5 Struktur Pesan Komunikasi Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Percakapan Sehari-Hari

Terlepas apakah Anda berada dalam lingkungan profesional atau di rumah, Anda selalu diharuskan untuk berbicara, berbagi informasi, menjawab pertanyaan, mempengaruhi orang lain, atau menjual ide-ide Anda. Ini bukan hanya tentang pidato publik yang panjang. Ini tentang komunikasi atau dialog yang perlu Anda lakukan.

Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda, maka Anda memerlukan beberapa alat agar Anda memiliki keterampilan yang Anda butuhkan untuk mengkomunikasikan ide-ide Anda.

Jadi bagaimana Anda mengatur komunikasi Anda dengan cara yang mudah diikuti ? Aturan umumnya adalah tetap pada dasar-dasar yang memiliki pendahuluan, isi dan akhir yang jelas. Kemudian, Anda dapat mengikuti salah satu pola struktur komunikasi yang dijelaskan di bawah ini.

Katakanlah Anda ditanya pertanyaan ini : “Apakah Anda ingin daging ayam atau sapi untuk makan siang hari ini?”

Untuk merespons pertanyaan tersebut, maka ada 5 struktur pesan komunikasi yang dapat Anda gunakan.

Mari kita bahas satu per satu.

Struktur # 1 Pesan Komunikasi : Position – Reason – Example – Point

Apakah Anda punya ide bagus dan Anda ingin meyakinkan orang lain untuk menerimanya? Pola ini dapat membantu Anda. Cukup jelaskan posisi Anda, alasan mengapa Anda memegangnya, berikan contoh untuk membangun kredibilitas dan akhiri dengan mengulangi poin kunci Anda.

Contoh : [Position] Daging ayam jauh lebih baik dari pada daging sapi. [Reason] Mudah dikunyah dan mudah dicerna. [Example] Ingat saja minggu lalu ketika kami mendapat daging ayam dengan nasi dan semua orang menyukainya. [Point] Ayo beli daging ayam hari ini juga.

Struktur # 2 Pesan Komunikasi : Arresting Introduction – Interest – Desire – Action

Apakah Anda ingin memicu aksi? Ini mungkin derai yang baik untuk digunakan. Raih perhatian audiens dengan gambar yang kuat, bangun minat, fokus pada keinginan audiens dan akhiri dengan ajakan bertindak.

Contoh : [Arresting Introduction] Daging ayam menguasai Dunia ! Apakah Anda tahu bahwa itu adalah daging yang paling populer ? [Interest] Setiap hari ada jutaan ayam yang dimakan di 200 negara dan semua orang menyukainya. [Desire] Bayangkan saja rasa ayam panggang yang enak yang dimakan dengan nasi. Itu dapat mengundang selera Anda untuk mendapatkan sepotong ayama panggang. [Action] Jadi, ayo pergi dan beli daging ayam sekarang.

Struktur # 3 Pesan Komunikasi : Story – Message – Gain

Ini adalah pola yang baik untuk digunakan ketika membimbing orang lain. Anda dapat memilih cerita dari masa lalu Anda yang membawa pesan yang ingin Anda sampaikan dan diakhiri dengan poin yang ingin Anda buat.

Contoh : [Story] Ingat minggu lalu ketika kami pergi makan siang dan mendapatkan daging ayam dengan nasi ? Kami juga memikirkan apa yang akan didapat dan pada akhirnya memutuskan bahwa daging ayam adalah pilihan yang tepat. [Message] Itu adalah makanan yang enak dan bahkan kami semua sepakat bahwa ayam adalah hewan favorit kami terutama saat dimasak. [Gain] Kami semua menikmatinya, jadi mari kita lakukan lagi.

Struktur # 4 Pesan Komunikasi : Past – Present – Future

Pola ini dapat digunakan dengan baik saat membuat visi untuk audiens Anda. Anda bisa mulai dengan deskripsi tentang apa yang terjadi, di mana kita hari ini dan apa yang akan terjadi di masa depan.

Contoh : [Past] Sejak saya masih kecil saya menikmati daging ayam. Daging ayam adalah makanan favorit saya dan saya selalu menantikannya. [Present] Bahkan hari ini ketika saya berpikir tentang makan siang yang ringan, hal pertama yang terlintas dalam pikiran saya adalah daging ayam dengan nasi. [Future] Saya bisa melihat bahwa tidak akan ada yang lebih baik, bahkan di masa depan jadi mari kita dapatkan daging ayam.

Struktur # 5 Pesan Komunikasi : Advantage – Disadvantage

Anda dapat menggunakan pola ini ketika Anda ingin membujuk seseorang untuk memilih salah satu dari beberapa opsi.

Contoh : [Advantage] Mari kita lihat pro dan kontra. Ayam mudah berkembang biak, enak, mudah dicerna, dan koki di restoran benar-benar tahu cara mengelohnya menjadi makanan. [Disadvantage] Kerugiannya adalah kami memiliki ayam minggu lalu yang kurang bersih, tapi jujur, siapa yang peduli, kelebihannya melebihi kerugiannya. Ayo beli ayam saja.

Saya akan menyarankan Anda berlatih untuk menggunakan struktur pesan di atas dalam komunikasi sehari-hari Anda. Dan, struktur pesan itu bukan hanya untuk komunikasi lisan Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakannya ketika Anda menulis email atau menyiapkan presentasi power point.

 

One comment on “5 Struktur Pesan Komunikasi Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Percakapan Sehari-Hari
  1. Thanx for the effort, keep up the good work Great work, I am going to start a small Blog Engine course work using your site I hope you enjoy blogging with the popular BlogEngine.net.Thethoughts you express are really awesome. Hope you will right some more posts.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *