Blog Analisis Kebijakan + Manajemen Inovasi + Pengembangan Diri + Presentasi
Search
Close this search box.

Memanfaatkan Hirarki Organisasi Formal dan Jejaring Sosial Informal Untuk Menjual Ide Anda

Setelah Anda mempunyai ide untuk dijual, maka Anda perlu mempelajari keadaan di hadapan Anda. Anda perlu memetakan jalan yang akan mengantarkan Anda pada orang-orang yang akan mengubah ide Anda menjadi kenyataan.

Jika Anda dalam sebuah organisasi, maka Anda perlu memetakan orang-orang yang berada di dalam hirarki organisasi dan jejaring sosial informal. Untuk memetakan hal tersebut, maka buku yang ditulis oleh Rob Cross dan Andrew Parker tentang The Hidden Power of Social Network : Understanding How Work Really Gets Done in Organization dapat memberikan tambahan informasi mengenai hal tersebut.

Cross dan Parker melakukan analisis terhadap sebuah proses perusahaan minyak besar dan menciptakan peta mengenai perbedaan hirarki organisasi formal dan jejaring sosial informal seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Perhatikan diagram hirarki organisasi formal pada gambar 1 di atas. Bayangkan diri Anda di posisi Cohen yang berada pada grup A dari divisi produksi. Misalnya, Anda ingin menjual ide kepada Wakil Presiden perusahaan yang bernama Jones.

Jalur yang sudah pasti menurut hubungan pelaporan formal seharusnya adalah Anda menjual ide Anda kepada bos Anda yang bernama Williams, lalu meminta Williams agar membantu Anda untuk menjual ide Anda kepada bosnya, Jones. Cara itu mungkin berhasil. Tetapi akan lebih baik jika Anda juga memanfaatkan jejaring sosial informal seperti yang dijelaskan pada Gambar 2.

Diagram jejaring sosial informal seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 yang menunjukkan hubungan informal antar manusia dan bukan hirarki formal memperlihatkan bahwa karyawan yang bernama Cole yang berada pada grup A mempunyai hubungan jejaring sosial informal yang lebih kuat dengan Williams dan Jones dari pada Anda yang dalam hal ini berperan sebagai Cohen. Karena koneksi Cole begitu baik, maka Anda sebaiknya memasukkan Cole sebagai pendukung untuk memberikan penjelasan mengenai ide Anda kepada orang lainnya.

Hal tersebut memunculkan pertanyaan mengenai strategi. Haruskah Anda mengikuti rute jejaring sosial informal yang terpendek dan meminta Cole untuk membawa ide Anda langsung kepada bos besar, Jones ?

Jawabannya, mungkin tidak. Hubungan pelaporan formal sangat penting dalam hirarki organisasi formal. Jika Anda meminta Cole untuk membawa ide Anda kepada Jones, bisa jadi Williams tersinggung dengan usaha Anda yang melangkahi dia menghadap Jones tanpa berkonsultasi dengan dia lebih dahulu.

Dengan menyeimbangkan pertimbangan yang dimunculkan oleh diagram hirarki organisasi formal dan jejaring sosial informal, maka Anda bisa memetakan strategi untuk menjual ide Anda sebagai berikut :

  1. Memasukkan Cole sebagai pendukung.
  2. Meminta Cole mendekati Andrew untuk menjadi bagian dari aliansi Anda.
  3. Mintalah waktu untuk bertemu dengan bos Anda, Williams dengan mengajak Cole dan Andrew yang mendukung ide Anda.
  4. Mintalah Williams untuk menyampaikan pendapat bersama Anda kepada Jones dengan cara yang dianggap baik oleh Williams.

Sebagai investasi di masa depan, mungkin Anda juga ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat ikatan sosial dengan Williams dan Jones. Untuk itu, maka Anda dapat memberikan saran kepada Jones agar ia lebih banyak meluangkan waktu untuk mengenal karyawan di tingkat pribadi.

Demikianlah, gagasan bagaimana memanfaatkan hirarki organisasi formal dan jejaring sosial informal untuk memasarkan ide Anda. Dengan gagasan tersebut, maka Anda bisa menerapkan untuk penjualan ide di organisasi tempat Anda bekerja.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

14 thoughts on “Memanfaatkan Hirarki Organisasi Formal dan Jejaring Sosial Informal Untuk Menjual Ide Anda”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top