Tujuh Tujuan Pertemuan Untuk Penjualan Ide Anda

Proses menentukan siapa yang akan dibujuk dalam penjualan ide menuntut Anda harus memengaruhi orang yang berbeda untuk melakukan hal tertentu. Jadi, Anda harus menentukan tujuan spesifik yang berbeda pada saat Anda beralih dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya.

(Sell, G. Richard dan Moussa, Mario, 2007) menyebutkan bahwa orang dengan aspirasi tertentu yang tinggi cenderung meraih lebih dari pada orang yang memiliki tujuan yang tidak jelas. Dan orang-orang yang berkomitmen pada tujuan mereka dengan menuliskannya lalu membahasnya dengan orang lain memiliki kecenderungan untuk meraih lebih dari mereka yang menyimpan tujuan mereka untuk diri sendiri. Kebiasan ini sangat baik bagi Anda dalam memasarkan ide Anda.

Awalnya mungkin Anda sekadar memperkenalkan ide Anda dan meminta orang yang berpengaruh untuk mempertimbangkannya. Setelah itu, Anda mungkin mencari masukan untuk membantu membentuk ide Anda menjadi produk yang utuh. Akhirnya, Anda bisa meminta bentuk kerjasama tertentu sementara Anda terus berusaha melalui jejaring sosial Anda untuk bertemu dengan pengambil keputusan terakhir.

Masing-masing pemain jejaring sosial Anda mungkin memberikan kesempatan untuk mempercepat pencapaian tujuan-tujuan tertentu. Jika Anda mempunyai tujuan untuk menyebarkan ide Anda, maka Anda bisa berhubungan dengan Pembuat Batas dan Pemain Pinggir. Sementara itu, untuk tujuan dukungan terhadap ide Anda, maka Anda bisa mencari Penghubung dan untuk tujuan pembentukan koalisi, maka Anda perlu berhubungan dengan Sub Kelompok. Pada akhirnya, Anda akan meminta persetujuan dan tindakan dari pengambil keputusan.

Untuk membantu Anda berpikir lebih strategis mengenai apa yang Anda inginkan dari setiap pertemuan, maka ada tujuh tujuan pertemuan dalam penjualan ide.

Tujuan # 1 : Brainstorming dan Pengembangan Ide

Tujuan pertemuan ini adalah Anda ingin seseorang membantu Anda untuk memikirkan ide yang Anda ingin jual. Tujuan pertemuan ini perlu Anda lakukan untuk mengumpulkan gagasan. Cara ini bisa digunakan untuk mencari ide agar mendapatkan solusi dari sebuah permasalahan tertentu. Metode ini dilakukan untuk menemukan ide berdasarkan spontanitas dan kreativitas. Seluruh ide yang terkumpul perlu Anda susun menjadi sebuah solusi. 

Tujuan # 2 : Fasilitatif

Tujuan pertemuan ini Anda lakukan agar orang yang Anda temui dapat membantu Anda memetakan proses siapa yang perlu Anda bujuk untuk menjual ide Anda atau mendapatkan akses kepada seseorang yang menjadi batu pijakan dalam peta penjualan ide Anda. Keberhasilan untuk mencapai tujuan ini bisa jadi memerlukan izin untuk menggunakan nama seseorang guna mendekati orang lain yang tidak Anda kenal.

Tujuan # 3 : Sikap

Tujuan pertemuan ini adalah Anda secara aktif melakukan persuasi untuk mengubah pendapat orang lain tentang ide Anda dengan cara yang positif. Sikap adalah sebuah sudut pandang atau kecenderungan terhadap sebuah ide, masalah atau tindakan. Semakin kuat Anda menanamkan ide Anda ke dalam sikap yang positif yang dijunjung oleh rekan Anda, semakin baik.

Tujuan # 4 : Otorisasi

Jika Anda menginginkan persetujuan atas sumber daya yang diperlukan guna memajukan ide Anda ke tahap selanjutnya, maka pertemuan yang Anda lakukan dikenal dengan nama tujuan otorisasi. Tindakan yang dilakukan dalam pertemuan ini lebih sulit dan biasanya memerlukan seseorang yang menguasai sumber daya untuk mendukung ide Anda.

Tujuan # 5 : Dukungan

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mencari pendukung bagi ide Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mendapat dukungan secara pribadi, umum maupun keduanya. Dalam pertemuan ini Anda perlu meyakinkan orang lain tentang nilai dan manfaat dari ide yang Anda ajukan.

Tujuan # 6 : Keputusan

Tujuan pertemuan ini adalah Anda menginginkan persetujuan bagi ide Anda dari seseorang atau komisi yang bertugas mengambil keputusan. Hal ini biasanya memerlukan sikap positif sekaligus dukungan.

Tujuan # 7 : Implementasi dan Tindakan

Tujuan pertemuan ini adalah Anda ingin mengubah sebuah persetujuan menjadi bentuk tindakan tertentu yang melibatkan langkah-langkah nyata berdasarkan sebuah program. Tujuan ini membutuhkan komitmen sumber daya. Perlu diingat bahwa pada saat implementasi, ada kemungkinan Anda diminta menjual ide Anda sekali lagi kepada orang yang akan melaksanakannya.

Demikianlah, tujuh jenis pertemuan untuk penjualan ide Anda. Proses menentukan siapa yang akan diyakinkan dalam memasarkan ide Anda memerlukan Anda memengaruhi individu yang beragam agar mereka melaksanakan tindakan yang berbeda. Dengan demikian, Anda perlu menentukan salah satu atau beberapa tujuan dari tujuh jenis pertemuan yang ingin Anda lakukan untuk menawarkan ide Anda.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

 

 

 

32 comments on “Tujuh Tujuan Pertemuan Untuk Penjualan Ide Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *