3 Komponen Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Mengawali Pesan

 

Mengawali Pesan adalah hal yang perlu Anda lakukan dalam mempersiapkan presentasi Anda. Mengawali Pesan memiliki dua tujuan.

Yang pertama adalah menempatkan audiens Anda ke dalam suatu kerangka berpikir. Ketika mereka berada dalam suatu kerangka berpikir, mereka akan melepaskan gangguan mental, dan mereka akan menantikan presentasi Anda.

Tujuan kedua adalah menciptakan kesan pertama yang positif.

Anda melakukan penyusunan untuk Mengawali Pesan adalah untuk menunjukkan bahwa Anda telah siap dan terorganisir untuk memberikan presentasi, dan telah memikirkan kebutuhan audiens Anda.

Dalam Mengawali Pesan, Anda dapat menggunakan tiga komponen, yaitu : Konteks, Relevansi dan Kredibilitas. Tiga komponen tersebut berguna untuk membuat Anda terlihat kompeten dan kredibel.

Komponen Konteks, Relevansi, Kredibilitas ini akan melibatkan audiens Anda dan membuat mereka ingin mendengar lebih banyak dari presentasi Anda.

Dalam komponen Konteks, Relevansi, Kredibilitas ada tiga pertanyaan yang terkait, yaitu :

Konteks : Apa yang akan Anda bicarakan ?
Relevansi : Mengapa pembicaraan ini menarik bagi saya ? Pertanyaan ini dilihat dari sisi audiens Anda.
Kredibilitas : Mengapa Anda layak untuk membicarakan hal ini ?

Jika Anda menjawab ketiga pertanyaan ini dengan jelas dan ringkas, maka audiens Anda akan siap dan ingin mendengarkan presentasi Anda.

Untuk menjawab dua pertanyaan yang terkait dengan Konteks dan Relevansi, Anda dapat melihat kembali posting dengan judul Empat Pertanyaan Yang Perlu Anda Jawab Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat. Keempat pertanyaan tersebut adalah:

  1. Dengan cara apa, topik Anda relevan dengan audiens Anda?
  2. Sehubungan dengan topik Anda, apa yang paling diminati oleh audiens Anda?
  3. Apa manfaat audiens Anda dengan mendengarkan Anda?
  4. Apa yang akan ditemukan audiens Anda mengenai sesuatu yang baru, mengejutkan, atau menarik dalam presentasi Anda ?

Anda perlu merangkum jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam satu atau dua kalimat untuk disampaikan kepada audiens Anda. Dari jawaban pertanyaan tersebut, kemudian Anda kaitkan dengan jawaban pertanyaan yang berhubungan dengan Konteks dan Relevansi.

Mari kita bahas satu per satu.

Komponen pertama adalah Konteks. Pertanyaannya di sini adalah “Apa yang akan Anda bicarakan?”. Anda dapat menjawab dengan gambaran besar atau ruang lingkup dari apa yang akan Anda bicarakan.

Penjelasan mengenai Konteks ini memungkinkan audiens Anda untuk fokus pada area topik presentasi Anda dan siap untuk menerima informasi yang lebih detail mengenai apa yang akan Anda sampaikan nanti.

Dalam presentasi pinjaman uang kepada orang yang tidak mampu, Anda dapat mengatakan, “Saya akan berbicara tentang alternatif untuk memberikan uang kepada orang yang tidak mampu di Indonesia. Dan alternatif itu adalah meminjamkan uang kepada orang yang tidak mampu. ”

Berhati-hatilah untuk tidak mengatakan Pesan Utama Anda pada bagian Mengawali Pesan ini. Anda hanya memberikan beberapa konteks, sehingga ketika Anda menyampaikan Pesan Utama Anda, audiens Anda dapat langsung memahaminya.

Komponen kedua adalah Relevansi. Disinilah Anda akan menunjukkan bagaimana presentasi Anda relevan bagi audiens Anda dengan menjawab pertanyaan mereka, “Mengapa ini menarik bagi saya?”

Dalam presentasi pinjaman uang kepada orang yang tidak mampu, Anda dapat mengatakan “Saya menyampaikan hal ini kepada Anda, karena Anda dapat membuat perbedaan yang sangat berarti bagi kehidupan seseorang”.

Komponen terakhir adalah Kredibilitas. Disinilah Anda menjawab pertanyaan “Mengapa Anda yang layak membicarakan hal ini?” Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda membangun kredibilitas Anda untuk memberikan presentasi.

Beri tahu audiens Anda apa yang membuat Anda menjadi orang yang tepat untuk berbicara tentang topik ini.

Dalam membangun kredibilitas Anda, maka Anda dapat menggunakan latar belakang pendidikan, pengetahuan, keterampilan, pengalaman, atau rekam jejak yang Anda miliki.

Dalam presentasi pinjaman uang kepada orang yang tidak mampu, Anda dapat membangun kredibilitas dengan mengatakan “Saya telah meminjamkan uang kepada orang yang tidak mampu selama 10 tahun terakhir dan saya telah melihat perbedaan yang sangat mencolok bagi kehidupan seseorang.” Disini Anda menggunakan pengalaman yang Anda telah miliki selama 10 tahun dalam memberikan pinjaman kepada orang yang tidak mampu untuk membangun kredibilitas Anda.

Dengan mengikuti formula ini, Anda dapat menghasilkan pembukaan presentasi yang jauh lebih pendek dari pada yang biasa Anda gunakan atau dengar. Jika Anda menghabiskan waktu terlalu lama untuk Mengawali Pesan, maka audiens Anda akan bosan.

 

 

This entry was posted in .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *