Apakah Anda kesulitan membuat slide presentasi yang menarik ?

Jika iya, maka postingan blog ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

Menyiapkan slide presentasi yang menarik sangatlah perlu Anda lakukan ketika Anda hendak melakukan presentasi baik untuk lingkungan kampus maupun kantor. Slide presentasi yang Anda buat bukan hanya sekadar menggugurkan kewajiban Anda bahwa Anda telah membuat slide presentasi untuk mendukung pesan yang ingin Anda sampaikan, akan tetapi Anda juga mesti membuat slide presentasi yang menarik.

Slide presentasi yang menarik merupakan slide presentasi yang indah dan tampilannya harmonis yang terlihat dari elemen desainnya seperti layout, gambar, icon, shape, garis, kombinasi font, dan tema warna.

Jika Anda menampilkan slide presentasi yang menarik yang menghadirkan keindahan, maka slide presentasi Anda akan memunculkan kegembiraan bagi audiens Anda. Kegembiraan tersebut menjadi pemantik dalam mengubah perilaku audiens Anda (Andy Sukma Lubis, 2019).

Dengan kegembiraan yang ada pada audiens Anda, maka audiens Anda dengan mudah tergerak untuk mengikuti apa yang Anda sampaikan. Sehingga, audiens Anda bisa menerima materi pembelajaran, ide bisnis atau program pembangunan yang Anda utarakan.

Sebenarnya membuat slide presentasi yang menarik tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan elemen desain yang disediakan oleh Microsoft Power Point, yaitu shape hexagon. Asalkan Anda sudah memiliki pesan presentasi dan gambar yang relevan dengan pesan presentasinya, maka Anda dapat mengoptimalkan gambar tersebut dimana gambarnya Anda masukan ke dalam shape hexagon dengan menggunakan teknik kreatif tertentu, yaitu teknik creative merge shape.

Untuk menghasilkan slide presentasi yang menarik dengan menggunakan shape hexagon, maka Anda perlu menghasilkan bentuk yang unik. Untuk itu, Anda dapat mengkombinasi beberapa shape hexagon. Contohnya bisa Anda lihat seperti gambar di bawah ini.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Anda perlu menyiapkan gambar yang relevan dengan pesan yang hendak Anda sampaikan. Kemudian, Anda buat bentuk shape hexagonnya dengan mengkombinasikan tujuh shape hexagon seperti gambar di atas. Lalu, Anda satukan tujuh shape hexagon tersebut dengan menggunakan fitur UNION yang ada di fitur MERGE SHAPE. Selanjutnya untuk memasukan gambar yang telah Anda miliki ke dalam tujuh shape hexagon yang telah menjadi satu shape, maka Anda dapat menggunakan fitur INTERSECT yang ada di fitur MERGE SHAPE. Untuk mempercantik tampilan slide presentasi Anda, maka Anda dapat menambahkan satu shape hexagon lagi yang Anda beri warna hijau yang Anda sesuaikan dengan tema warna yang telah Anda pilih.

Selain bentuk shape hexagon di atas, maka Anda dapat mengkreasikan bentuk shape hexagon unik lainnya. Anda dapat membuatnya dari banyak shape hexagon yang berbeda-beda ukurannya seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah, dengan menggunakan shape hexagon yang Anda bentuk menjadi bentuk yang unik, maka Anda dapat membuat slide presentasi yang menarik, apakah itu untuk kebutuhan lingkungan kampus ataupun kantor.

Caranya membuatnya sangatlah mudah. Asalkan Anda sudah mempunyai pesan presentasinya dan gambar yang relevan dengan pesan presentasi tersebut, maka menyiapkan desain slide presentasi baik untuk lingkungan kampus maupun kantor bukanlah sesuatu hal yang sulit. Anda tinggal memasukkan gambarnya ke dalam shape hexagon yang bentuknya unik dengan menggunakan teknik creative merge shape. Setelah itu, Anda memasukkan pesan presentasinya ke dalam slide Anda.

Anda bisa mengoptimalkan gambar yang Anda miliki dengan menggunakan shape bawaan Microsoft Power Point seperti shape hexagon, tanpa perlu menggunakan template power point. Dengan membuat slide presentasi sendiri, maka Anda dapat menghasilkan slide presentasi yang menarik dan unik yang berbeda dengan kebanyakan desain slide presentasi orang lain.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini.