diajukan.

Metode untuk membuat urutan pertanyaan minor Anda adalah dengan memasukkan urutan pertanyaan Mengapa-Apa-Bagaimana atau urutan pertanyaan Masalah-Solusi-Manfaat. Metode ini memungkinkan Anda untuk masuk lebih jauh ke bagian tertentu dari topik Anda.

Dalam presentasi pinjaman uang kepada orang yang tidak mampu, misalnya, Anda bisa memperluas kotak kedua, yaitu kotak Apa yang memperkenalkan organisasi Pinjaman.org dengan menambahkan urutan pertanyaan Masalah-Solusi-Manfaat.

Kotak kedua pada presesentasi pinjaman uang kepada orang yang tidak mampu adalah :

P2 : Apa organisasi yang dapat membantu Anda memberikan pinjaman ?
J2 : Pinjaman.org merupakan sebuah organisasi yang dapat membantu Anda meminjamkan uang kepada orang yang tidak mampu.

Dengan menambahkan urutan pertanyaan minor Masalah-Solusi-Manfaat pada kotak kedua tersebut, maka urutan pertanyaan minor dapat berbentuk seperti ini :

P2 : Apa Organisasi yang dapat membantu Anda melakukan pinjaman ?
P21 : Masalah apa yang dipecahkan oleh Pinjaman.org ?
P22 : Solusi apa yang diberikan oleh Pinjaman.org ?
P23 : Manfaat apa menggunakan Pinjaman.org ?

Urutan pertanyaan minor ini memungkinkan Anda untuk menghabiskan waktu Anda dengan lebih merinci dari pada hanya memberikan lebih banyak informasi yang sifatnya dangkal.

Seperti yang Anda lihat, menambahkan urutan pertanyaan minor memungkinkan Anda masuk lebih detail dimana pun Anda merasa itu penting untuk dijelaskan secara lebih detail.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *