Blog Analisis Kebijakan + Manajemen Inovasi + Pengembangan Diri + Presentasi
Search
Close this search box.

3 Teknik Optimasi Gambar Untuk Menghidupkan Slide Anda Dengan Shape

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghadirkan konsep kesederhanaan dalam slide  adalah dengan memunculkan white space (ruang kosong) di dalamnya. Ruang tersebut dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk mengekspresikan kalimat dan gambar untuk menampilkan pesan.

Keberadaan white space menjadikan tampilan gambar menjadi lebih enak untuk dinikmati, semakin terlihat elegan desainnya dan semakin mudah dipahami pesan visualnya.

Penerapan white space menjadikan seluruh ruangan dari slide presentasi tidak dipenuhi oleh elemen-elemen yang tidak memberikan makna. Dengan begitu, slide presentasi Anda tidak menjadi penuh baik dengan tulisan maupun gambar.

Ketika Anda menggunakan gambar untuk merancang slide Anda, apakah Anda mengalami kesulitan dalam menempatkan teks atau pesan di dalam slide Anda ?

Mungkin Anda pernah mengalaminya.

Ada kalanya gambar yang Anda gunakan untuk merancang slide tidak memungkinkan Anda untuk menempatkan teks untuk menyampaikan pesan. Jika Anda menempatkan teks pada slide tersebut, maka teks tersebut tidak dapat terbaca dengan jelas oleh audiens Anda nantinya.

Apa yang dapat Anda lakukan ketika Anda mengalami permasalahan tersebut dalam merancang slide ?

Ada tiga teknik optimasi gambar yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Teknik Optimasi Gambar # 1 : Menggunakan Shape Warna Solid

Anda dapat menggeser gambarnya ke kiri atau ke kanan slide. Lalu, hidupkan tampilan slide dengan bantuan shape. Ada beragam bentuk shape yang dapat Anda gunakan, yaitu bentuk kotak, lingkaran dan cloud. Dan, Anda dapat menggunakan warna solid untuk mewarnai shape-nya.

Untuk melakukan optimasi gambar dengan shape berbentuk kotak, lingkaran dan cloud, Anda dapat menggunakan menu format dalam aplikasi power point, kemudian Anda pilih shape yang berbentuk kotak, lingkaran atau cloud. Lalu, Anda pilih warna shape-nya. Terus Anda tulis teks yang Anda inginkan beserta pilihan warna teks nya yang kontras dengan warna shape nya.

Secara berturut-turut Anda dapat melihat contoh slide hasil optimasi gambar yang menggunakan shape berbentuk kotak, lingkaran dan cloud dengan warna yang solid.

Teknik Optimasi Gambar # 2 : Menggunakan Shape Warna Transparan

Selain menggunakan shape berwarna solid, Anda dapat juga menggunakan shape yang diatur transparansi warnanya ketika Anda ingin membuat tampilan slide menjadi lebih berkelas.

Untuk melakukan optimasi gambar dengan shape warna transparan, Anda dapat menggunakan menu format dalam aplikasi power point, kemudian Anda pilih shape yang berbentuk kotak. Lalu, Anda pilih warna shape-nya. Selanjutnya, dari shape yang telah Anda beri warna, Anda dapat menggunakan fitur format shape untuk masuk ke fitur solid fill untuk kemudian Anda atur transparansi warnanya. Terus Anda tulis teks yang Anda inginkan beserta pilihan warna teks nya yang kontras dengan warna shape nya.

Contohnya Anda dapat lihat pada slide di bawah ini.

Shape dengan warna transparan pada slide di atas digunakan untuk memunculkan tiga poin yang menjadi pokok bahasan dari slide-nya. Anda jangan lupa bahwa warna dari ketiga shape nya perlu tetap selaras dengan tema warna yang sudah dipilih pada slide sebelumnya.

Teknik Optimasi Gambar # 3 : Menggunakan Shape Warna Bergradasi

Jika Anda enggan menggunakan shape dengan warna solid atau transparan, maka ada teknik ketiga yang dapat Anda gunakan. Teknik ini menjadikan gambar dengan shape yang warna gradasinya seolah-olah akan menjadi satu kesatuan. Tidak terlihat batas warna dan shape-nya.

Untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan menu format dalam aplikasi power point untuk melakukan optimasi gambar dengan shape warna bergradasi. Anda pilih shape yang berbentuk kotak. Lalu, Anda pilih warna shape-nya. Selanjutnya, dari shape yang telah Anda beri warna, Anda dapat menggunakan fitur format shape untuk masuk ke fitur gradient fill untuk memberikan ukuran warna transparannya. Terus Anda tulis teks yang Anda inginkan beserta pilihan warna teks nya yang kontras dengan warna shape nya.

Contoh hasil optimasi gambarnya dapat Anda lihat pada slide di bawah ini.

Teknik ini menunjukkan bahwa tidak ada gambar yang tidak bisa digunakan. Apapun gambarnya, serumit apa pun gambarnya, dalam artian sulit untuk meletakkan teksnya agar mudah terbaca, akan tetap dapat digunakan dengan menggunakan teknik shape warna bergradasi.

Demikianlah, 3 teknik optimasi gambar untuk menghidupkan slide Anda dengan shape. Pertama, menggunakan shape warna solid. Kedua, menggunakan shape warna transparan. Ketiga, menggunakan shape warna bergradasi.

Jika Anda menilai tulisan ini bermanfaat, maka sebarkanlah tulisan ini kepada rekan-rekan Anda yang lain, agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top