Jika potensi rintangan pertama dalam penjualan ide Anda adalah hubungan yang negatif antara Anda dengan orang yang ingin Anda temui, maka potensi rintangan kedua adalah soal kredibilitas. Kedua rintangan tersebut berkaitan dengan bagaimana orang memandang Anda secara pribadi.

Terkait dengan kredibilitas ini, maka Anda perlu memikirkan apakah orang lain akan memandang Anda kredibel untuk ide Anda sendiri. Apakah mereka menganggap Anda kompeten ? Apakah Anda memiliki keahlian tertentu ? Dan, apakah Anda dapat dipercaya ?

(Sell, G. Richard dan Moussa, Mario, 2007) di lain pihak menyebutkan bahwa hubungan bisa memberikan Anda lebih banyak dari pada sekadar komunikasi dan akses. Hubungan juga bisa menjadi sumber kredibilitas. Dengan mengasosiasikan diri Anda dengan orang dan lembaga yang dikenal dan dihormati oleh pendengar Anda, maka mereka akan tergerak untuk mendengarkan apa yang akan Anda sampaikan.

Namun, kredibilitas yang diperoleh karena mengasosiasikan diri seperti itu hanya dapat membawa Anda sejauh itu. Pada akhirnya, kredibilitas terutama yang diperoleh dari pendapat pendengar Anda tentang tindakan dan reputasi Anda sendiri itulah yang sangat penting.

Para ahli setuju bahwa kredibilitas muncul dari persepsi pendengar terhadap tiga hal utama.

Pertama, kompetensi. Satu cara yang biasa yang digunakan untuk membangun kredibilitas dalam pekerjaan adalah memperlihatkan catatan prestasi yang sudah terbukti untuk tanggung jawab di wilayah ide Anda. Jika pendengar Anda tahu bahwa Anda orang yang berprestasi, maka segala bentuk hambatan hilang.

Kedua, keahlian. Keahlian hampir sama dengan kompetensi. Ketika Anda meminta seseorang agar mempercayai fakta-fakta yang Anda miliki atas suatu masalah teknis, maka kredibilitas Anda terletak pada apakah Anda dianggap sebagai seorang ahli atau sebagai seseorang yang benar-benar sudah mengerjakan pekerjaan rumahnya. Orang akan memberikan Anda kredibilitas berdasarkan kompetensi apabila menurut mereka Anda sudah menyelesaikan sesuatu yang berharga. Dan, mereka akan memberikan Anda kredibilitas berdasarkan keahlian jika menurut mereka Anda memiliki pengetahuan dalam bidang tertentu.

Ketiga, kepercayaan. Stephen Covey mengatakan bahwa kepercayaan adalah satu hal yang mengubah segalanya. Dengan kepercayaan, hampir semua kesulitan bisnis bisa teratasi. Tanpa kepercayaan, Anda akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan segala sesuatu yang penting. Untuk membangun kepercayaan, maka Anda perlu satu kata antara perkataan dan perbuatan. Dengan kata lain, Anda harus mempunyai integritas.

Demikianlah, potensi rintang kedua yang perlu Anda perhatikan dalam menjual ide Anda, yaitu : kredibilitas. Untuk membangun kredibilitas Anda, maka Anda perlu membangun kompetensi, keahlian dan menjadi orang yang dapat dipercaya. Dengan memiliki kredibilitas, maka akan lebih mudah bagi Anda dalam menjual ide Anda.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.