Untuk mendesain slide presentasi yang menarik, Anda dapat menggunakan gambar. Gambar yang digunakan dengan tepat akan menjadi visual yang efektif untuk memperkuat pesan Anda. Selain itu, gambar yang digunakan dengan tepat akan menjadikan tampilan slide presentasi Anda menjadi lebih menarik perhatian.

Namun, sayangnya banyak orang belum memahami penggunaan gambar pada slide presentasi mereka. Contohnya, mereka menggunakan gambar yang kurang berkualitas dan tidak relevan dengan pesan presentasinya.

Oleh karena itu, saat Anda menggunakan gambar, maka gunakan gambar dengan tepat. Akibatnya, optimasi gambar yang Anda lakukan akan menghasilkan desain slide presentasi yang maksimal.

Terkait dengan optimasi gambar, maka Anda dapat menggunakan foto.

Dengan menggunakan foto yang tepat, maka visualisasi ide Anda akan semakin kuat, karena satu foto bisa berarti ribuan kata. Banyak hal yang tidak bisa Anda jelaskan hanya dengan kata-kata. Anda harus memberikan penekanan visual dengan foto, sehingga audiens Anda bisa dengan mudah memahami isi presentasi Anda.

Disadari atau tidak, audiens Anda akan lebih mudah menerima informasi dalam bentuk foto, karena foto dapat membuat emosi mereka tergugah. Slide presentasi yang menggunakan foto yang tepat akan mendatangkan pengaruh yang besar terhadap audiens Anda.

Untuk memperoleh foto, Anda bisa menggunakan foto yang Anda miliki sendiri atau Anda dapat memperolehnya dari website penyedia foto gratis seperti : https://unsplash.com/, https://www.pexels.com/, dan https://pixabay.com/ atau Anda bisa membeli dari situs foto berbayar seperti : https://www.shutterstock.com/, https://www.istockphoto.com/, dan https://www.gettyimages.com/.

Untuk membuat slide presentasi yang menarik dengan foto, maka Anda dapat menggunakan teknik yang sederhana, yaitu creative cropping. Teknik creative cropping adalah teknik memotong yang dapat menghilangkan sebagian foto agar foto yang digunakan lebih fokus. Teknik ini menggunakan fitur yang ada di dalam microsoft power point, yaitu crop.

Contoh slide presentasi yang menarik yang dibuat dengan teknik creative cropping seperti di bawah ini.

Untuk membuatnya sangatlah mudah.

Mari kita perhatikan langkahnya berikut ini.

Langkah # 1 : Masukan Foto ke Dalam Slide.

Pada slide yang kosong Anda memasukan foto yang relevan.  Foto tersebut dapat Anda download dari https://www.pexels.com/photo/office-interior-with-table-and-chairs-near-window-6899393/ dimana web tersebut menyediakan foto gratis.

Dalam menggunakan foto untuk slide presentasi Anda, maka Anda harus memperhatikan lisensinya. Untuk foto diatas yang di-download dari https://www.pexels.com/ adalah foto yang bebas untuk digunakan dan atribusi terhadap penggunaan foto tersebut tidak diperlukan.

Jika foto yang Anda gunakan ada lisensinya, maka Anda perlu membeli lisensinya terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan foto tersebut. Lebih aman lagi, jika foto yang Anda gunakan untuk membuat slide presentasi Anda adalah foto milik Anda sendiri.

Langkah #2 : Potong Foto Sesuai Yang Diinginkan.

Klik mouse kiri pada foto yang ingin dipotong. Kemudian, pilih fitur picture format dan pilih fitur crop, sehingga akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Lalu, tarik tanda warna hitam bagian kiri dan kanan ke dalam sesuai dengan fokus foto yang akan diambil yang hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 3 : Masukan Teks dan Elemen Desain Lainnya.

Masukkan teks yang telah direncakan ke dalam slide yang dihasilkan pada langkah # 2. Selain itu, masukan shape untuk memperindah tampilan slide. Shape yang dimasukkan dapat berupa shape warna oranye di bagian kanan, sedangkan pada bagian kiri dapat dimasukan shape warna abu-abu muda. Warna yang dipilih untuk background, shape, dan teks perlu mempertimbangkan tema warna.

Selain desain slide presentasi di atas, maka Anda dapat juga membuat bentuk desain slide presentasi lainnya dengan memvariasikan layoutnya seperti gambar di bawah.

Demikianlah, cara mendesain slide presentasi yang menarik dengan teknik creative cropping.

Membuat slide presentasi dengan teknik creative cropping sangatlah mudah.

Dengan memvariasikan bentuk layoutnya, maka Anda dapat menghasilkan  berbagai bentuk slide presentasi yang menarik dengan teknik yang sederhana ini.

Praktekkanlah teknik ini agar Anda dapat menguasainya dengan baik.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.