Dari tulisan minggu yang lalu dijelaskan bahwa jejaring sosial informal sangat bermanfaat untuk membantu dalam memasarkan ide Anda. Untuk sampai kepada orang yang Anda tuju, maka Anda memerlukan batu pijakan melalui orang-orang tertentu dalam jejaring sosial informal.

(Sell, G. Richard dan Moussa, Mario, 2007) menyebutkan bahwa para ahli jejaring sosial telah menemukan bahwa ada empat jenis aktor yang berbeda dalam jejaring sosial informal.

Aktor Jejaring Informal # 1 : Pembuat Batas

Pembuat batas adalah orang-orang seperti Cole yang mempunyai hubungan dengan anggota sub kelompok yang berbeda dalam sebuah organisasi atau yang menjembatani organisasi Anda dengan kelompok luar. Bila Anda perhatikan dengan cermat, Anda akan melihat bahwa Cole memiliki hubungan informal dengan setidaknya satu orang dalam setiap sub kelompok.

Pembuat batas bisa membantu Anda memahami perspektif fungsi tertentu di luar bidang Anda, membantu Anda mendapatkan akses kepada orang-orang di bagian lain organisasi Anda dan memberikan Anda saran mengenai strategi penjualan ide Anda dengan membantu memetakan sistem hubungan informal yang mereka kenal.

Aktor Jejaring Informal # 2 : Penghubung

Selain menjadi seorang Pembuat Batas, Cole juga seorang Penghubung. Cole adalah seseorang yang mempunyai hubungan luas di dalam kelompoknya sendiri. Dia terikat dengan Cohen, Kelly, Hughes, dan Hussain dalam unitnya.

Jika Pembuat Batas adalah orang-orang yang membantu menjembatani hubungan antar kelompok, maka Penghubung adalah mereka yang mempunyai ikatan yang luas dalam unit mereka sendiri dan bisa memanfaatkan ikatan tersebut untuk membantu Anda bergerak di dalam kelompok tersebut.

Aktor Jejaring Informal # 3 : Pemain Pinggir

Pemain pinggir adalah orang yang berada di tepi sebuah jejaring sosial informal. Jones adalah contoh orang Pemain Pinggir yang tidak terlalu terhubung seperti Pembuat Batas atau Penghubung.

Pemain Pinggir ini kadang-kadang sengaja mengisolasi diri. Pemain Pinggir ini bisa jadi adalah spesialis yang dapat memberikan bimbingan singkat tentang aspek teknis ide Anda ketika Anda membutuhkannya. Mereka ini tidak tertarik dengan politik organisasi.

Peran mereka dalam organisasi mungkin mengharuskan mereka terisolasi agar dapat menjaga jarak atau perspektif tertentu mengenai organisasi. Kadang-kadang, pengacara atau akuntan dalam organisasi diminta untuk menjelankan peran ini demi alasan tersebut.

Aktor Jejaring Informal # 4 : Sub Kelompok

Kelompok terakhir dari pemain jejaring sosial informal adalah Sub Kelompok. Contoh Sub Kelompok ini seperti kelompok inventory yang terdiri dari Riley, O’Brian, Shapiro dan Paine.

Sub Kelompok bisa dibentuk berdasarkan fungsi, peran, hirarki, gender atau beberapa faktor lainnya. Sub Kelompok ini dapat mewakili pemilih politik yang berpengaruh bagi Anda jika ide Anda berdampak pada mereka. Mereka bisa mendukung atau menentang ide atau rencana baru Anda sebagai sebuah blok.

Demikianlah, empat pemain utama dalam jejaring sosial informal yang dapat Anda gunakan untuk menjual ide Anda. Empat pemain utama tersebut perlu Anda petakan untuk membantu penjualan ide Anda.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.